Handphone, laris bak tahu goreng.

Foto : msm-infobaca.blogspot.com

Hare gene, gak punya handphone...? Duh, rasanya gimana gitu, ya. Yakin deh, dari anak SD, SMP, SMU apalagi yang sudah duduk di bangku kuliah, sudah gaya nenteng handphone. Biasanya, semakin tinggi tingkat pekerjaan orang tua, semakin mahal pulalah gadget si anak.

Nah, jangan tanya bagi mereka yang sudah bekerja dengan gaji yang mumpuni, pasti gonta-ganti. Setahun bisa dua kali ganti model atau merek. Alasannya, kan gue sudah kerja, sudah punya duit sendiri...:)

Teman saya, contohnya, smartphone samsung S4 miliknya seharga 7 jutaan, hilang, diduga ketinggalan di taxi... Kirain dia bakal sedih atau grasah grasuh dong, ... eh, enggak euy ternyata, hanya selang beberapa hari, dia malah beli iphone 5, yang tak kalah mahalnya dengan smartphonenya yang hilang... *garuk tembok

Yuhu, ngomongan gadget yang satu ini, gak akan pernah habis. Model terbaru keluar dengan diiringi tehnologi yang semakin canggih, maka orang-orangpun akan mengincarnya.

Jadi, handphone atau smartphone di masa kini, tak hanya berfungsi untuk komunikasi dan interaksi semata, tapi juga demi gengsi dan gaya... Prestise gitu istilah kerennya. Jadi, gak perlu heran kali ya kalau handphone itu larisnya bak tahu goreng..

Ragam Handphone (foto : ragam.cuek.biz)

Beberapa bulan lalu, saya jalan ke mall dan nangkring sebentar disalah satu counter HP merk A. Kepo, saya bertanya pada karyawannya. Sehari biasanya terjual sampai berapa, mas?" Dia menjawab, dalam sehari bisa terjual 8-10 HP, tapi kalau weekend, bisa sampai 15 item yang terjual....wow....

Teman kos saya, kebetulan ada dua orang yang bekerja di counter HP merek terkenal. Saya kepoin juga semalam. Pertanyan yang sama, saya ajukan pada Gisti dan Susan.

Gisti, yang sudah beberapa tahun ini bekerja di counter smartphone merek ternama, mengaku bisa menjual gadget itu 10 item dalam sehari. Kalau week end atau tanggal muda, bisa mencapai 20 item yang terjual....wow lagi..

Saya juga bingung, kok ada saja ya orang yang beli handphone tiap hari?” kata Gisti.

Saya tak hanya bingung, tapi takjub. Itu barang mahal lho, yang murah saja, kisarannya 500 ribu hingga sejutaan, apalagi yang kelas middle. Du,..du..du....

Jawaban senada juga di lontarkan Susan, mantan karyawan counter handphone di salah satu ITC. Dalam sehari, counternya bisa menjual 10 item... wow lagi deh.

Ck..ck..ck.. bisa selaris itu ya si phone-phone..., padahal, secara logika, rata-rata orang yang beli handphone itu, adalah orang -orang yang sudah punya handphone juga. Iya, kan..? Ssst,..kata Gisti, walaupun persaingan di masing-masing counter begitu kencang dan tegang, tapi mereka mensiasatinya dengan bermain harga. Maksudnya, mereka gak akan mematok harga tinggi, karena kosumen akan pindah ke counter sebelah.

"Kami berprinsip, konsumen jangan lari. Maksudnya gini, kalau handphone yang kami tawarkan harganya Rp.2.500.000 atau Rp.2.300.000, lantas si konsumen menawar Rp.2.000.000. Nah, kalau modalnya Rp. 1.950.000, maka handphone itu akan dilepas atau dikasih." begitu penjelasan Gisti
  
"Loh, bearti kalian untungnya dikit dong.?"

"Iya, gak apa-apa, yang penting konsumennya beli "

Ouw, jadi begitu sodarah sodarah...karena ini menyangkut persaingan, maka berani bermain harga. Ya, bayangin saja, kalau ke mall, coba perhatiin, itu counter sebelah-sebelahan, depan-depanan, bahkan mungkin sikut-sikutan.. #eh..

Salah satu counter handphone

Nah, jadi, kalau sehari terjual 10 handphone, dalam sebulan, bisa terjual 300-an dong. Itu baru satu merek, nah, sekarang kita punya sekitar 20 merk handphone, dari yang terkenal, hingga yang biasa-biasa saja. Kalikan saja, 300 Hp dikali 20 merek dikali berapa banyaknya counter HP se Indonesia. Wew, ngeri ngebayanginnya..  Itu handphone atau tahu tempe ya... kok laris manis bingit yak....tapi sayang ah gak bisa dikunyah...:D

Jadi penasaran, mereka beli karena butuh, gaya, atau bosaann? Iya, bosaaaan dengan model yang sudah dipakai setahunan, trus dijual dan beli baru lagi deh. Satu orang, tak jarang kita melihat ada yang menggenggam 2-3 handphone, gileeee. Entahlah, tentu banyak alasan orang untuk membelinya. Kaya ya orang Indonesia, hihiihii.... Katanya krisis moneter...#eh...

Nah, buat yang baca ini, ada berapa sih handphone kamu saat ini....hayo ngaku...

Ini smartphone yang ku mau.. Entah kapan akan memilikinya (foto :trangcongnghe.com)

40 comments :

  1. Replies
    1. yoi..sdh laris, ditambah gempuran iklan..tambah laris mansi deh...hehehe

      Delete
  2. ya ya betul sekali..untung dikit yg penting customer nggak lari...untung banyak tapi yg beli cuma satu...sama aja boong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pedagang, kudu pinter-pinter bertaktik jitu ya mbak..:)

      Delete
  3. Hmm.... ya gitulah. namanya orang pingin gengsi. hahaha

    cuma punya satu mbak, ini aja besok juni udah setahun bareng gue. hihi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm..krn masih sekolah, jadi cuma punya satu,,trus kalo sdh kerja..jangan---jangaaaan nih...punya 3 , hihihiih

      Delete
    2. saya waktu sekolah malah ga punya mba, jadi ga punya pacar deh waktu sekolah.tragis bner yah..

      Delete
  4. Aku lagi mikir pengen nambah hp mana haaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoh..lagi banyak doku nih kayaknya, ihihihih

      Delete
  5. Ya ampuunnn...10 item di hari biasa, itupun baru satu merk...uwow..gk nyangka mbak, baru tau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mbak..aku jg baru tau, kalau kita lihat counter hp, kayaknya gak terlalu ramai ya orang yg masuk counternya, tapi rupanyanya ada saja yg beli..:)

      Delete
  6. kirain ini postingan ngereview produk hp haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh, ternyata membahas penjualan hp...hihihih

      Delete
  7. Boro-boro yang 7 juta, wong yang 600ribu aja nggak bisa beli. Heheheh. salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...toss dulu...salam kenal kembali, Dzaky..;)

      Delete
  8. bner nih counter yang sebelahan biasanya suka sikut-sikutan soal harga, klo yg sebelah pasang banner murah, yg sebelah lebih murah lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia, berebut cari perhatian calon pembeli...:)

      Delete
  9. saya punya 3, dikasih satu sama adek tinggal dua bb sama samsung.hehe
    tapi saya beli yang kisaran harga gressnya 800an sih mba jarang yang mahal, cuman pengen ngambil bbmnya doang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, asyik dong dikasih hp..mau dong atuk..hehehe...btw, iya, org beli BB, biasanya krn ada BBM nya doang.

      Delete
    2. bbm sudah menjadi sarana berbisnis soalnya mba, kalo ga ada bbm dimana lagi saya bisa promosi.hehe

      Delete
  10. Aku sih bukan tipe yang gonta ganti hp kok mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak...kecuali kalau hp nya memang sdh lemot dan bermasalah ya...:)

      Delete
  11. yang lain make android
    gue pake hp symbian

    #guemahgituorangnya
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa pake symbian, yg penting tokcer, hehehe

      Delete
  12. SEkarang aku baru beli Hape kalo hapeku wis rusak, ngga kaya jaman muda dulu ada model baru kepengen ganti hehehe

    ReplyDelete
  13. kalo hp ada 2, satu hp jadul banget dan satunya lagi smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ada dua mbak, tapii beda fungsi.
      Loh..? piye.. hehehe

      Delete
  14. wah jaman sekarang hidup tanpa hp g jaman x yah. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hp itu penting kok,...banyak fungsinya....semakin modern, semakin bertambah pula fungsinya, hehehe

      Delete
  15. Saya termasuk orang yang kalo sudah punya handphone, apalagi kalo sudah banyak kenangan, emaaaan untuk ganti handphone yang baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo handphonenya mahal, kece dan gak bermasalah, saya juga malas untuk ganti mas, hehehe

      Delete
  16. aku tipe yg setia ama gadget....hp skr aja udh 4 thn ga ganti..makanya dlm wkt deket udh hrs beli baru krn yg ini udh mulai mati idup ;p... Prinsipku simple sih mba... beli hp yg berkualitas, walopun mungkin mahal, tp bisa tahan ampe lama..minimal 4 thnan.. Daripada beli hp tiap thn ato tiap bulan, mending uangnya aku pake utk traveling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak..hape ku jg sekarang sdh megap-megap..perlu diganti, hehehe

      Delete
  17. Aku belom ganti hp, Mbaaak.. Sejak bb rusak, malah ngerampas hp Mama yang cumak bisa teleponan en smsan doank. Wkwkwk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung ngerampas punya mama sendiri, kalo ngerampas punya orang lain ?hehehe

      Delete
  18. Blogwalking :) mbak http://www.zafarsitinjak.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  19. Rata2 pengusaha handphone memang ambil untung tipis sih, aku tau dr bbrp tmn yg bisnis di bidang ini, 50rb itu udh bagus :D

    Aku cuma pake 1 hp, blm ganti klo blm rusak biasanya

    ReplyDelete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?