“Happy Coffee Day” : Semakin Beragam Cooffee Mix, Makin Aku Suka Kopi

Hai pencinta kopi.... 

Selamat Hari Kopi Sedunia. 

Iya, di beberapa negara, seperti Malaysia, Amerika, Kanada, Inggris, Ethiopia dan Swedia memperingati hari kopi sedunia yang jatuh pada hari ini,  29 September. 

“Happy coffee day”. 

Kopi Panas (sumber:medicmagic.net)

Kopi, salah satu jenis minuman yang saya suka, selain teh. Kopi juga identik dengan orang Indonesia. Gimana nggak, dari kecil saya sudah dikenalkan orang tua atau keluarga dengan minuman berwarna ini.

Pagi, ketika sarapan, selain ibu menghidangkan teh bersama dengan nasi goreng, kopi hitam pun ikut nimbrung. Apalagi jika sedang kedatangan tamu atau keluarga jauh. Maka, kopi hitamlah yang disajikan untuk menghangatkan kebersamaan.

Jaman dulu sih, kopi ya masih kopi hitam. Aromanya yang khas, bikin hidung saya kembang kempis menghirupnya. Tapi, sekarang sudah berjamur kopi mix ini dan itu. Ada yang dicampur moca, cokelat, susu, jahe, durian dan rasa-rasa yang lain. Saya sih tetap suka ya, apalagi kopi rasa durian, hehehe... Saya pernah membahas kopi durian di  http://ekafikry.blogspot.co.id/2014/04/kopi-durian.html

Meski suka minum kopi, tapi saya baru mulai rajin mencicipinya ketika SMA. Salah satunya, karena  sudah banyak varian rasa kopi yang dicampur dengan bahan lain, jadi  rasa kopinya gak “setajam” kopi hitam nan kental itu.

Kalau ke supermarket, saya biasanya beli langsung satu lusin sachet. Kadang langsung dua lusin dengan varian rasa yang berbeda atau merek tak sama. Biasanya, beda merek, beda juga rasanya, meski komposisinya sama. Yah, sekalian buat perbandingan mana yang lebih enak .

Walau jarang mengkonsumsi kopi hitam, sebenarnya saya tetap suka  sama kopi asli yang berwarna gelap itu. Biar hitam, banyak yang nunggu, apalagi kalau dibikinin, hahaha..

Tapi, kalau untuk sehari-sehari seperti saat ini, saya lebih suka mengkonsumsi kopi rasa moca. Perpaduan rasa susu, coklat dan kopi. Asyik. ..!! Eh, malah sekarang sudah ada white coffee atau kopi putih. Saya juga suka, tuh. 

Permukaan kopi bisa digambar macam macam, lho.. (foto: tempo.co)

Ehmmm...rupanya, meski kopi yang biasa saya konsumsi tadi telah bercampur dengan bahan-bahan lain, (coklat, susu dll), kadar kafeinnya tetap tinggi, lho. Otomatis mempengaruhi kekebalan mata saya untuk tetep melek. Duh.

Karena hal ini, saya jadi tak berani minum kopi di atas jam 5 sore. Karena sudah tau akibatnya : saya akan susah tiduuur!  Bisa-bisa jam 3 dini hari mata saya baru terpejam. Dan itu bikin saya tersiksa...! 

Sekarang, saya siasati bagaimana mencari waktu-waktu yang tepat untuk bisa menyeruput minuman enak itu, tapi tak membuat saya insomnia, hehehe... Ya, jam 12 atau 1 siang setelah makan, ini adalah waktu yang saya manfaatkan untuk mengkonsumsi kopi. Selelet-leletnya  jam 3 sore.

Temen-temen kantor pun heran melihat kebiasaan saya mengkonsumsi kopi, justru di jam-jam tersebut. Setelah saya jelaskan, barulah mereka paham. Karena “menyedot” kopi, itukan identik di pagi hari atau sore hari. Lah, saya malah siang hari bolong, hehehe. Ya, maklum saya anak kos, jadi biasanya baru bisa minum kopi kala siang hari, itu pun dikantor bikinnya, sekalian manfaatin kopi plus gula dikantor, hahhaha... 

Tapi, kalau hari Jum'at, saya berani minum kopi di sore hari, karena besoknya libur, hehehe, jadi kalau besok bangunnya kesiangan gara-gara begadang akibat gak bisa tidur, ya gak masalah, karena libur kerja, hehehhe...

Saat akhir pekan pun, kadang saya menghabiskan waktu nongkrong bersama teman-teman kantor,  sambil menyeruput kopi di gerai kopi ternama. Ya, tak hanya sekedar menikmati kopi sih, tapi ngerumpi juga, hihihihi..
Bercanda & bergaya saat nongkrong di Starbuck, lepas pulang kerja
Beruntung,  saya tau kalau tubuh ini akan merasakan efek dahsyat jika berani “bermain” dengan kopi di sore hari, apalagi di malam hari (bakal begadang sendirian, bo..!)  Tapi, baru 7 tahun belakangan ini sih mengetahuinya. 

Jadi, dulu ketika SMU dan kuliah, di mana saat itu masa-masanya saya aktif ngopi, saya gak ngerti, kenapa kok susah sekali tidur. Saya mengira terkena penyakit insomnia, alias susah tidur.

Lama-kelamaan, setelah saya bisa “membaca” tubuh sendiri, oh, baru saya tau, apa penyebabnya ketika itu susah tidur.  Jujur, dulu saya gak percaya kalau minum kopi bakal bikin melek mata. Saya pikir itu hanya sugesti atau kelakar orang saja. Tapi, kini saya percaya sejuta persen, wuahahaha...

Satu lagi manfaat kopi yang saya rasakan. Kebetulan, saya punya masalah dengan pencernaan atau susah BAB. Tak setiap hari saya bisa buang sampah perut itu. Nah, untuk merangsang supaya itu sampah keluar, maka saya harus minum kopi dulu. Reaksinya..?  aw..ternyata cepat, lo. Seketika konspirasi perut itu datang, langsung cabut ke toilet, dan berhasiiilll...hehehhe.  

Sebenarnya saya sudah pernah mendengar informasi ini dari sepupu saya. Tapi, lagi-lagi, saya tak percaya ketika itu. Eh, begitu membuktikan sendiri, baru deh manggut-manggut, hihihi....

Rupanya, teman kos saya juga melakukan hal yang sama. Ia, malah sudah tau dari dulu kalau kopi bisa merangsang perut untuk segera mengeluarkan hajat yang terpendam di usus, hehehe...

Ngerumpi itu paling asik sambil ngopi , hehehe

Eh, sayangnya...kini saya menderita penyaki magh yang lumayan parah. Hingga tak bisa bar-bar lagi mengkonsumsi kopi. Karena, minuman ini menggrogoti atau tak baik untuk magh. Hikss..

Kenapa begitu?

Nah, menurut hasil pantauan dari googling sana-sini, kandungan asam dan kafein yang tinggi dalam kopi/teh menyebabkan asam lambung semakin naik sehingga akan terasa mual dan muntah. Selain itu, kafein dapat mengendurkan katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan. 

Meski begitu, saya tetap cinta kopi, saya tetap mencari kopi...:))

Selamat Hari Kopi Sedunia..
Kopi dan bji kopi. Sbr foto;disini
Read More

Mendengar Musik Advan Barca Hifi M6, Bikin Aktivitas Jadi Lebih Bergairah.




Saat bangun pagi...aktivitas  apa yang pertama dilakukan selain ke kamar mandi untuk cuci muka/mandi dan buang hajat?? Dikala belum menjamur handphone, saya sih langsung menghidupkan radio, TV atau tape. Apalagi kalau bukan untuk mencari hiburan, mendengarkan musik...!

Kalau acara TV di pagi hari, saya akan ngetem di acara musik. Tapi kalau sambil beraktifitas, maka radio atau tape lah yang saya putar. Hmmmmm, musik itu memang  dicari di mana-mana ya. Bukan hanya sekedar untuk menghibur, tapi juga menambah semangat saat beraktifitas lho. Kerja berat jadi gak kerasa karena dihibur dengan nada-nada cantik yang bergelayut manja dengan suara penyanyi kesayangan.

Sekarang, semakin jaman bergeliat, tak perlu lagi harus mengandalkan radio atau tape berbentuk fisik untuk menghibur diri, tapi smartphone pun  bisa menghibur kita dengan fasilitas audio dan musiknya.

Namun, tak semua smartphone atau gadget memberikan kualitas audio yang bagus dan  asik. Ya, tergantung "racikan' dan konsep smartphonenya. Kebanyakan sih, speaker smartphone diletakkan di bagian punggung. Jadi, kadang suaranya gak kinclong. Pun, kita harus meletakkan  smartphone yang bagian depannya  tengkurap atau dibalik agar audionya terdengar gede.  Temen ku bilang, kalau mendengarkan musik tapi suaranya gak gede, gak berasa, hehehe. Betul sih, jadi kalau mau audionya terdengar jelas, emang begitu ngakalinnya, ditengkurapin. Tapi eh tapi, kalau posisinya begitu, ya kita gak bisa mengganti lagu atau menonton video dengan nyaman dan sesuka hati, alias ngerepotin.

Nah, kini ada smartphone yang mau menyingkirkan kerepotan dan menghalau galau saat mendengar musik yang suaranya gak oke atau kecil.

Iya, saat saya tau smartphone Advan Barca Hifi M6 yang diluncurkan 13 Agustus 2015 lalu, memposisikan speaker pada letak yang pas atau pada bagian depan, woooh, ini beneran menghilangkan satu kerepotan dan menghadirkan keasikan. Apalagi, speaker yang dibenamkan Dual Front Stereo Speaker pula.. Ups, keren ! Streo dong tentunya.. 

Hmmm.., saya membayangkan,  tentulah suaranya kinclong dan mantap. Selain itu, karena letak speakernya di depan, tentulah suara yang dihasilkan XLoud Speaker jernih. Ceritanya nih, Advan ingin memanjakan  telinga penggunanya saat tengah mendengarkan setiap ritme alunan musik dari Advan Barca Hifi M6 yang mengandalkan Hi-Fi Audio.

Advan Barca Hifi M6 (foto : hariangadget.com)



Saat sedang beraktifitas, kalau audio yang dihasilkan jernih dan kinclong, hidup jadi lebih bergairah dan  semangat. Saya sering tuh saat mencuci baju di kamar mandi kosan,  saking pengen dihibur, ya saya bawa Hp ke kamar mandi. Karena kalau bawa radio tape, kabelnya gak nyampe buat dicolokin, hahaha. Walhasil, jalan satu-satunya ya dengan mendengarkan musik via HP, cuma, ya kualitas audionya tak menggema.

Nah, berhubung lagi ngomongin  soal musik dan audio, boleh dong saya mengkhayal, saat nyuci baju yang seember besar penuh itu, karena seminggu sekali nyucinya, trus ditemani sama smartphone Advan Barca Hifi M6 yang menghasilkan musik oke sesuai selera hati,  mungkin gak kerasa ya capeknya. 

Atmo musik itu ngaruh di psikologis, lho. Bikin perasaan bahagia. Apalagi kalau yang diputar adalah lagu favorit  yang kita hapal banget. Walah, nyuci sambil nyanyi-nyanyi cantik  ngiringin musik, lewat tuh cucian seember, alias gak berasa, heheheh. Nah, kalau capek tak terlalu dirasakan, bisa lanjut aktifitas lain. Ya ngepel, beresin kamar nyuci piring dan lain lain. Apalagi saat weekend, wah, butuh banget aktifitas ditemani dengan hiburan musik. Bikin aktifitas jadi bergairah, deh. Semoga beneran jadi nyata ya beberes kosan ditemani Advan Barca Hifi M6, hehehe..

Tak cuma saat beraktifitas berat di rumah saja asik mendengarkan  musik, ketika di luar rumah pun, perlu hiburan, lho. Saat tengah jeda sejenak dari pekerjaan kantor. Saat menunggu pesanan makanan di kedai datang. Atau, saat tengah menunggu bus TransJakarta yang lama banget datangnya. Nah, kalau ada musik, rasa kesal akan berkurang, karena kita dihibur dengan alunan nada.

Oh ya, kalau lagi dijalan atau di resto,  tentu kita mendengarkan musik memakai earphone, dong ya. Karena gak enak juga kalau suaranya yang besar mengganggu orang-orang yang ada di sekitar kita. Beda dong kalau lagi di rumah atau di kamar, sebodo teing ya, hehehe. Nah, Advan mengklaim,  earphonenya juga gak kalah jernih dan bening dari kemampuan dual speakernya. Advan memberinya nama Metallic Music Earphone. So, selain ngayal bisa menikimati musik dari speakernya, saya juga ngayalin  menggunakan earphone Advan Barca Hifi M6 saat tengah menunggu pesanan makanan datang.  

Nah, kalau lagi menggunakan earphone, siang hari pula, asiknya dengerin lagu yang slow atau  lagu jadul era 80 an-90an gitu, bikin lebih tentrem dan menurunkan stres, lho. Musik itu punya peran banget deh  untuk mengubah situasi perasaan /mood kita.  Itu dia mengapa Advan Barca Hifi M6,  mendesain fitur audio dan speakernya di posisi depan, agar kita bisa merasakan nikmatnya musik.

Jaman dulu pakai kaset dan tape, kini semua ada di smartphone

Oh ya, dengan  Advan Barca HIFI M6 ini, kita bisa menikmati lagu-lagu menarik dan berlangganan dari Langit Musik hanya dengan Rp. 5.500 saja perbulan, lho. Normalnya sih Rp. 11.000/ bulan. Lho, kok bisa murah? Iya, karena Advan bekerja sama secara eksklusif dengan  Telkomsel.  Plus lainya, kalau beli smartphone keren ini, kita juga akan mendapatkan paket kuota internet 2 GB dari Telkomsel, lho. 

Selain itu, kita juga  bisa streaming secara gratis untuk dua film menarik di Moovigo. Nah, Advan Barca Hifi M6 melengkapi kelebihannya dengan keseruan ini. Sudahlah langganan lagu murah dari Langit  Musik, audionya bagus, eh dapet tontonan gratis pula. Ini juga salah satu jawaban mengapa kualitas audionya dimaksimalkan, karena ada beberapa kejutan.


Yang bikin ngiler lagi,  Advan juga menghadirkan fitur Air Gesture. Fitur ini untuk memudahkan kita mengganti musik yang lagi diputar. Gimana caranya..? Cukup lambaikan tangan di depan smartphone, udah deh, musiknya langsung ganti. Ih, keren. Gak perlu disentuh-sentuh lagi nih ya, hehehe..

Ada lagi fitur asik lainnya?

Ada dooonk. Namanya Flip to Mute. Fitur ini memudahkan kita untuk menghilangkan suara deringnya. Tinggal dibalikkan saja, beres, suaranya langsung diam. Ini berguna sekali saat kita lagi ngobrol sama atasan kantor, lagi nego sama klien bisnis, atau saat meeting. Kan sering tuh, tetiba telpon kita berbunyi, nyaring pulak gaungnya, alamak... Nah, dengan fitur ini,  kita gak perlu panik, tinggal dibalikkan saja, smartphonenya langsung adem manja hehehe..

Yang saya suka lagi, layarnya itu berukuran 5 inci, dengan resolusi 1280×720. Resolusi ini  membuat gambarnya tajam. Aha, saya suka yang lebar-lebar dan tajam-tajam, biar puas. Puas browsingan, puas ngeksis di media sosial, puas melihat foto-foto, puas main games,  juga puas saat tengah memutar film atau video. Nah, dengan kualitas audionya itu, tentu menonton video atau bermain games jadi lebih hidup dan menantang. Suara itu ngaruh banget. Jadi gak sabar pengen mendengarkan sembari nonton video klip Britney Spears  "I'm A Slave  For You" yang musiknya kaya dengan bass itu di Advan Barca Hifi M6.

Cuplikan video britney "I'm a Slave 4 U" yang dicapture dari Youtube
Ya, ponsel pintar Advan Barca Hifi M6 sanggup memutar beragam konten video maupun game, dengan tampilan visual mengagumkan, lho. Soalnya, layarnya  telah dibekali teknologi IPS beresolusi High Definiton sebagai jaminan keluarnya gambar lebih detail, dan memiliki warna natural. 

Otaknya juga canggih dan berkekuatan tinggi, lho. Ada  Octacore 1,3 GB didalamnya dan menyematkan  RAM 2 GB. So, kalau mau bermain main dengan fitur yang banyak dalam waktu bersamaan, okeh-okeh saja,  tetap cepat dan responsif.  Selain itu, dapur pacunya pun ditunjang dengan OS android Kitkat 4.4.2 dengan tampilan IDOS (Indonesia Operating System) Interface. Jadi,  tampilannya  makin cantik dan asik. Perangkat ini juga disertai dengan baterai berkapasitas 2.300 mAh.

 

Nah, gimana dengan kameranya?

Advan Barca Hifi M6 menghadirkan kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP. Yippi, yang doyan selfie seperti saya, tentu girang nih. Kamera depan 5 Mp itu, bisa bikin hasil foto yang kinclong, jadi lebih pede buat dishare di media social atau dishare dengan teman dan keluarga via teknologi Bluetooth versi 4.0.

Karena doyan foto-foto juga, tentulah banyak bingit koleksi foto saya di HP. Ehmm, kalau saya punya Advan Barca HIFI M6, apa bisa menampungnya..? Bisa banget, soalnya smartphone ini menyediakan  memori internal jumbo berukuran 16 GB. Ini sudah besar, lho. Kalau mau nyimpen ribuan foto dan ratusan lagu, sudah mumpuni bingit. Kalau masih kurang, masih bisa kok menambahkan memori microSD dengan kapasitas maksimum 64 GB. Puas deh....hehehe

Nah, walaupun beragam teknologi canggih sudah ada di dalamnya, namun harga Advan Barca Hifi M6 tetap dibanderol terjangkau, dengan harga tak sampai 2 juta rupiah. Semoga daku segera memilikinya, agar di setiap aktivitas, selalu lebih bergairah karena kualitas audionya yang membangkitkan semangat. 


Sbr artikel dan foto : >>>http://www.advandigital.com

Read More

Tuhan itu "Lucu"

Pernah gak sih merasa kalau kita pengen sesuatu, yang tak ada orang lain yang tau, tak juga pernah mengucapkannya dari bibir ini, tapi, kok tiba-tiba keinginan kita terwujud?
 
Dan saat keinginan itu ada di depan mata, bibir pun langsung tersenyum, nyengir kuda dan tertawa. Karena…. ya, lucu ! Kadang kita bertanya sendiri dalam hati. Lho, kok bisa sih? Padahal kan, ..……

Iya, itu karena Tuhan, DIA maha tau, karena itu pula jadinya tereksan "lucu". Kita tak mengutarakannya, tapi kok terkabul, heheh...

Judul dan artikel ini, terinspirasi oleh cerita teman saya yang merasakan "kelucuan" Tuhan saat bulan puasa lalu.

Ia bercerita...

"Mbak, Tuhan itu lucu ya. Kemarin, waktu perjalanan pulang kantor, dalam hatiku berkata, seandainya buka puasa hari ini ada risol yang isinya wortel dan kentang, enak kali ya. Eh, pas nyampe rumah, beneren mbak ada risol, padahal, aku kan gak bilang sama mamaku, kalau aku minta dibeliin risol."

Kami pun tertawa mendengar ceritanya, sambil manggut-manggut... iya ya, Tuhan lucu banget. Mungkin saja, Tuhan yang menggerakkan hati mamanya temen saya tadi supaya ia membuat atau membeli risol di hari itu. Atau, Tuhan menyampaikan keinginan teman saya tadi ke hati mamanya, dengan caraNYA sendiri.

Selain cerita tadi, banyak lagi deh, hal-hal lucu yang terjadi dalam hidup kita karena Tuhan.

Dulu, saya kepengen sekali dalam kamar pribadi saya, ada TV dan tape milik sendiri, tanpa harus gabung dengan anggota keluarga lain. Biar saya puas nontonnya dan bisa sesuka hati gonta-ganti channel. Eh, terwujud! Sampai sekarang, Alhamdullilah saya bisa menikmati sendiri saluran TV mana pun, tanpa harus berebutan remote control sama saudara atau keluarga lain, hahaha…

Dulu juga…..saya kepengen banget ketemu sama si artis ini dan si aktor itu. Eh, sekarang malah, bukan lagi ketemu, tapi saya bisa wawancara langsung, ngobrol bareng dan foto bareng sama artis yang saya pengenin itu. Itu karena, kebetulan  profesi saya yang bekerja di dunia broadcast dan media. Lagi-lagi, Tuhan menunjukkan ‘kelucuannya’. Bahkan, Tuhan  memberikan lebih dari apa yang saya minta, lho. 

Seperti foto di bawah ini nih.. Waktu masih di kampung dulu, ngefans bingit sama si Akang... Pengeeeen banget ketemu sama Kang Mas Surya Saputra, eaalah, setelah saya tinggal di Jakarta, saya malah ketemu dia beberapa kali,  ngobrol bareng pula, hihihihi...

Bersama kangmas Surya Saputa, beberapa tahun lalu :)
 
Bahkan, ketika masa SMU dan kuliah dulu, setiap melihat pesawat terbang melintas di atas atap rumah , uh…pengeeeen banget rasanya naik kendaraan udara itu. Dan gak tau kenapa, tiba-tiba hati saya  berkata: “Suatu saat nanti, saya akan merasakan naik pesawat terbang. Entah bagaimana caranya!”. Eh, beneran tercapai. Bahkan, berkali-kali saya bolak balik naik pesawat, karena tugas kantor atau hal lain. Padahal, saat itu, pengennya cukup sekali aja bisa naik pesawatnya, eh, malah dikasih Tuhan berkali kali.

Banyak lagi deh, hal hal yang saya inginkan terkabul, beberapa diantara keinginan yang terkabul itu, padahal cuma diomongin dalam hati doang, lho.  Ah, Tuhan sangat pengertian, ya. Ia bekerja dengan caranya sendiri untuk memberikan kejutan pada kita. Setiap hari malah, Tuhan memberikan kelucuan untuk kita, tanpa kita sadari. Misalnya, ketika hari ini Anda jalan kepasar, eh ketemu teman lama yang selama ini Anda cari dan pikirkan. 

Atau, pagi ini, ada tetangga sebelah yang memberi semangkuk bubur kacang hijau, makanan kesukaan Anda, yang sudah beberapa hari ini Anda pikirkan untuk memasaknya. Eh, malah keduluan tetangga yang ngasih duluan, hehehe… 
 
Ehmm….Anda yang membaca tulisan ini pun, pasti juga pernah merasakan kelucuan dan kejutan yang diberikan Tuhan, kan?

Read More