Asia Wisata, Gelorakan Ajakan Menjadi Mitra Franchise dan Sub Agen

Berhubung saya jarang travelling (padahal pengen banget), maka saya jarang memesan tiket pesawat atau kereta api atau moda transportasi lainnya, jadi, jujur, pengetahuan saya soal travel-travel agent dan apa saja nama travelnya, terbatas. Yang baru saja saya tahu, travel agent Asia Wisata. Usianya baru 5 tahun ternyata. Tapi, kok sepertinya sudah sukses dan banyak sayap ya, hehehe.

Asia wisata adalah perusahaan travel agent yang mengembangkan bisnis dengan konsep business to business atau kemitraan. Perusahaan ini, telah  bekerjasama dengan hampir seluruh penerbangan domestik (kecuali SusiAir) dan beberapa bank  di Indonesia.

Blogger Lita, berfotobooth (foto: @litachanlai2)
Saya mengetahui hal ini karena hadir di Acara ulang tahun Asia Wisata ke 5,  Sabtu (10/10/2015) di MTH Square, Jakarta Timur. Banner untuk foto booth menyambut tamu yang datang. Banner yang menggambarkan gebyar HUT Asia Wisata ini ramai dimanfaatkan tamu sebelum acara dimulai.

Apalagi ada artis  Reynold Surbakti yang ganteng hadir pula disana. Wuihh... laris deh, banyak yang minat foto booth bareng doi, hehehe. Tapi saya gak ikutan  foto bareng doi, karena saya kan pemaluuhh, hahaha...

Saya juga gak mudeng, kenapa ada wajah si pemain sinetron “Tersanjung” itu  muncul di acara ini. Setelah saya cari tau, ouw, rupanya, doi adalah duta atau Ambassador dari Asia Wisata, toh....

Tamu yang hadir terlihat ramai. Tak hanya blogger BRID, tapi juga beberapa sub agen, franchise atau calon sub agen dan calon franchise hadir, lho.

Setelah semuanya memasuki ruangan, sebelum acara dimulai, sang MC memberikan boneka biru berbentuk kapal terbang kepada dua orang yang namanya berawalan huruf A dan juga berakhiran A, seperti huruf awalan dan akhiran sang empunya hajat, Asia WisatA. Dua orang wanita muda, ternyata ada yang memiliki nama yang dimaksud.  
 
Nah, pembicara pertama adalah Direktur Utama Asia Wisata, Yanurmal. Bapak ini ganteng lho. Aura orang kaya dan bos besar, terpancar banget. Gak ngerti sih saya, kenapa kalau pembesar itu wajahnya selalu fresh, kinclong, berbadan besar dan berisi,  kelihatan kalau doi tuh orang kaya dan suskes,  hahahha... Ini sih hanya analisis saya saja.  #abaikan

Direktur Asia Wisata, Yanurmal.
 
Di hari jadi kelima Asia Wisata, Yanurmal membuat kejutan dengan melaunching Marketing Channel. Kata beliau, karyawannya saja gak tahu kalau dia akan melaunching sesuatu di hari itu. Jadi, marketing channel ini,  mengajak Anda yang mempunyai jiwa bisnis untuk menjadi sub agen atau 
mitra perorangan Asia Wisata. Jika Anda menjadi sub agen, bebas menjalankan usaha di mana pun tanpa harus ada kantor, pegawai dan badan hukum  lainnya.

Untuk Silver Patner misalnya, investasi awalnya 10 juta dengan potensi pendapatan Rp.350 juta. Ada pula Gold Patner, investasi Rp25 juta  potensi pendapatan Rp.1,75 M. Dan, kalau mau pendapatan yang lebih besar lagi, Rp7 Milliar
+ 5% komisi agen, Anda bisa memulai investasi di Platinum patner sebesar Rp50 juta.

Nah, karena bertepatan dengan soft launchingnya marketing channel, jadi siapa yang mau jadi sub agen silver patner, Asia Wisata memberikan diskon 50 persen, lho.

Saat Yanurmal bertanya siapa yang tertarik untuk berinvestasi, wah, yang berada di dalam ruangan banyak yang mengangkat tangannya. Menggiurkan, sih...:)   


Nah, kalau Anda tertarik untuk berinvestasi, syaratnya gampang: Cuma punya internet, komputer, printer dan tiket. Itu doang, hehehe.
 
Sebelumnya, Yanurmal menjelaskan keuntungan jika Anda ingin menjadi franchise Asia Wisata. Salah satunya mendapat komisi 100% dari penjualan tiket pesawat dan juga mendapat komisi dari penjualan produk Asia wisata lainnya serta mendapat passive income 30 % komisi dari  transaksi sub agen. 

Produk-produk yang disediakan dan laris manis di Asia Wisata, tak hanya tiket pesawat saja, lho. Ada tapi juga tiket kereta api, voucher hotel, sewa mobil, payment channel(bayar listrik, telpon, PDAM, pulsa), umrah/haji dan paket wisata lainnya.

“Semua produk Asia Wisata didistribusikan ke mitra franchise maupun cabang resmi yang menggunakan sistem dan branding yang sama,” ujar Yanurmal.  


Nah, Anda hobi berpetualang dan ingin berbisnis? Cocok nih mengibarkan sayap di investasi penjualan tiket transportasi udara bersama Asia Wisata.
 
Ya, Asia Wisata tetap optimis mengajak masyarakat untuk meraup keuntungan ditengah gonjang-ganjing nilai rupiah yang anjlok. Dan untuk membuktikan kalau beneran nih, dengan menjadi sub agen  Asia Wisata bisa mendatangkan keuntungan, di acara itu juga dihadirkan Suprani, sub agent yang omsetnya 3 Milliar Rupiah selama periode Januari-Oktober. Ia pun sudah dua kali menjadi sub agen terbaik berturut-turut. Berkat kegigihanya, beliau mendapatkan penghargaan dari  Asia Wisata. 

"Jujur dan Santai", salah satu kunci yang diterapkannya. Luar biasa Bapak satu ini.  Pembawaannya juga low profile, lho. Hmmm..

Suprani, sub agent Asia Wisata terbaik
 
Untuk mitra franchise terbaik Asia Wisata, diraih cabang dari Kupang NTT, Sukardi.  Karena berhasil mendatangkan omzet Rp2,8 M. Ia  pun  mendapatkan 1 unit sepeda motor dari Asia Wisata.  Yeay!

"Yang penting ada niat " kata Sukardi. Selamat ya....

Franchise terbaik Asia wisata, Sukardi.
 
Nah, untuk menumbuhkan optimisme berbisnis, acara yang ramai dihadiri oleh pebisnis ini, menghadirkan Founder Plaza Franchise & Transcho
, Tri Raharjo.  Menurut pria yang sudah 10 tahun berbisnis ini, tak ada bisnis yang instan, selalu ada upaya yang dilakukan agar kita berhasil.

“Jika hati kita total disatu bisnis, biasanya rezeki akan bertambah” ujarnya penuh semangat.

Dari awal sampai akhir, Bapak yang satu ini, antusias sekali lho memberikan motivasi, tips dan pengalamannya. Jadi mata eike kagak ngantuk, karena melihat seseorang yang bergelora sekali bicaranya.

Tri Raharjo
  
Salah satu hal yang ia berikan,  dalam berbisnis kita harus melihat potensi diri. Cari hal yang membuat kita tertarik atau yang membuat kita senang setiap hari. Lantas, itu bisa dijadikan list untuk mengembangkan bisnis. Lalu, target kita apa selanjutnya? Harus dilihat juga apa pola bisnis kita, agar bisa digali ide. Jika kita adalah franchise, misalnya, maka support dari pusat akan membuat kita lebih yakin.
 
Nah, setelah menekuni bisnis, jangan lupa, manfaatkan channel,  networking atau mempromosikan bisnis di media sosial. “Untuk memotivasi diri perlu sebuah goal atau mimpi” kata Tri.

Dan ternyata, bisnis itu menurut Tri, gak ribet, lho. Cuma perlu melihat pendapatan atau penjualan, biaya produksi  dan rugi laba. That's it!
Dan baginya, bisnis itu selalu ada jalan keluar.

Namun, berbisnis itu harus berani memulai dan menjalankan sendiri, jangan dijalankan orang lain, agar optimal. Karena kalau terjadi kendala di lapangan, kata Tri, kita akan improve. Iya juga ya. Saya berfikir,  kalau bisnis dijalankan orang lain, mungkin orang tersebut gak bisa improve atau menghandle. Atau kalaupun Ia bisa menghandle, belum tentu sesuai  dengan yang kita inginkan.


 
Selain Tri, ada pula Artis Reynold Surbakti yang menjadi duta Asia Wisata, seperti yang saya katakan tadi. Reynold, ikut berbagi bersama sekitar seratusan undangan dan blogger yang hadir. Keikutsertaannya di Asia wisata, karena dia juga mitra dan menjalankan bisnis ini sejak 2 tahun lalu. 

“Melakukan usaha itu harus  bersungguh-sungguh dan dilakukan sendiri sehingga  hasilnya tidak terbatas” kata Reynold singkat.

Reynold  Surbakti


Pembicara terakhir adalah mas Kholik dari Sriwijaya Air. Satu hal yang saya ingat apa yang dikatakannya adalah: “Mengapa Sriwijaya Air jarang terlihat promosi atau iklan di TV? Karena bagi Sriwijaya Air, lebih baik uangnya digunakan untuk perawatan pesawat daripada beriklan.”

Sriwijaya  Air ini, salah satu  menjadi mitra Asia Wisata, lho.  Dan bagi Sriwijaya Air, Asia wisata adalah salah satu dari 5 mitra terbaik yang mereka miliki. Karena hal ini,  maka maskapai ini rela memberikan  3 tiket pesawat pergi pulang  secara gratis ke salah satu dari 5 destinasi pilihan, bagi 3 orang yang memenangkan live tweet di acara tersebut.

Peserta yang tweetnya paling banyak  dan berkualitas, menjadi jawaranya. Dua orang perwakilan dari blogger @abusyamil2004 dan
@pinkpinguin serta @mburniat berhasil merebut hadiahnya. Selamat ya.. 

Pemenang Live Tweet
 
Karena hadiahnya menggiurkan, banyak yang ikutan live twet, tapi banyak juga yang tidak ikut. Seperti saya misalnya, saya sadar diri deh, kalau jempol saya gak secepat teman-teman yang lain, hahaha..

Ya, tagar #HUT5AsiaWisata berseliweran pagi itu dan masuk ke peringkat 4 sebagai tweet terpopuler atau trending topik di Indonesia saat itu.

Selain live tweet, ada dua doorprize HP yang disediakan. Doorprize pertama direbut oleh blogger Bogor, Kristianto Afrianti. Ia berhasil mendapatkannya dari kertas keberuntungan di bawah kursinya. Di kertas itu tertulis ”Selamat Anda mendapatkan HP”. Haiiya, beruntung sekali..

Penyerahan HP doorprize
 
Sebelumnya, untuk mencairkan suasana, di pertengahan acara, MC meminta agar semua  tamu meraba bagian bawah kursinya. Dan, hanya 1 orang yang berhasil mendapatkan sesuatu yang tertempel di bawah kursinya. Kursi keberuntungan itu berada di deretan ke dua dari depan. Ah, duduk di depan itu banyak hokinya deh, selain kegiatan memotret jadi enak, karena berdekatan dengan nara sumber, peluang dapet kejutan juga banyak, hehehe.

Nah, doorprize untuk HP kedua, diundi melalui kertas undian yang diletakkan di dalam bowl.  Dan... saya pun tak berhasil mendapatkannya. Begitu pula dengan doorprize berupa voucher  belanja, tak mampir ke genggamanku. Apa karena daku kurang beruntung? Tapi..sssst, kata Mas Ulish, sang MC, kalau kita mau beruntung, ucapkan dalam hati setiap hari “Saya orang yang beruntung”. Dan ucapan ini harus diucapkan berkali-kali.

So, karena saya jarang dapat doorprize di setiap acara, jadi, saya harus menerapkan sugesti seperti itu ya setiap hari, agar mujur. Terima kasih Asia Wisata atas acara dan ilmunya. Semoga daku beruntung lain kali.

10 comments :

  1. Heeee, yang penting udah dapat ilmunya toh, mbak :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya...ilmu tak sebanding dengan harga gadget ya, walaupun kepengen, hehehe

      Delete
  2. investasinya tuk joint partner lumayan ya mb eka

    kekepin dompet kenceng kenceng

    ReplyDelete
  3. daridulu pengen banget punya usaha kaya gini apalagi emang sesuai banget sama hobi jalan2 aku

    ReplyDelete
  4. pastinya ini menjadi peluang baik bagi yang suka investasi dan sukak bepergian...asyiiik banget dah :)

    ReplyDelete
  5. ih...

    baca artikel ini jadi nyesel ga bisa ikutan :(

    eh jadi sub agen kayaknya menarik tuh mbak?
    *mau pelajarin dulu deh
    hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku berminat banget sih bisnis wisata tapi investasi paket yang dicontohkan itu belum terjangkau deh karena lagi konsentrasi utk investasi di bidang yg sama tapi bukan travel agent

    ReplyDelete
  7. pengen banget ikut acara kaya gini tapi gak ada yang undang :(

    ReplyDelete
  8. lah kalau udah bilang saya orang yang beruntung masih gak dapat juga? Eh, tapi yang penting dapat informasi yang mudah2an berguna yah ^_^

    ReplyDelete
  9. Saya orang beruntung... saya orang beruntung... saya orang beruntung
    Semoga...

    ReplyDelete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?