“Happy Coffee Day” : Semakin Beragam Cooffee Mix, Makin Aku Suka Kopi

Hai pencinta kopi.... 

Selamat Hari Kopi Sedunia. 

Iya, di beberapa negara, seperti Malaysia, Amerika, Kanada, Inggris, Ethiopia dan Swedia memperingati hari kopi sedunia yang jatuh pada hari ini,  29 September. 

“Happy coffee day”. 

Kopi Panas (sumber:medicmagic.net)

Kopi, salah satu jenis minuman yang saya suka, selain teh. Kopi juga identik dengan orang Indonesia. Gimana nggak, dari kecil saya sudah dikenalkan orang tua atau keluarga dengan minuman berwarna ini.

Pagi, ketika sarapan, selain ibu menghidangkan teh bersama dengan nasi goreng, kopi hitam pun ikut nimbrung. Apalagi jika sedang kedatangan tamu atau keluarga jauh. Maka, kopi hitamlah yang disajikan untuk menghangatkan kebersamaan.

Jaman dulu sih, kopi ya masih kopi hitam. Aromanya yang khas, bikin hidung saya kembang kempis menghirupnya. Tapi, sekarang sudah berjamur kopi mix ini dan itu. Ada yang dicampur moca, cokelat, susu, jahe, durian dan rasa-rasa yang lain. Saya sih tetap suka ya, apalagi kopi rasa durian, hehehe... Saya pernah membahas kopi durian di  http://ekafikry.blogspot.co.id/2014/04/kopi-durian.html

Meski suka minum kopi, tapi saya baru mulai rajin mencicipinya ketika SMA. Salah satunya, karena  sudah banyak varian rasa kopi yang dicampur dengan bahan lain, jadi  rasa kopinya gak “setajam” kopi hitam nan kental itu.

Kalau ke supermarket, saya biasanya beli langsung satu lusin sachet. Kadang langsung dua lusin dengan varian rasa yang berbeda atau merek tak sama. Biasanya, beda merek, beda juga rasanya, meski komposisinya sama. Yah, sekalian buat perbandingan mana yang lebih enak .

Walau jarang mengkonsumsi kopi hitam, sebenarnya saya tetap suka  sama kopi asli yang berwarna gelap itu. Biar hitam, banyak yang nunggu, apalagi kalau dibikinin, hahaha..

Tapi, kalau untuk sehari-sehari seperti saat ini, saya lebih suka mengkonsumsi kopi rasa moca. Perpaduan rasa susu, coklat dan kopi. Asyik. ..!! Eh, malah sekarang sudah ada white coffee atau kopi putih. Saya juga suka, tuh. 

Permukaan kopi bisa digambar macam macam, lho.. (foto: tempo.co)

Ehmmm...rupanya, meski kopi yang biasa saya konsumsi tadi telah bercampur dengan bahan-bahan lain, (coklat, susu dll), kadar kafeinnya tetap tinggi, lho. Otomatis mempengaruhi kekebalan mata saya untuk tetep melek. Duh.

Karena hal ini, saya jadi tak berani minum kopi di atas jam 5 sore. Karena sudah tau akibatnya : saya akan susah tiduuur!  Bisa-bisa jam 3 dini hari mata saya baru terpejam. Dan itu bikin saya tersiksa...! 

Sekarang, saya siasati bagaimana mencari waktu-waktu yang tepat untuk bisa menyeruput minuman enak itu, tapi tak membuat saya insomnia, hehehe... Ya, jam 12 atau 1 siang setelah makan, ini adalah waktu yang saya manfaatkan untuk mengkonsumsi kopi. Selelet-leletnya  jam 3 sore.

Temen-temen kantor pun heran melihat kebiasaan saya mengkonsumsi kopi, justru di jam-jam tersebut. Setelah saya jelaskan, barulah mereka paham. Karena “menyedot” kopi, itukan identik di pagi hari atau sore hari. Lah, saya malah siang hari bolong, hehehe. Ya, maklum saya anak kos, jadi biasanya baru bisa minum kopi kala siang hari, itu pun dikantor bikinnya, sekalian manfaatin kopi plus gula dikantor, hahhaha... 

Tapi, kalau hari Jum'at, saya berani minum kopi di sore hari, karena besoknya libur, hehehe, jadi kalau besok bangunnya kesiangan gara-gara begadang akibat gak bisa tidur, ya gak masalah, karena libur kerja, hehehhe...

Saat akhir pekan pun, kadang saya menghabiskan waktu nongkrong bersama teman-teman kantor,  sambil menyeruput kopi di gerai kopi ternama. Ya, tak hanya sekedar menikmati kopi sih, tapi ngerumpi juga, hihihihi..
Bercanda & bergaya saat nongkrong di Starbuck, lepas pulang kerja
Beruntung,  saya tau kalau tubuh ini akan merasakan efek dahsyat jika berani “bermain” dengan kopi di sore hari, apalagi di malam hari (bakal begadang sendirian, bo..!)  Tapi, baru 7 tahun belakangan ini sih mengetahuinya. 

Jadi, dulu ketika SMU dan kuliah, di mana saat itu masa-masanya saya aktif ngopi, saya gak ngerti, kenapa kok susah sekali tidur. Saya mengira terkena penyakit insomnia, alias susah tidur.

Lama-kelamaan, setelah saya bisa “membaca” tubuh sendiri, oh, baru saya tau, apa penyebabnya ketika itu susah tidur.  Jujur, dulu saya gak percaya kalau minum kopi bakal bikin melek mata. Saya pikir itu hanya sugesti atau kelakar orang saja. Tapi, kini saya percaya sejuta persen, wuahahaha...

Satu lagi manfaat kopi yang saya rasakan. Kebetulan, saya punya masalah dengan pencernaan atau susah BAB. Tak setiap hari saya bisa buang sampah perut itu. Nah, untuk merangsang supaya itu sampah keluar, maka saya harus minum kopi dulu. Reaksinya..?  aw..ternyata cepat, lo. Seketika konspirasi perut itu datang, langsung cabut ke toilet, dan berhasiiilll...hehehhe.  

Sebenarnya saya sudah pernah mendengar informasi ini dari sepupu saya. Tapi, lagi-lagi, saya tak percaya ketika itu. Eh, begitu membuktikan sendiri, baru deh manggut-manggut, hihihi....

Rupanya, teman kos saya juga melakukan hal yang sama. Ia, malah sudah tau dari dulu kalau kopi bisa merangsang perut untuk segera mengeluarkan hajat yang terpendam di usus, hehehe...

Ngerumpi itu paling asik sambil ngopi , hehehe

Eh, sayangnya...kini saya menderita penyaki magh yang lumayan parah. Hingga tak bisa bar-bar lagi mengkonsumsi kopi. Karena, minuman ini menggrogoti atau tak baik untuk magh. Hikss..

Kenapa begitu?

Nah, menurut hasil pantauan dari googling sana-sini, kandungan asam dan kafein yang tinggi dalam kopi/teh menyebabkan asam lambung semakin naik sehingga akan terasa mual dan muntah. Selain itu, kafein dapat mengendurkan katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan. 

Meski begitu, saya tetap cinta kopi, saya tetap mencari kopi...:))

Selamat Hari Kopi Sedunia..
Kopi dan bji kopi. Sbr foto;disini

58 comments :

  1. Baru nyadar kalau hari ini hari kopi. Pdahal tiap hari nyeruput heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, aku juga baru tau dari temen, trus langsung publish artikel ini deh, hehehe.. Pencinta kopi juga ya, Rul...? Toss...hehehe

      Delete
    2. Seperti itu lah, mbak. Kalo lagi suntuk di kamar, minum kopi; buka laptop lanjut nulis :-D

      Delete
  2. Iya saya pencinta kopi ya tapi baru tahu ya kalo hari ini hari kopi. iya ngerumpi enak ya sambil ngopi ya mbak hehehehehe... iya sekarang kopi banyak variasinya ya.. kalo dulu saya suka bingitnya kopi hitam sih laki banget gitu lo, ah tapi sekarang ya kayak Mbak lah ngopi rasa mocca doklat dll, soalnya dulu suka ngopinya sebelum makan jadi perut sekarang agak kena maag ya kalo minum kopi jadi harus airnya panas bingit... hehehehehehehehehehe :) Selamat hari kopi Mbak, ngopi yuk Mbak? wkwkwkw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku, sebelum minum kopi, harus diisi dulu perut dengan nasi atau makanan lain, /roti, kalau gak..walah..periiihh, hehehehe...

      Toss dulu sesama pencinta kopi...;))

      Delete
    2. Toss Mbak.. Jadi kapan nih ngopinya? hehehehehehehehehehehe :)

      Delete
    3. toss juga dari jauh...hayuk kapan kita ngopi...?....hihihihi....

      Delete
  3. Ternyata ada juga hari kopi ya, baru tahu.
    Kopi memang menjadi minuman yang paling banyak di sukai oleh semua kalangan. Enggak itu pria, wanita, tua maupun muda, semua pada suka menyeruput kopi dan sering dijadikan sebagai teman di kala sedang banyak kerjaan atau begadang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata tak cuma ada perayaan hari kopi mas, putri kopi atau pemilihan putri kopi nasional pun ada, lho...hehehe

      Delete
  4. saya sukanya cappuccino mbak. kadang suka ketemu temen yang suka kopi dan punya biji kopi yang langsung dibeli dari petaninya. tapi aku kok malah lebih suka sama yang sachetan xixiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cappucino, di perutku perih mabk, jadi makanya aku pilih yang kopi sachet moca, yang butiran atau ampasnya masih ada, gak halus seperti cappucino, hehehe

      Delete
  5. minum kopi saat cuaca dingin, bikin tubuh jadi anget mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi.. tapi sekarang masih musim panas ya, hehehe.:)))

      Delete
  6. Menjelang sore baca ginian jadi pengen pergi ke Caffe terus ngopi...duh! Btw ulasan yang menarik mbak Eka :)

    ReplyDelete
  7. cofee mix memang sangat cocok pake penggemar kopi yang tetap ingin berpenampilan elegant, jangan kaya saya kopinya kopi item pahit..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih, cowok memang suka ya sama kopi hitam, kalau cewek lebih suka coffe mix memang, hehehhe

      Delete
    2. salam untuk yang pake kacamata yah..ehmmm

      Delete
    3. hohohoh, okeh nanti disampaikan, smoga dia mengintip blog ini.. katanya sih doi suka baca-baca blog eike juga,walaupun dia gak ngeblog, hehehe

      Delete
  8. Replies
    1. bikin semangat beraktifitas ya...hehehe:))

      Delete
  9. Akupun syukaaaaak kopi banget nget nget maaak :)

    HAPPY INT'L COFFEE DAY!
    --bukanbocahbiasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouw....toss dulu kalo gitu mak Nurul..hehehe

      Delete
  10. Kalo tempat ngopinya di starbuck sih pasti betah, beli kopinya satu tapi duduknya bisa berjam-jam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkwkw, betul-betul.....tau aja mas, hihihih

      Delete
  11. selamat hari kopi, setiap hari suka ngopi hehe

    ReplyDelete
  12. Baru tau ada hari kopi.... Yang sama kita itu kopi bikin sakit maag... Bedanya kopi ngga bikin mata saya melek... Kecuali beberapa jenis kopi.. Sidikalang terutama...dan di saya kopi malah bikin pencernaan ngga lancar.. Tapi bikin pipis lancar... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, kuat nih mata mas Ginting ya, cuma dengan Sidikalang yang nyerah ya, heheheh tapi kalo soal pengaruh kopi di pencernaan, kita pun beda juga ya, hehehee..tapi kalao bikin sering pipis betul aku jg idem, hihihi

      Delete
  13. adeuh si teteh-teteh meuni cantik-cantik yah :D
    enak banget atuh kalo ngopi sambil ngobrol sama temen, jangankan cewe saya aja yang cowok suka ngopi sambil ngobrol.memang makjleb deh :)

    ReplyDelete
  14. mbak eka..aku suka kopi juga loh...tiap hari aku selalu minum kopi..tapi semenjak hamil udah mengurangi mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya...kalau lagi hamil kurang deh kopinya...hehhee

      Delete
  15. para pecinta kopi pastinya tau ada hari kopi ya mbak, gak kaya aku yang baru tau ada hari kopi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan perayanaan kapan hari kopi masing2 negara ternyata beda-beda mak..hehehe

      Delete
  16. Aku nggak ngaruh mau ngopi jam berapa. Bisa aja ngopi jam 23.00, trus jam 23.15 udah zzzzz :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih..asiknya kalau gak ngaruh mak..aku ngaruh bingitss..hehehe

      Delete
  17. saya penikmak kopi, enak klo waktu pagi sama malem di temenin kopi.. bah mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kopi temen yang asik..meningkatkan semangaat, hehehe

      Delete
  18. saya sebenernya ga seneng kopi yaa .. cuma sering aja nemenin temen ngopi . kalau saya nya sih pesen juice atau minuman yang lain .. jadi ga pernah ngerasain melek terus garagara kopi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, suka jus itu juga baik mbak....hehehe...eh, tapi kenapa gak seneng kopi...?

      Delete
  19. Aku ga bisa ngupi,,,,soalnya susah merrem mb eka hihihij

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, me too..makanya aku minumnya paling lelet jam 3 sore....hehehe

      Delete
  20. sehari engga ngopi rasanya ada yang kurang

    ReplyDelete
  21. Kalau saya dari dulu lebih suka kopi hitam mbak, bukan cappucino atau jenis kopi2 lainnya. Rasanya kalau yang benar2 ngopi itu, dan cita rasa kopi yang sebenarnya itu hanya bisa kita temukan dari kopi hitam... ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe..betul..kopi hitam adalah kopi sesunghguhnya...tapi berhubung pengen variasi rasa, makanya nyoba2 rasa kopi mix mas, hehehe

      Delete
  22. emm, ini dia kalo dengar masalah ngopi jadi ketagihan :) kopi selalu menemani hari hari saya apalagi disaat nongkrong didepan monitor, ga bisa kalo ndak ada ini :) pertamax

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..pencinta kopi bener nih kayaknya ya...hehehe

      Delete
  23. Saya juga nyandu kopi mbak. Tapi baru tahu ada Hari Kopi setelah baca postingan mbak Eka ini. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dulu kalo gitu mbak...nikmat ya kopi...hehehe

      Delete
  24. kalau sehari nggak ngopi, kepala rasanya pusing. mungkin karena udah kecanduan kali ya mbak. kalau saya mah mau 7 atau 8 malam pengen ngopi ya tetep ngopi mbak. soalnya nggak ngaruh ke efek mata yang katanya jadi kuat melek. kalau untuk pencernaan baru percaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw..matanya sudah khatam kopi kali ye,jadi ngak ngaruh minum kopi jam berapapun, hehehehe

      Delete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?