HHDC : Implan Gigi Tidak Bahaya dan Tak Karatan

Begini lho penampakan implan gigi (by: Drg.Eduin-HHDC)

Ngomongin soal gigi-geligi, gak pernah ada habisnya. Selain untuk mengonyak, merobek dan mengunyah makanan, gigi dan rahangnya turut andil dalam mempercantik wajah. Senyum diri ini pun jadi terlihat manis karena posisi gigi yang rapi nan pas. Karenanya, si gigi  kudu mendapatkan  perawatan yang serius.

Kalau gigi sudah sakit, rusak dan rapuh karena tidak dijaga dengan baik, maka dampaknya bisa panjang. Untuk menutupi gigi yang rusak dan hilang tadi pun beragam, dari tambal gigi, pasang gigi palsu, sampai implan gigi.

Sekitar 2 bulan lalu, saya mendapat ilmu dari Klinik gigi HHDC tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi dan apa saja faktor penyebab bau mulut. Nah, seminggu yang lalu (23/10/2015), giliran  ilmu tentang  implan gigi yang saya dapatkan. Soal Implan gigi, HHDC jagonya, karena sudah melakukan praktek implan gigi terbanyak diantara klinik gigi lainnya.


lobi HHDC

Pagi itu,  sekitar 10.17 WIB, meski ruangan belum penuh, Mbak Perawati, perwakilan  HHDC  membuka acaranya. Dua kali menghadiri acara HHDC, mereka selalu membuka acara tak jauh dari waktu yang tertera di undangan. Maka merugilah peserta yang datang telat, karena beberapa penjelasan dari dokter gigi banyak yang terlewat, hehehe.... 



Materi soal implan gigi kali ini, diberikan oleh drg. Eduin. Dokter ganteng ini lulusan FK UI tahun 2003.  Mengawali sua pagi itu, drg. Eduin, melemparkan pertanyaan kepada kami, apa itu implan....???? Hayo apa...?

Yang selama ini saya dengar sih implan payudara ya, ternyata ada juga lho implan rambut, alis, hidung, telinga dan sebagainya. Jadi, menurut drg. Eduin, implan adalah sesuatu yang dimasukkan atau ditanam di tubuh manusia.  So, kalau implan gigi, ya bearti menanamkan gigi di area bekas gigi yang sudah dicabut, agar bisa  menggantikan keseluruhan fungsi gigi asli yang hilang. Implan gigi, ditanam di tulang rahang.

drg. Eduin

Meski bagi sebagian orang ketika mendengar kata implan menunjukkan  reaksi menakutkan, menyeramkan, tapi bagi bebarapa orang, implan itu justru menolong atau membuat mereka percaya diri. Misalnya, bagi yang payudaranya kecil, dengan memasang implan, maka akan terlihat berisi, jadi orang tersebut akan merasa cantik. Pun dengan implan gigi, akan membuat orang menjadi percaya diri karena giginya tidak ada yang terlihat bolong atau kosong.

Meski begitu, banyak orang yang belum familiar dengan implan gigi, kalau pun tahu, tak jarang ada yang takut melakukannya. Namun drg. Eduin meyakinkan kalau dental implan itu aman, sampai sekarang ia tidak menemukan terjadinya implikasi yang sangat berat pada orang yang melakukannnya. Bahkan, implan gigi tidak karatan dan diterima baik oleh jaringan tubuh terutama tulang.




“Implan gigi itu cuma perlu waktu 15-30 menit, hanya dengan oprasi minor  dan dengan bius lokal,” ujarnya

Mulai usia 20 tahun  sudah boleh melakukan implan gigi, hingga usia 80 tahun ke atas. Tapi, anak kecil gak boleh,  karena belum melewati masa pertumbuhan.

Implan gigi bisa untuk seumur hidup, lho dan  tak mengganggu kesehatan. Namun, bagi umat muslim yang dalam agamanya ada larangan tak boleh meninggalkan sesuatu yang ditanam di tubuh saat meninggal, maka implan gigi pun bisa dilepas dengan tindakan oprasi.

Dalam acara ini, saya mengajukan pertanyaan : Kalau gigi yang sudah dicabut dan tidak diimplan, apa dampaknya..?

drg.Eduin menjawab, jika dibiarkan maka tulang bekas gigi yang sudah dicabut akan menciut dan gigi akan bergeser.  Jika ingin dipasang implan, rada susah, karena implan ditanam di tulang.

“Diameter implan paling kecil kecil 3 milimeter, jadi jika kurang dari 5 mili sudah susah pasang implan” jelasnya...

Dental implan itu juga fungsinya  untuk menjaga volume tulang gigi dan tetap harus dirawat atau dikontrol 6 bulan sekali.

 
Oh ya, sebelum mengakhiri materinya, drg Eduin memperlihatkan gambar-gambar artis Hollywood yang cucok-cucok seperti Hally Berry, Julia Robert dan lain lain. Yang bikin geli adalah, artis-artis itu tertawa tapi tanpa gigi alias ompong. Nilai dari gambar ini adalah, bahwa percuma wajah kita cantik kalau tak punya gigi, jadi gak menarik melihatnya. Nah, itulah pentingnya merawat gigi, supaya  senyum dan tawa kita cantik...yuhuuu...

Setelah  drg. Eduin, giliran drg. Ira yang melanjutkan.

drg. Ira
 
Menurut  dokter gigi lulusan FK Univ.Hasanudin Makassar ini, implan gigi itu dilakukan step by step. Dari mulai  6 bulan sampai 1 tahun lebih.  Mengapa  memerlukan waktu lama..? Karena jika  dipasang implan dan langsung dikasih gigi, belum tentu tulangnya sudah menyatu dengan implan. Belum lagi untuk pemasangan mahkota giginya.

Nah, jika gigi sudah diimplan, harus tetap disikat minimal  2x sehari, dan tak lupa membersihkan lidah serta berkumur dengan cairan yang tidak mengandung alkohol. Kata drg.Ira, sikat gigi itu hrs diganti 1-2 bulan sekali agar fungsi bulunya terjaga, pilih sikat gigi yang bulunya lembut agar tak melukai gusi. Sikat gigilah sesudah sarapan dan sebelum tidur.

Di acara itu, Manager HHDC, Jessica, juga turut mengenalkan HHDC atau Hendra Hidayat Dental Clinic lebih dalam kepada kami. HHDC adalah klinik special perawatan implan gigi dan terbanyak melakukan implan gigi, seperti yang saya katakan tadi. Sudah berdiri 52 tahun lho klinik ini. Pendirinya adalah drg. Hendra Hidayat yang namanya dijadikan nama klinik ini.

Jessica, Manager HHDC

Di klinik HHDC, Anda  bisa melakukan perawatan gigi anak, implant gigi, perawatan gigi estetika (cosmetic dental treatment), tambal gigi, scalling,  memutihkan gigi, dan lain-lain. Selain itu HHDC juga melayani pelatihan untuk dokter gigi,lho.
Saat ini, HHDC memilik 2 klinik, di Sahid Sudirman dan Thamrin City, Jakarta, tempat yang saya hadiri.
 
Nah, nara sumber terakhir di acara yang dihadiri oleh berbagai kalangan itu, adalah Bpk. Wiyanto Kodrat dari PT.Ohawe Indonesia /oxyfresh yang berbagi ilmu soal ceritagigi. 

Wiyanto Kodrat

Menurut Wiyanto, di rongga mulut ada 600 species bakteri, dan di permukaan gigi dan mulut bisa berkembang 1 Miliar bakteri plak...hiii. Menyeramkan sekali ya. Makanya, urusan mulut dan gigi emang kudu siaga 1 nih perawatan dan ilmunya.

Ia menjelaskan, cara sikat gigi yang baik adalah tidak heboh, cukup digetarkan saja.
 
“Sikat gigi harus bagus bulunya, batangnya boleh saja jelek,” katanya

Ia mengenalkan sikat gigi POH dari Oxy fresh, yang ujung bulunya telah dipoles, jadi tidak melukai gusi dan mencegah gusi turun.  Sikat gigi ini juga dirancang dengan bulu jarang agar menjangkau gigi dan bisa digetar-getarkan saat menyikat. Ada 8 macam sikat gigi POH,  dan penggunaanya tergantung keadaan gigi, untuk anak-anak pun ada,lho .

Selain sikat gigi, Oxyfresh juga menghadirkan pasta gigi dan
obat kumur yang mengandung oksigen. Wiyanto mengklaim, obat kumur ini aman jika tertelan dan aman untuk anak serta  ibu hamil. 

Selain itu, ada pula Dental gel oxyfresh yang dapat menyembuhkan luka pada gusi dan bisa digunakan untuk membersihkan lidah. Kandungan oxygennya berfungsi sebagai anti bakteri dan  mengandung aloe vera yang memberikan rasa nyaman tanpa sakit. 

Mengakhiri sesi materi dari nara sumber yang asyik, HHDC mengajak semua peserta tour clinic nih. Peserta dibagi 3 kelompok, biar enak ngejelasinnya dan gak terlalu numpuk juga kali ye.. Dan lagi lagi, saya kebagian kelompok terakhir..:))

Pertama, kami dikenalkan dengan ruang oprasi, selanjutnya kami masuk ke ruang praktek. Salah satu peserta diberi kesempatan untuk periksa gigi gratis oleh drg. Ira. Di dalam ruang ini, ada alat protodental untuk memotret gigi. Dan terakhir, kami diajak melihat ruang X ray atau alat rontgen gigi, untuk melihat struktur gigi. Waktu kunjungan perdana saya kesini, alat ini belum ada, lho.
 

Usai tour clinic, kami di beri games/kuis oleh  bu dokter Ira. Pertanyaan yang diberikan berkaitan dengan materi  yang sudah kami dapatkan. Hadiahnya bermacam-macam, ada vocher scalling, obat kumur oxyfresh dan lain lain. Untuk hadiah live tweet yang dilakukan dari mulai acara berlangsung, mendapatkan voucher teeth whitening atau pemutihan gigi senilai Rp.3 juta rupiah... Yipi..... 


 
Masing masing tamu yang hadir pun mendapatkan voucher Rp 12 juta untuk implan gigi dan voucher diskon 50% untuk scalling. 

Yey... Makasih HHDC. 

Nah, seperti biasa, sebelum pulang, kita semua foto bareng. .. chersss....



(Sbr foto : Twitter @HHDTC)

36 comments :

  1. Kenapa jadi ngilu rasanya kalau bicara tentang gigi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe, waduh saya juga ikut ikutan ngilu deh ngabaca komen kamu, hihiihi

      Delete
  2. jadi cantik lagi ya mbak..eh tapi aku masih bersyukur dengan gigiku sekarang..semoga gigiku tetep sehat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...syukurkah kalau gigimu masih cantik mbak, gak repot ngeluarin biaya, heheh

      Delete
  3. yaampun pas banget baca ini, aku kebetulan memang lagi search tentang pergigian #rencana pengen tambal

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembahasan gigi itu luas banget ya Gusty, wah pengen nambal ya,
      Iya mumpung lubangnya masih kecil, secepatnya ditambal sblm keburu gede, hehehe

      Delete
  4. waah... sekarang ini banyak banget tehnologi yg bisa mempercantik diri ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mak.....sebenaryna implan gigi ini sdh lama, kita aja yang baru tahu, hihihi

      Delete
  5. Aku ada yang lobang bekas cabut...

    Btw...aku tau implan itu...biasanya......bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ada lobang bekas dicabut mak...hehehe

      Delete
  6. Yahhhh udah keenter...aku taunya implan itu buat kb xD ternyata digigi ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi...selama ini implan itu familiarnya lebih pada kecantikan kulit atau untuk KB , tapi rupanya ada pula utk gigi ya, hehehe

      Delete
  7. wah, artikelnya lengkap skali mbak :)
    jadi tau lebih banyak tentang masalah implan gigi..
    TFS yah mbak dan salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Ira..makasih, salam kenal kembali..:))

      Delete
  8. lihat gambar hasil implan gigi, saya langsung tutup mukaaa haha... tp makasih sharingnya ya mbak.jd tahu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih..rada serem ya mbak sampe tutup muka, karena ada sesuatu dimasukkan di gigi...hehehe...

      Delete
  9. duh, saya mah denger suara bor aja waktu adik saya dicabut giginya bikin ngilu :(
    fobia saya deh

    eh gimana ya rasanya implan gigi di tanam di rahang?
    hi hi hi ngilu ngilu gitu deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, suara bor emang bikin ngiliu, dan kalau kita di pasang implan gigi pun, ya pasti akan terdengar suara bor, .hehehe tapi kalo menurut dokternya, gak bahaya kok, kan dokternya jug hati hati masangnya....paling ngilu2 dikit, hehehe

      Delete
  10. aku belum kesampaian nih mau ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak Lidya sibuk mulu, heheh. Padahal dirimu ada yg pengen ditanyin kan ya... heheh

      Delete
  11. Replies
    1. harganya lebih dari itu mas, yang 12 juta itu, cuma vochernya aja, hehehe

      Delete
  12. ngeliat gigi ada Baut nya begitu jadi ngeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalo ngeri, maka dari itu, kita harus mearwat gigi mas, jgn sampai di implan..:)

      Delete
    2. Oke mba saya sering gosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur :)

      Delete
  13. Kalau lihat gambarnya serem ya implan gigi ini, tapi kalau hasilnya implan gigi ini pasti bisa mempercantik dan memperganteng yang memasangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Isrofi mau giginya di implan juga? Biar tambah ganteng...? hehehe

      Delete
  14. Sama, mbak! Aku juga baru tahu kalau ada implan gigi, tahunya implan payudara dan bokong biar seksih kayak J-Lo
    Hihihihi.
    Ngiming2, jadi, harga 1 implan Rp 12 juta itu per gigi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kisaran harganya Rp.20 jutaan mba, yang 12 juta itu vouchernya saja. Maksudnya, dengan adanya voucher itu, kita sudah dikasih diskon 60 persen lebih dari HHDC clinic.;))

      Mbak Rosanna mau di implan..? :))

      Delete
  15. serem juga ya kalo liat gambar dan denger harganya ehehe
    jika perawatannya rajin dan teliti pasti implant giginya akan bagus hasilnya.

    ReplyDelete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?