Kripik Jambu Biji Merah Yang Menggoda



Warnanya merah muda, imut  dan menggoda. Penampakannya seperti kripik. Awalnya, saya kira ini kripik rasa udang atau ikan yang diberi warna sedemikian rupa, demi menarik selera orang. Pas dicicip, lho.....kok rasa jambu biji merah? Oh, benar toh, ternyata ini kripik jambu biji. Baru tau euy… 

Selama ini saya hanya tahu dengan kripik apel, nangka, bayam, durian, atau kripik pisang. Kripik yang saya sebut terakhir ini, bahkan memang dari jaman dulu sudah dibikin cemilan. Dan kripik-kripik tadi penampakannya persis seperti buahnya. Tapi, beda dengan kripik jambu biji ini, yang penampakannya seperti kripik udang atau ikan, tapi rasa jambu.  

Salut ya para produsen sudah pada kreatif memanfaatkan tanaman atau buah-buahan yang melimpah di Indonesia untuk dijadikan olahan lain.

Si kripik jambu merah....


Sebelum sempat mencicip kripik ini, saya sempat berujar sama salah satu teman yang paling nafsu banget mau ngebuka bungkusnya : “Ih, kok warnanya merah ya, jangan–jangan dikasih pewarna baju”. Ternyata, merahnya itu karena ada olahan jambu merah di dalamnya.

Pas kripik ini sudah masuk mulut, di lidah saya sih gak kerasa tuh rasa ikan atau udang. Apa ini murni kripik jambu? Ya, semoga begitu, dan semoga juga warna yang dihasilkan adalah murni dari warna olahan si Jambu biji, bukan ditambah pewarna lain, apalagi pewarna tekstil..hiii…

Kripik ini dibawa oleh salah satu teman kantor yang baru saja datang dari Pekanbaru untuk liputan di sana. Jadi ceritanya ini oleh-olehnya doi.  Nah, yang namanya  oleh-oleh, satu kantor mah langsung merapat mendekati si objek, hehehe. Begitu juga yang terjadi dengan si kripik pink manja merona ini. 

Teman-teman di kantor juga pada kaget dan mengaku baru pertama kali ini mencicipi kripik jambu. Bagi saya, kalau dibuat cemilan, ya  enak sih, tapi kalau untuk dijadikan lauk makan atau dicampur nasi, ehmmm kayaknya gak masuk deh. Karena rasanya, kan rasa buah gitu. Tapi gak tau ya kalau di lidah orang, hehehe ..

Adakah kripik ini di daerah lain selain Pekanbaru? 

Ngomongin jambu biji, buah ini memang merajalela tumbuh di Indonesia. Banyak juga yang menanamnya di perkarangan rumah. Ibu saya juga menanam jambu waktu saya kecil, tapi jambu biji putih, yang rada keras bijinya, hehehe.. 

Buah ini banyak mengandung Likopen. lho. Likopen adalah karotenoid yang paling umum di dalam tubuh manusia, yang memiliki khasiat antioksidan kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang tidak ditangkal akan menyebabkan abnormalitas sel yang merupakan cikal bakal penyakit kanker. 

Nah, salah satu manfaat likopen adalah menekan  sel kanker tadi. Berdasarkan penelitian, likopen dapat mencegah kanker prostat, esopagus, ovarium, dan payudara. Buat yang takut mengalami hipertensi dan  stroke, bisa juga lho dicegah dengan zat ini.

Hmmmm....kalau selama ini jambu biji merah sering diolah jadi jus jambu atau ekstrak minuman rasa jambu, tapi kini berkembang menjadi olahan lain. Semoga pertanian jambu ini menjadi berkah buat ibu dan bapak tani ya, dengan banyaknya ide kreatif pengolahan buah yang enak ini,

Anda menemukan olahan apalagi yang terbuat dari jambu biji merah..?



43 comments :

  1. Kalau emang itu bahannya dari jamu biji, itu merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang cemerlang serta kreatif untuk bersaing di dunia pasar yang semakin kompleks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya dan mudah-mudahan bahannya memang dari jambu biji asli, bukan perasa. Karena rasa jambunya kerasa banget mas. Semakin kreatif ya pasar...:))

      Delete
  2. Makin kreatif aja ya, biasanya ada yang dari Nangka, Apel, ini ada jambu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi,,,selanjutnya menunggu gebrakan kripik rambutan dan kripik sisrsak nih, hehehe

      Delete
    2. Kayak gimana rasanya sirsak dibikin kripik :-D

      Delete
  3. Wuaaaahhh dari jambu pun bisa jadi kerupuk, hihi, yg penting ada alatnya sih makanya semua sayur n buah bisa dijadikan keripik
    #nyolek dikit ah...krauk

    ReplyDelete
    Replies
    1. weits.....yang penting ada alat dan caranya ya Gusty, eh...krauknya kok kedengeran sampe sini ? :))

      Delete
  4. Wah saya pernah nemu kripik yang kaya gini tapi hanya bahannya saja yang beda, muantappp tapi ini pengen nyoba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tempo hari kripik rasa buah apa mas yang ditemui..? #kepo..hehehe

      Delete
    2. Kalau rasa buah sih bukan mbak tapi kalau saya rasakan itu kripik biasa hanya saja kalau di lihat dari segi bentuk dan teksturnya sama. Hanya bahan utamanya bukan dari buah.

      Delete
  5. bentuknya asik, persis seperti jambu biji dibelah tapi ga ada bijinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuknya seperti kripik kebanyakan sih mas...tapi kalau difoto ini kayak jambu yang dibelah ya, heheheh

      Delete
  6. Penasaran sama rasanya. Pas bangad, saya penyuka kerupuk dari kecil sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga penyuka krupuk mas, heheheh...toss...

      Delete
  7. Pengen nyoba makan kripik jambu biji merah itu, kayanya enak banget

    ReplyDelete
  8. penasaran dengan rasanya, rasanya masih seperti jambu kah??

    ReplyDelete
  9. btw, saya trauma sama jambu biji
    dulu udah asyik2 makan sampe dikit lagi abis
    eh, ga tahunya tinggal secuil, liat ulat di dalamnya
    sampe situ saya langsung lemes...

    *kapok, khawatirnya tadi saya sempet makan ulat gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiii, kalau ada ulat mah emang bikin traumaaahhh, hehhehe..tapi kalau jambu bijinya diolah kayak jadi krupuk gini,apa masih trauma juga,. Rul..? hehhe

      Delete
  10. Wah, baru tahu nih, ada keripik jambu.
    Semoga jambu beneran dan bukan cuma essence jambu doang
    Tapi, warnanya memang menggoda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, semoga begitu mbak, hehehe...bikin kecele aja kalau ini cuma essence jambu doang :))

      Delete
  11. Sudah pernah coba... dan rasanya.... hemmm gimana ya... sedikit aneh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumgkin belum lazim di lidah, karena rasa jambu tapi digoreng, hehehe

      Delete
  12. waaah baru tauuu... penasaran sama rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau penasaran, coba kulik-kulik di web, siapa tau ada yang jual di jakarta, hehehhe

      Delete
  13. Saya sering nemu tuh diwarung kerupuk kaya gitu
    kirain kerupuk biasa, ternyata dari buah jambu bikin'a :D

    ReplyDelete
  14. enak ya mba, saya juga pernah nyoba makan kripik jambu biji merah :)

    ReplyDelete
  15. buah jambu biji ini adalah salah satu buah kesukaan saya Mbak Eka dan sekarang sudah ada kripiknya? wahhh saya jadi penasaran pengen menikmatinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo cobain mbak, biar lidah kita banyak mengecap rasa kripik nusantara dar bahan alami, hehehe

      Delete
  16. Haduh, apa aja jadi kripik yaa... padahal jambu kan berair,kok bisa? Kreatifnya bangsa kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mak. tapi ini bukan jambu fisiknya lsg yg dikripik, tapi jambunya diolah dulu, trus dicampur tepung, makanya bentuknya seperti kripik kebanyakan, cuma rasanya jambu... :))

      Delete
  17. Waduh saya baru tahu tuhh ada kripik yang terbuat dari jambu, jambunya jambu apa ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru tau mas, ada krirpik rasa jambu.

      Jambu apa? Tuh, di judulnya kan sudah di kasih tau, hehehe

      Delete
  18. Kreatif banget ada keripik jambu biji merah..... pengen coba nih kapan-kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, semakin jeli ya melihat peluang dan memanfaatkan buah buahan yang subur...

      Delete
  19. saya baru tahu kalau ada keripik jambu merah, unik sekali yang membuatnya ya..

    ReplyDelete
  20. Beli jambunya dimana?
    Klau mau saya punya jambu biji merah dan biji putih

    ReplyDelete
  21. kayaknya enak ya :)

    jauh juga pekanbaru....

    ReplyDelete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?