Dapet Ilmu CANTIK di Mall !


Nge Mall!
   CANTIK di Mall !

Ngemall minggu sore...
Di mall elit dan fresh karena baru saja dibangun. Selain cuci mata, eh, dapet ilmu cantik pula. Duh, komplit banget kayaknya. Eh, tak hanya dapet ilmu cantik aja, lo, tapi juga ada fashion show yang ciamik dan stand-stand unik, yang memajangkan kreasi para wanita Indonesia, dan ada demo masak juga, lo. Eh, diakhir acara, dapet goody bag pula. Ah, Sungguh hari yang bermanfaat.


Suasana acara CANTIK di Lotte mall, Kuningan, Jak-Sel


Ya, di dalam Mall Lotte Shopping Avenue, 28 Juli 2013 kemarin, saya mendapatkan banyak ilmu cantik :


CANTIK berhijab
CANTIK memakai kosmetik
CANTIK dari bahan bahan alami
Dan ....
Melihat karya-karya CANTIK desainer hebat yang memukau


Ilmu pertama yang kami dapatkan adalah bagaimana berhijab yang cantik dan baik dengan menyeimbangkan kondisi bentuk wajah agar terlihat proporsional. Memang sih, selama ini saya banyak melihat teman atau wanita yang mengenakan jilbab, kok gak terlalu memperhatikan antara bentuk wajah dan gaya hijab yang digunakan. Pokoknya asal pake jilbab aja, hehehe..

Padahal, kalau pemakaian jilbab kita sesuai dengan wajah dan kepala, tentu akan enak dilihat dan menarik.

 
Ayu Ismi, sedang chit-chat dengan MC
Menurut Ayu Ismi Karim, Sang Pemberi Ilmu kepada sekitar 50 wanita berbusana kaftan dan tunik yang hadir disore itu, pemakaian kerudung, tak hanya diseimbangkan dengan tubuh saja, tapi juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah.

Misal, harus diperhatikan peletakan/ penempatan posisi jilbab dibagian kepala. Apakah terlalu kebelakang, tengah atau terlalu kedepan. Netralnya, jilbab yang kita tempelkan dikepala, harus posisinya ditengah-tengah supaya kelihatan proporsional

Begitupun keseimbangan  pemakaian antara busana dan kerudung atau jilbab. 

Maksudnya, kalau kerudung kita nuansanya 'berat', maka busana yang kita kenakan harus ringan. Begitu juga sebaliknya. "Biar balance", ujarnya.

Ayu, menjelaskan tentang hijab
Kalau seandainya kita Memang mau memakai busana/kerudung dengan warna gradasi atau kontras, boleh saja, tapi tetap harus diperhatikan keseimbangannya, jangan terlalu terlihat ramai.

Nah, agar penampilan kita terlihat bervariasi tanpa harus punya baju yang banyak, maka kita wajib punya baju basic. 

Memberi rompi pada baju basic
Baju basic disini maksudnya adalah baju yang bisa digunakan untuk baju bagian dalam. Berwarna netral, seperti krem, atau coklat muda.

Silahkan lihat contoh warna bajunya, seperti yang dikenakan oleh model, pada gambar diatas. Intinya baju basic ini terbuka atau cocok untuk dipadupadankan dengan baju-baju yang lain. Selain itu, harus fleksibel dan bisa dipakai berulang-ulang.

Nah, baju basic harus dipilih yang berbahan nyaman dan tidak berat,karena akan bersentuhan dengan kulit dibagian dalam. Jadi, tidak disarankan berbahan tebal.

Selain kita wajib punya baju basic, kerudung basic juga harus ada dilemari. Untuk kerudung, bahannya tak boleh panas dan tebal. Kalau bisa bahannya harus membantu membentuk dan menyamarkan bentuk wajah.

Kalau kita mengenakan baju basic, aksesoris yang ingin ditambahkanpun bisa kita atur sesuai dengan tema atau moment apa yang akan kita hadiri. Untuk kekantor, misalnya, Ayu mencontohkan menambah rompi pada baju basic, yang dikenakan oleh model pada acara tersebut. Sementara kalau untuk acara resmi atau special, bisa ditambahkan jaket kulit berwarna metalik dengan dandanan hijab yang juga lebih ditambahi aksennya, supaya lebih mewah dan modern. 


Nah, seperti gambar dibawah ini contohnya, hasil dari padu padan baju basic 
 

























 Disela-sela ilmu tentang berhijab, mbak Cika dari kosmetik Lancome, juga memberikan trik dan tips tentang cara berdandan yang cantik. Ia memberi sentuhan make-up pada wajah sang model, yang sebelumnya juga memperagakan cara berhijab yang proporsional. 

 
Mbak Cika, sedang memberi make-up pada model.


Untuk memulas blus on atau pemulas pipi, ternyata itu harus dibaurkan mulai dari pipi luar kearah dalam, bukan sebaliknya. Ow, gitu toh mbak. Selama ini, saya dan mungkin kebanyakan orang, kalau mengenakan blush on, ya dari pipi dalam ke arah luar, rupany kebalik, toh...hehehe. Untung deh dapet ilmunya.

Ada salah satu pertanyaan undangan yang hadir, mengatakan beberapa orang sering menggunakan lipstik untuk blush on, supaya kelihatan merata dan kinclong. Namun, menurut mbak Siska, gunakanlah habitat kosmetik sesuai pada tempatnya. Kalau fungsinya untuk dibibir ya gunakan lah untuk dibibir. 
 

Make-up yang baik , hasilnya akan sempurna
Nah, kalau soal pensil alis, ia menyarankan kalau kulit kita orang Indonesia, gunakan pensil alis berwarna coklat. 

Tapi, kalau saya lebih suka warna hitam ya, karena lebih terlihat terang dan jelas, dibanding warna coklat. Yaay, Hidup hitam ! Hahahha....

Meski banyak juga orang yang menggunakan eye shadow untuk memberi warna atau menebalkan alis, tapi, menurut Cika, menggunakan pensil alis tetap lebih oke, karena terkesan lebih tegas.


Setelah mendapatkan ilmu hijab cantik dan dandan cantik, kami juga dapet ilmu cantik dari bahan alami, dari Yulia Asri dari Salon Muslimah. 
 

Yulia, sedang memberi contoh racikan
Di acara tersebut, Yulia memberikan bahan-bahan alamai atau kalau saya sebut sih, bahan yang sering ada didapur kita. Mudah ditemui di pasar, dan akrab dengan bahan makanan.

Misalnya, kalau kita butuh lulur atau scrub, tak harus beli lulur yang sudah ada dalam bentuk kemasan atau botol, yang biasanya kita beli di supermarket atau di gerai-gerai kosmetik. Namun, dengan bahan makanan yang biasanya kita gunakan, bisa lo diolah jadi lulur. Bahan tersebut adalah parutan kelapa dan wortel, dicampur dengan minyak zaitun, gampangkan? Pasti ada didapur anda. Parutan kelapa yang sering digunakan untuk membuat kolak, misalnya. Atau wortel buat sayur sop, dsb..hehehe..

Nah, parutan kelapa, wolter dan minyak zaitun tadi, diaduk jadi satu, dan taraaa..... jadilah dia lulur, yang bisa kita balurkan ke kulit kaki dan tangan, untuk mengankat kulit mati dan membersihkan tubuh.

Selain itu, untuk anda yang ketombean, ada juga bahan alami yang bisa kita gunakan, dan anda akan suka. Karena bahannya bisa dimakan, hahahha..


Yulia,  menjelaskan khasiat bahan alami
Ya, hanya dengan menyiapkan buah strobery yang sudah diblender, lantas diberi jeruk nipis, jadilah ia cairan yang bisa mengobati ketombe, dengan cara dioleskan dikulit kepala. Simplekan pastinya. Bahannya juga gak susah. Justru kulit kita jadi sehat dan segar karena buah- buahan yang 'menempel'di kepala kita, ehm..wangi deh....


Dan untuk perawatan lulit lainnya, kita juga bisa memanfaatkan kopi, dicampur madu dan susu, ditambah dengan parutan kayu manis, yang berfungsi sebagai cairan yang bisa mengangkat kulit mati dan mencerahkan. Bisa untuk diolekan dikaki, khususnya.

Ehmm..benar-bener alami !!

Acara berkualitas dan ilmu CANTIK yang saya dapat hari itu, adalah rangkaian Festival Wanita Wirasusaha yang diadakan Majalah femina dan Bank Mandiri, dari tanggal 26-28 Juli 2013.


Tengkyu Femina !

No comments :

Post a Comment

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?