Serunya Tukar-Tukaran Kado di Ulang Tahun Kantor



Empat hari yang lalu (30/4), kantor tempat saya bekerja mengadakan acara tukar kado. Kado apapun boleh saja. Makanan, barang elektronik, buah-buahan dan lain-lain, silahkan saja.  

Tapi, ada syaratnya. Harga maksimal barang yang akan dikadokan Rp.20.000. Kado tersebut kudu dibungkus denqan kertas koran, dan tidak menuliskan identitas si pengirim.  Jadi, kita benar-benar gak tau itu kado dari siapa. Misterius gitu ceritanya, biar bikin penasaran, hihihiih

Ehmm, kalau harga maksimalnya segitu, artinya, boleh dong ya beli kado dibawah harga yang sudah ditetapkan, biar terjangkau,  hehehe...

Itu semua kami lakukan untuk merayakan hari ulang tahun perusahaan. Ya, ini sih buat  seseruan saja,  semakin murah harga kado, semakin lucu dan gilee kali ya..

Saya sih, sudah mempersiapkan kado dari rumah, tapi membungkusnya di kantor, sembunyi-sembunyi  pula, jangan sampai ketahuan teman yang lain, hihihih. Tapi, banyak juga lho teman-teman yang membeli kado dadakan di toko swalayan yang ada di sebelah kantor.

Ini dia kado-kado itu
Sebelum acara dimulai, semua kado diserahkan/dikumpulkan dulu kepada si kepala seksi penyelenggara acara, Neng Iren. Trus, kado kita ditulisin angka sama dia. Ini untuk memudahkan penghitungan. Setelah tau berapa jumlah kado yang terkumpul, tim panitia membuat kertas kecil yang bertuliskan angka-angka, sebanyak jumlah kado yang dikumpulkan.

Kertas kecil itu lantas digulung,  kayak kertas arisan gitu lho... Nah, trus, semua yang sudah  menyerahkan kado, mengambil gulungan kertas kecil tadi. Angka yang tertera pada kertas itulah, akan dicocokkan pada angka yang sudah ditandai di masing-masing kado. 

Jadi, jika dapat angka 27, ya berarti kado yang sudah ditulis nomor tersebutlah untuk kita. Bagi yang merasa sudah menyerahkan kado ke panitia, berhak ikutan 'arisan" untuk  mendapatkan kado yang berbeda. Namanya juga acara tukar kado, hehehe

Dan mulailah kehebohan.... Siapa dapat kado siapa?   Apa kadonya..? Tak ada yang tau...

Tukeran kado atau jualan kado nih? hehe

Pekik pekik panitia yang super sibuk mulai meramaikan ruangan. Sambil memegang kado, mereka menyebutkan angka yang tertera.

'"Tujuuuh,  ..siapa yang dapat nomor  7 tadi...?" pekik salah seorang panitia yang kece, tapi gak pakai badai  :)

 "Gue.." seseorang  maju kedepan .

"Nih, kadonya....

Begitu seterusnya....satu persatu mengambil "jatah" kado. Ada yang dapet kado ukuran kecil, sedang hingga besar... Kebanyakan, dapet kado yang wajar dan seimbang dengan harga 20 ribu. Dari mug, lampu senter, tas kosmetik, power bank, tumbler, lulur, handuk kecil, hingga biskuit. 

Begini suasananya...

Sekitar 50 orang karyawan yang ikut bertukar kado hari itu. Semua divisi ikutan, lho. Jarang-jarang ngumpul serame dan seseru itu, kalau bukan karena ultah kantor. Semua pun  syumringah dan cengar-cengir sendiri melihat kado yang mereka dapat.

Begini ekpresi mereka setelah tau kado  apa yang mereka dapatkan...

Ini kado-kado berbungkus koran itu yang berhasil saya abadikan.

Tapiiii, ada satu orang yang mendapat perhatian lebih sore itu. Mbak Vi namanya. Dia salah seorang senior kami. Kado yang ia dapat, ukurannya paling besaaaarrr. Semua penasaran, apa isinya...? Secara logika, kalo dari kardusnya saja sudah besar, otomatis, ini barang mahal atau kerenlah ya. 

Pas dibuka kertas korannya, itu kado dilapisi kertas kado beneran lagi.....yuhu....sepertinya ini kado special.  Senang dong doi. 

Eh, pas dibuka.....eng ing eng......

Ulalalla, ...isinya  ternyata.......  sebongkah batu dan satu buah permen kojek.. Oh,..ada yang iseng rupanya  dengan memberi kado kosong.... du..du..du...

Ngikiklah satu ruangan melihat ekpresi Mbak Vi, yang awalnya bahagia dapet kado special, eh ternyata dia tertipuuuhhh. hihihi... Sudahlah nomor kadonya 13 , ealah.... dapet zonk pula.

"Gak apa apa, kalau gak begini, gak seru!" begitu kata Mbak Vi.


Ini dia yang mendapat kado Zoonnkk!!

Ketika acara telah usai, terdengar di telinga saya, mbak Vi bilang begini kepada seseorang yang ada di dekatnya. "Yah, saya juga taulah siapa orang yang ngasih kado itu. Siapa lagi kalau bukan  Z.  Cuma  Z  yang suka iseng "

Ow..ow..ow.. Z  itu siapa mbak..? hehehe....

Tapi, ada juga lho yang beruntung mendapatkan kado, yang menurut perkiraan saya, harganya diatas 2o ribu. Seperti teman kita ini... .yeyeye... dia dapat panci. Bungkusnya  besar, tapi sepadan dengan isinya...dia tidak tertipu, hehehe...


Senangnya dapat panciii ....kado yang berguna...

Trus, daku dapet kado apa ya...? 

Nah... ini dia nih rezeki yang kudapat di acara seru itu. Pencukur kumis mis..mis... Saya menduga, ini sih cowok yang ngasih, hihihi. Lumayan, dapet alat ini buat mencukur bulu ketiak dan bulu hidung, hahaha....

yeyeye, ini kado yang kudapat...

Itulah seseruan ala kantor kami untuk menambah semangat 16 tahun perusahaan. Sebelumnya, ada acara makan-makan dulu dong. Salah satu teman ada yang membawa nasi tumpeng, puding, dan cake ulang tahun...yuhu.... kenyang deh. Makasih ya buat yang memberi tampolan buat perut kami hari itu. Semoga, tahun depan, moment seru penuh kenangan ini terulang kembali. Semoga lebih asyik dan tambah ramai. Amin... :)

Tumpengan yuk...

Ngomong...ngomong, apa dan bagaimana perayaan ultah kantormu, komunitasmu, atau keluargamu..? 


Gak  nyangka ya, kita makan makan lagi di Ultah kantor.. (foto:Ais)


75 comments :

  1. Buat apa tuh mba pencukur jenggot'a? Kasih suami aja :D ato jangan d pke buat kenang"an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kalau pencukur kumisnya dikasih buat kamu saja, hehehe.... Atau buat kenang2an terus aku bingkai, hahaha..

      Delete
    2. Sini mba buat saya aja, buat knang"an hadiah dri mba Eka :D

      Delete
  2. Itu batu jangan jangan akik?
    Hmmm....
    Terus permennya di emut saat gosok batu. Huahaha...

    Btw, itu pencukur kumis buat apa coba hmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau batu akik mah, beda hebohnya tentu, itu batu yang dibungkus kado adalah batu yang sering kita temuin di jalanan, hihihihi......pencukur kumsisnya bisa dipake buat cukur bulu ketiak dung..hihiih

      Delete
  3. hahahah dulu pas dikantor lama srg ngadain acara gini nih mba... batas hrg ditetapin 50 rb dan ga boleh makanan ;p... aku lumayan beruntung dapat frame bagus.. tp ada 1 temen co yg dpt sabun cair body shop 250 ml. hahahaha dia lgs ilfil gitu, dan mintatukeran ama aku :D. Ayok aja mah...aku mlh seneng dpt sabun body shop ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru ya mbak acara tukar kado..happy dan berkesan...kalau kita cewek mah, seneng2 aja ya dapat body shop, tapi kok cowok gak mau sih, padahal itu kan bisa dipake juga sama dia, ...hehehhe

      Delete
  4. wihihihhi, acara begini nih yang mempererat hubungan karyawan.
    di kantor mama saya juga ada acara beginian :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, ya, kantornya mamahnya Jeverson juga seseruan tukar kado ya... asik, betul bisa tambah lengket dgn sesama karyawan...

      Delete
  5. Kasihan yang dapat zonk :(
    Padahal bungkusannya gede. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan ya..?? Yuk kita tolongin, hehehe

      Delete
  6. Biasanya tukar kado kalo lagi ada Gathering haaaa. Susah juga kalo beli kado harga maksimal 20ribu haaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru semakin murah harga, semakin bikin kreatif mau di kasih kado apa, hehehe

      Delete
  7. Saya melihat artikel ini benar benar briliant. Good idea. Sudah lama memang acara tukar tukaran KADO ini juga ingin diselenggarakan di lokasi kerjaan saya. Namun wacana itu masih sebatas wacana , karena Petunuk teknisnya masih dalam bahasan. Senang dengan adanya artikel ini, jadi kami bisa belajar bagaimana cara memulainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas Asep...Laksanakan tukar kado di tahun depan, hehehe..btw, perayaan ultah kantormu yang bagi-bagi koran di jalan raya, itu juga kece lho..:)

      Delete
    2. tapi ngomong-ngomong petunuk itu apa ya kang

      Delete
    3. Petunuk itu maksudnya petunjuk mas Thanjawa.., kang Asep kurang nulis huruf "J", hehehe... Petunjuk mekanisme atau tata cara acara ini maksudnya, hehehe

      Delete
  8. Wah seru nih kayaknya kalo di kantor saya ada acara kaya gni klo ultah kantor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mas..ayo lanjutkan tradisi ini, hehehe..seru lho....

      Delete
  9. Pudingnya bikin mata langsung melek ni mb, hehehhe
    asyk banget ya bisa tukeran kado, baru2 ni kantorku juga ultah tapi cuma tumpengan dan nonton bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puding orange memang menggoda selera ya...hehehe... wah selamat ultah ya untuk kantornya Gusty...hehehe

      Delete
  10. wuihh, udah lama banget aku ga ngerasain momen kayak gituh mbak. terakhir pas esempe deh. hahahahaa

    jadi, punya ide buat ngasih kado apa buat ultahnya si pacal. hiks

    betewe makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahaha, asik dong, dari SMP sdh tukar-tukaran kado... dpt kado apa tempo hari ini, heheh..#kepo... Tengkyu juga Astari..

      Delete
    2. kalo ga salah dapet bingkai poto ukuran mini mba, barangnya masih ada tuh dirumah ;)

      Delete
    3. jadi kenangan ya bingkai fotonya,....hehehe...

      Delete
  11. seru ya mba bisa tuker2 kado kaya gitu
    kasian mba yang dapet zonk

    ReplyDelete
  12. Seru mbak seruuuu!! Hahaha....kalau ga ada acara gt jarang ngumpul semua ya! Saya dan suami pernah dtg ke acara tukar kado gt..sudah dapat semua, diputar lagi kadonya,dan dia dapat kadonya sendiri...berupa kalendar kecil yg bergambar kartun model Mince dan siapa itu (kompas)...wkwkwkwk...dia ga mau tuker lagi!
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahaha, ada juga yang peraturannya sudah dapat kado, trus diputar lagi, hehehe... Lebih seru ya mbak..

      Salam kenal juga.

      Delete
  13. Replies
    1. yoi mak, seru habeeess, bukan masalah harga kadonya, tapi hebohnya dan kebersamaannya, hehehe

      Delete
  14. seru kalau acara tuker2an kado. Suka penasaran kita dapet apa hehe

    ReplyDelete
  15. Heboh banget acara tukar kadonya mbak, ada kado zonk segala

    ReplyDelete
    Replies
    1. zonknya justru yang bikin seru meriah, hehehe

      Delete
  16. Seruuuu yaaa...itu mayan panci *ibu2 bangettt xD
    Btw selamat dapat cukuran mayan buat keti xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh... kado cukuran justru berguna buatku, hihiih

      Delete
  17. Waa...ini kayak jaman saya kecil. Namanya kado silang, biadanya tuker-tukeran kado isi makanan klo abis lebaran. Btw..ultah kantornya seruuuuuu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, asik dong mbak dari kecil sdh tukar tukaran kado, kalo aku, pas sdh gede begini ngerasain acara ini, hehehe

      Delete
  18. Mbak, aku jadi ngikik sendiri baca ini. Seru yaa, kadonya unik-unik. Mana itu kepikiran ngasih panci segala. xD
    Kalo perayaan ulang tahun yang rutin sih di organisasiku. Resmi aja sih, tapi tetep seru karena selalu dibikin dag-dig-dug serr dengan kejutan ketua baru yang terpilih tiap tahunnya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, asik dong ada kejutan tiap tahun..apa tuh..hehehe..tapi, tukar kado tetap lebih seru kali ya, hihihi

      Delete
  19. weru banget acara tuker kadonya hahaha, dan yang sial yang dapet batu ama permen kojek hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi ...budaya sederhana tapi bikin happy, heheh

      Delete
  20. pernah kerja,tapi dikantor belum ada kyak begini,bagus,tjuannya biar mempererat hubungan, eh itu dapat zonk,pasti pada ngakak -_-
    lain rezeki hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah...ini juga baru pertama kali kok kantor kami ngadain, mudah-mudahan tahun depan ada lagi, hehe

      Delete
    2. amin,semoga tahun depan ada lagi ,trus ada aku, pegawai baru disana hahah
      *ngayal

      Delete
  21. seru banget acara tuker kadonya, dikantorku ga ada acara gituan -_-

    ReplyDelete
  22. sayang karyawan ditempat saya baru ada 3orang :D
    kayaknya seru kalo ada zonk nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau org, gampang ketahuan dong, siapa yang dapet kado siapa, hehhe

      Delete
    2. ehehe, iya mba, soalnya dikit banget karyawan disini nya :D

      Delete
  23. kasian banget tuh yang dapet zonk,, tapi seru juga yah :D

    ReplyDelete
  24. wah acaranya seru banget mbak.hehe kasian yang dapet zonk.itu yang dapet panci beruntung ya mbak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh.... biar zonk, tapi doi tetep ceria kok, hehehe

      Delete
  25. maksimal nominalnya 20 k?
    ho ho ho

    menarik ne mbak
    kapan2 kalo kantor saya ultah pengen ngusulin juga

    eh siletnya kalo ga kepake, kirim ke saya ajaaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..hanya 20 ribu saja, semakin murah semakin seru dan konyol, hehehe....mau siletnya..? Kesini dong, #eh...

      Delete
  26. Dulu acara tukar kado, saat perpisahan sekolah. Ada yang bawa kardus besar bekas kardus TV. tapi isinya Nangka

    ReplyDelete
    Replies
    1. wowowo..sesuatu nangka...mendingan daripada cuma permen doang..hihiih

      Delete
  27. Bahahah.. Ada yang dapet zonk.. Kaciyan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kaciyan, ayo dong dibantu Deb, hehehe...

      Delete
  28. kasian banget tuh yang daprt kado zonkkk,, :D :v

    ReplyDelete
  29. waaaah seru bangeeeet acara tukeran kadonya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mbak...bikin heboh deh, meski kadonya cuma 20 ribuan, hehehe

      Delete
  30. Gak tahu kenapa kalau ada seseorang yang ulang tahun itu suka di siram air yang kotor + telor + tepung bukannya di kasih kado yang banyak ini malah jadi kaya Fried chicken hahaha. Tapi tiap orang berbeda-beda kalau merayakan hari ulang tahun yaa mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, yoi..kebiasan /tradisi orang beda-beda....ditimpuk pake telor juga bisa jadi kenangan manis, walaupun kesal, hehehe

      Delete
  31. seru ya mba acara ulang tahunnya pada tukeran kado hehe
    aku makan tumpengnya ajah deh mba soalnya aku engga dapet kado :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho, tumpengnya enak lho..buatan temen ku sendiri, bukan beli..jadi bumbunya lebih meresap, hehehe

      Delete
  32. seruuu ya, ada yang dapet pancii.. bergunaaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoo oh..lumayan buat ngerebus daun singkong,hihihi

      Delete
  33. teman2..
    dikantor saya juga sudah diadakan acara tuker kado min.50 rb..
    nah..ada temen yg terima kado saya, dan marah2 krn dpt kado berupa handuk yg saya beli, range harga 50 rb, namun dia mrh2 krn menganggap kado itu tdk senilai itu..
    malah dihina tipis dan handuk tukang beca..
    Wah, rasanya luar biasa terhina bgt, dan perasaan saya ga enak bgt..
    Menurut temen2, saya hrs perbuat apa.. krn perasaan saya sedih bgt.. Masak sih.. acara sukacita gini, dibuat tdk hubungan mjd enak.. dan semua org tau.dan saya merasa dipermalukan...tolong advicenya agar saya hrs berbuat apa utk tmn saya itu dan tmn2 lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, itu lah kenapa rahasia si pengirim kado itu harusnya dirahasiakan, untuk menghidari hal hal yang seperti ini nih... Lagipula, ini kan acara seseruan aja, gak pantas juga mau marah2 kalo kadonya dianggap tak sesuai nilainya,.

      Menurut saya, ya kamu tak perlu melakukan apapun, justru dengan melihat temanmu yg seperti itu, disitulah kamu dan teman teman yg lain menilai pribadinya seperti apa..:))

      Delete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?