Blog Kamu ke Mana?

Perasaan saya selalu bertabur bunga-bunga manja ketika membaca blognya si...... 
Tulisannya, menurut saya benar-benar menggunakan analisis ala-ala wartawan gitu.  Researchnya lengkap dan aktual, jadi tulisannya tuh tak seperti tulisan blog, tapi terlihat layaknya sebuah berita yang biasa mejeng di laman kanal berita ternama. Atau, seperti membaca sebuah artikel di majalah, via website. Begitulah kira-kira perumpamaan saya terhadap tulisan yang membuat pengetahuan saya bertambah. Saya selalu suka dengan kritik atau ide-ide pemikirannya. Itu menurut daku ya cyiinn. 


Bagi saya yang masih unyu-unyu dalam hal kepenulisan ini, blog yang saya suka ini cukup bermanfaat, karena mengetengahkan opini dan pengalamannya secara keren, smart, bermutu dan kena. Biarpun tulisannya ada yang panjaaang, tapi gak ngebosenin. Kalimat perkalimat yang ia sajikan, layaknya makanan gurih yang dengan nikmatnya saya santap sampai habis. Sangat menambah wawasan. Sayapun bisa belajar dari tulisannya.

Blog tersebut sangat update. Apapun yang sedang ngehitsss, ngetren, ngehot, ngeblinger, aneh bahkan nyeleneh yang menjadi buah bibir dimana-mana, akan dia kupas tuntas layaknya mengupas kentang lantas digoreng trus dijual. Selanjutnya, tinggal menunggu respon dari sang pembeli. Kalau rasanya enak, maka orang akan kembali lagi.

Blog yang saya sukai ini, juga sering me-review film, lengkap dengan pembandingnya, lho. Bahkan, ia pun mengutarakan pendapatnya tentang film mana yang layak atau  menang di ajang FFI atau piala citra. Ia juga memberikan pendapatnya tentang sang aktor/aktris. Penyampaiannya santai dan renyah, khas anak muda.  Ia juga mengamati industri musik. Dari ngomongin Agnez Mo, boyband/girlband tanah air, Korea dan dunia. Wuih, benar-benar punya refrensi yang luas.

Panjang deh, kalau ngomongin soal blognya. Saya langsung jatuh cinta ketika pertama kali berkunjung ke blognya. Saya belajar banget dari bahasa dan gaya kalimat yang ia sampaikan. Serius tapi santai, bikin saya mengangguk-ngangguk manjah :)

Tapiiiiiiii, blog yang saya sukai itu udah sekitar dua atau 3 tahunan ini menghilang. Tak meninggalkan jejak. Kalau linknya dibuka, akun blog orang lain yang muncul.  Baru saja dibuka lagi linknya, gak nemu jua, duh, sedih eikeh. Entah alasan apa yang membuat blog itu raib. Sibukkah, malaskah, atau ada hal lain? Blog Kamu ke manaaaahhh??!!

Setelah saya jalan-jalan ke beberapa blog lain yang pernah saya kunjungi, saya juga menemukan beberapa blog yang tak update lagi. Ada yang terakhir ngeblog tahun 2015, ada pula blog yang terakhir diupdate pada 2016 lalu. Padahal, saya dan si empunya blog tersebut, dulunya saling sering berkunjung manja dan menginggalkan komentar di masa aktif-aktifnya ngeblog.

Saya pun mengalami hal serupa. Sempat vakum ngeblog beberapa bulan di 2017 lalu. Alasannya? Banyak! Gak usah deh saya sebutin, hihihi. Tapi salah satunya karena faktor kesibukan dan kepenatan menjadi penyokongnya. Bukan cuma kepenatan tubuh tapi juga kepenatan mata dan hati, tsaaah. Jadi karena sedang penat, ya istirahat ngeblog dulu kali ya, daripada dipaksain. Meskipun, kalau dipikir-pikir, semua orang ya sibuk dan penat dengan urusan masing-masing dong ya. Ya, sudahlah, yang penting sekarang saya sudah ngeblog lagi, hihihi.  



Btw,

Ngeblog, adalah salah satu resolusi yang saya taruh dalam hati di akhir 2012 lalu. Alhamdullilah, kesampean. Gegara saya udah jadi blogger, maka saya pun akhirnya suka membaca blog orang. Padahal, jujur ya, dulu sebelum saya suka ngeblog, ketika bertemu dengan tulisan yang beralamat dalam suatu blog, gara-gara tak sengaja ketemu di google, langsung saya close tuh laman, boro-boro saya baca! (sadis banget, yak, hehehe). Iyah, dulu saya gak suka baca blog. Karena, bagi saya itu tulisan yang belum tentu bisa dipercaya kebenarannya. Beda dong, kalau kita melihat tulisan di kanal berita populer semacam kompasdotcom, tempodotcom, atau detikdotcom. Lah, ini baru saya pantengin.

Eh, tak disangka ternyata, saya sendiri yang “terjebak” dalam dunia perbloggingan sekitar 5 tahun ini. Tak, seperti yang saya bayangkan, rupanya ada banyak manfaat yang didapat dari ngeblog. Salahsatunya bisa berbagi cerita tentang pengalaman hidup atau informasi, yang syukur-syukur bisa menginspirasi orang. Pun, sebaliknya, dari cerita teman-teman yang mereka tulis di blognya, saya juga mendapatkan pengetahuan lain tentang pengalaman mereka. Misalnya, ada yang pernah mengalami penipuan, suka duka berprofesi sebagai ini dan itu, ada yang berbagi tips untuk suatu hal, atau kisah inspiratif lainnnya.

Nah, bertemu dengan blog-blog yang cucok dan asoy, bisa jadi acuan saya tuk semakin kreatif lagi, membuat saya semakin mencintai blogging dan mencintai kamu #eh...

Ada yang ngalamin hal yang sama gak seperti saya?

32 comments :

  1. Astaga,, blog ada juga yang cucok dan asoy yaa!! Kiraen cuma si inem doang yang asoy, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain cucok dan asoy, ada juga blog yang manjah, syantik, dan ngangenin mas, hahahaha

      Delete
    2. lewat mas....lewat tol, hehehe

      Delete
  2. Bahahaha, kek lagunya afgan yak.. Zadis banget liat blog lgsg close aja.. Wkwkw
    Semangat ngblog terus mbak :) semangat menginspirasi banyak orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, ZADIS mbak, temennya TEGA , wkwkwkkw.. Sekarang sdh cemungut lagi nih.

      Delete
  3. Yuk jangan berhenti menulis. Oh iya, salam kenal sebelumnya buat admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Imron, makasih ya, salam kenal kembali dari Dakuh yang manja dan sekseeh ini :))

      Delete
  4. saya mengalami yang namaya ga enak hati waktu ngeblog mbak, bahkan blog saya yang sebelumnya saya tutup untuk publik alias di private karena udah ga bisa berpikir lagi blog ini mau dibawa kemana, gado-gado dan ga jelas, hihi...

    akhirnya saya membuat blog baru yang lebih terarah, meskipun ga rajin2 amat postingnya, yaa paling ga setiap bulan terbit 2 artikel cukup deh...

    saya pernah ketemu blog yang menulis cerita fikif bersambung. Jadi dia nulis cerita itu fiktif dan ngalor kidul nyambung ke mana2, tapi tetap enak dibaca bikin saya ketawa sendiri...

    terakhir kali saya cek blognya udah ga update lagi, nama blognya nimerah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, toss dulu mas. Gak enak hati kenapa mas, karena gado-gado? Gimana kalau diganti dnegan ketoprak? heheheh, becanda mas.

      Saya juga gado-gado nih, apa saja masuk. Karena kalau mau diarahin ke satu segmen tertentu, takut malah gak update-update, yang gado-gado aja jarang diupdate, bijimane yang segmented, hehehee. Btw, jadi kemana tuh blognya Nimerah? :))

      Delete
  5. Blog saya hilang...Nahloo!! Kemenong yaa!!..😂😂😂

    Urusan ngeblog saya lebih suka yaa!! Yang menurut saya mood dan menarik ...yaa!! Gado2 juga deh... Yang penting gw ganteng ...😱😱😳😳😜😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, hilang kemenong tuh blognya mas? Sudah lapor polisi? hehehe.

      Salam gado-gado mas, yang penting gue tetep cihuy, hihihi

      Delete
  6. aku juga sering mbak
    malah blog kesukaanku itu suka post cerpen2 ato cerbung2 asyik
    kayaknya pasti laku kalo dijaddin buku
    memang masalah gentayangan di dunia nyata ini jadi penyebab utama
    ah andaikan diri ini bisa menjadi dua dan merayapi dua dunia

    btw
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pengen gentayangan mas, supaya bisa melihat seluruh dunia, hehehhe .... salam kenal kembali Mas Ikrom Zayn :))

      Delete
  7. mudah2an kita selau diberi semangat untuk tetep menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, salam semangat menulis Mbak Tira :))

      Delete
    2. Hehe iya ada yang jenuh dan berhenti, yang baru datang juga banyak, namanya hidup yes..#apaseh

      Delete
    3. ho oh, dunia berputar, eh apalagi seh??

      Delete
  8. Ada yang datang ada yang pergi ya..Blog yang hilang itu mungkin gak diperpanjang domainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mbak, tapi, kalau dilihat dari karakter orangnya, sepertinya dia serius mengelola blognya, sayang saja kalau dia gak memperpanjang domainnya :)

      Delete
  9. Mau dibawa kemana hubungan.. #Ehh..
    Kan judulnya blog kamu kemana ya..he

    Aku juga pernah gitu, tapi selalu dapet inspirasi nulis setiap BW ke blog teman-teman. Apapun kesibukannya, semoga masih bisa membagi waktu antara kerjaan dan nulis ya, Teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sips, BW bisa nambah inspirasi ide ya, jadi ngeblog manja bisa jalan terus, hehehe

      Delete
  10. Welcome back mbak di dunia blog, semoga tetap menginspirasi melalui tulisan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Titis, iya, nongol lagi eikeh, smg gak vakum lagih ;))

      Delete
  11. Yah banyak mbak. Tidak ada orang yang lahir langsung jadi blogger �� sayapun dulu sama nggak percaya tulisan blog..sekarangm ya makin tidak percaya hahahaha soalnya setelah jadi blogger makin tahu triknya.

    Meski demikian memang betul sekali menjadi blogger banyak keuntungannya dan hal itu terasa banget.

    Jangan hiatus kelamaan mbak, berat bangunnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Anton, betul sekali mas, lama vakum, jadi rada ngos- ngosan manja ngebungunnya lagih, hehehhe

      Aku berusaha utk nyemangatin diri, buat rajin update blog, hehehe, karena sayang kalau "runtuh".

      Delete
  12. Kalo motivasi saya NgeBlog
    - Buat gaya, hihihi
    - ksh manfaatnya ke orang, duh biar org lain aja yang menilai
    - iseng,buat isi waktu luang
    - biar terkenal ha-ha-ha, kali aja mungkin bisa terkenal kaya mba eka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sips, banyak ya tujuan ngbelog, btw, saya terkenal? Terkenal di mana mas? hahahaha

      Delete
  13. Salam kenal,Eka.
    Baca balasan komentar2 diatas dari Eka jadi ngakak bacanya 😃 ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoho, makasih Himawan sdh main-main manja ke blog akuhh, Salam kenal kembali:))

      Delete
  14. hidup up and down .. kadang rajin kadang malas ... setiap orang punya problematika masng masing ya mba.
    bagi saya sih dengan ngeblog .. jadi banyak teman virtual haha ... dan banyak menambah wawasan dan ilmu dengan berkunjung ke blog2 lain

    ReplyDelete
  15. aku ngeblog cuma jadi tugas kuliah doang,, ehh kayanya seru akhirnya di seriusin hubungan ini ke jenjang lebih serius.

    ReplyDelete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?