Gara-Gara Busana Mini


Kemarin, saya menghadiri sebuah acara yang  mengundang banyak kalangan.  Dari anak muda sampai usia lanjut, dari rakyat biasa,  wartawan, sampai pejabat. 
Di sesi talkshow  ada 4 nara sumber, dua wanita dan dua pria, masing-masing menyampaikan kisah dan pengalamannya, berkaitan dengan acara yang tengah dilaksanakan. Mereka duduk di atas stage/ panggung. Salah seorang nara sumber wanita mengenakan baju langsungan atau  sackdress  yang berukuran sekitar 5 cm di atas lututnya.

Saat awal acara berlangsung, saya tak begitu memperhatikan busana dan ada apa dengan kondisi "duduknya".Tetapi, lama kelamaan, karena jenuh kali ye,  saya tidak lagi memperhatikan apa yang ia sampaikan, tapi justru "terkesima' dengan sesuatu yang rada kurang enak dilihat.
Rupanya,  sepanjang acara berlangsung, kurang lebih satu jam,  maka selama  itu pula ia duduk di panggung  dengan kondisi hampir setengah pahanya terlihat. Ini bikin gak nyaman. Yang bikin risih lagi, antara dua paha yang terkatup rapat  dan rok, ada celah yang mengintip. Nah, tambah dobel gak nyaman deh ngelihatnya. Apalagi  posisi panggungnya lebih tinggi sekitar 50 cm dari lantai  audience. Tambah tajem deh terlihat celahnya..:) 

Memang  sih, gak sampai terlihat  celana dalamnya, tapi tetap saja gak enak. Padahal, jarak antara panggung tempat nara sumber berbicara dan audience hanya sekitar 5 meter saja. Kursi dibagian paling depan diisi oleh  Bapak-bapak pula....aeh.. Saya saja yang duduk paling belakang, urutan ke 7 dari depan, ngilu melihatnya, apalagi yang duduk paling depan ya, hehehe...

Ketika ia sedang berdiri, memang sih tidak terlalu terlihat  pendek  bajunya, walau diatas lutut. Tapi, ketika duduk, baju langsungan/sackdress yang dipakai akan beringsut  naik keatas mengikuti posisi tubuh. Karena itulah, hampir separuh pahanya terpamer, dihiasi pula dengan celah kosong yang mengintip hingga ke dalam, karena busananya yang ketat. Kalau busana pendeknya model yang  mekar, mungkin celah tadi gak akan terlihat , karena bahan rok yang lebar akan jatuh menutupi celah.

Andai pula si narasumber saat itu berbicara dengan posisi berdiri, mungkin akan baik-baik saja. Tapi, kalau duduk dengan posisi panggung yang lebih tinggi dari kursi audience pula, ya tambah tajem deh terlihat, hehehe...

Mirip seperti ini busana yang dikenakan (www.dinomarket.com)
Kapan hari, saya pernah membaca artikel (lupa blognya siapa) yang memposting tentang bagaimana kita harus mengenakan busana ketika tampil di khalayak ramai. Apakah harus berbaju batik atau santai,  termasuk pertimbangan apakah cocok mengenakan  rok/ busana pendek  atau celana panjang. O...o..o,  ini toh maksudnya, hmmm....
Iya ya,  kita  harus tepat memilih busana yang kita pakai pada saat menjadi narasumber, MC,  moderatar atau apapun itu yang berhubungan tampil di depan umum. Kudu melihat sikon dan siapa audience kita. 
Untunglah, si nara sumber yang saya ceritakan disini bukan artis. Kalau nggak, mungkin saja ada wartawan iseng yang menjepretnya, trus fotonya beredar dan jadi bahan perbincangan publik. 
Penyanyi  Syahrini dan Krisdayanti pernah kepergok kamera wartawan saat mengenakan rok pendek hingga terlihat celana dalamnya saat  mereka manggung. Nah, sudah tau kalau  manggung  bakalan ditonton orang banyak, terus pake adegan jongkok/duduk  untuk mendekati penggemarnya yang ada dibawah panggung. Karena posisi seperti itu, ya terlihat deh  pakaian dalamnya, trus fotonya beredar dar...dar...
So,  untuk menghindari  hal-hal tersebut, memang kudu lebih peduli ya terhadap situasi dan kondisi serta apa yang akan kita kenakan, supaya gak salah kostum atau bikin gak nyaman diri sendiri maupun orang lain. 
Nah, apakah Anda pernah mengalami  salah kostum atau kondisi dimana Anda tak nyaman memakai busana ?

34 comments :

  1. Pernah tidak nyaman ketika mengenakan busana, ketika OSPEK! -_- *itumah seragam* hahhaha
    rok mini, jadi inget lagu dangdut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoh, jadi ke inget OSPEK juga nih gue, hehehe....Dulu, disuruh sm seniour pake topi ulang tahun bentuk kerucut dan nyedot empeng bayi.., itu emeng termasuk gak nyaman juga, tapi seru..bukan ngilu, hehehe

      Delete
  2. Pernah mbak eka, ya waktu kondangan jg. Waktu itu pakek pashmina gitu. Ala ala hijab dililit lilit gitu. Hijabmya udaah bagus eeee tapi malah nggak nyaman, cz waktu itu sinar matahari tengah nyentrong nyentrongnya, jadi udara panas pun tersebar dimana mana. Beuugghhh, waktu itu rasanya pengen tak copot copot aja tuh hijab. Saking panasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh..pake jilbab pashmina gitu ya mbak. Pashmina kan emang tebal ya, dan biasanya bahannya panas, trus ditimpa matahari pula....ah,aku bs merasakan...hehehe...

      Delete
  3. Untungnya gue nggak pernah salah pake busana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bagus tuh mas, bearti mas Fikri benar2 mempertimbangkan acara yg akan dihadiri cocoknya memakai apa ya.. hehehe

      Delete
  4. pernah sih salah busana saat ngampus, pake kemeja yang kekecilan, pas duduk bagian belakang nya keliatan (-_-tulang ekor ke bawah), meski pake baju daleman, tetep aja gak nyaman,,
    sepanjang hari itu tangan sibuk narik-narik tuh kemeja,,, dan itu sangat gak nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, jaman kulaih dulu, aku jug suka begitu mbak.. krn dulu model baju, entah itu kaos atau kemeja ketat, ya pendek-pendek ukurannya... kalau sekarang, bajunya sdh mulai panjang ukurannya, hehehe

      Delete
  5. wah, mungkin nara sumber ini mau nyar i pacar dengan cara dia sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoho, wah, mas Jeverson bisa aja..;)

      Delete
  6. Kayaknya yang lain adem-adem aja liatnya mbak *eh kakakkakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoho..... apa cuma aku aja yg terlalu jeli memperhatikan ya, hiihih

      Delete
  7. pernah mbak, pake celana tapi celananya metet2...jadi semua body berbentuk...alhasil nggak pede..makanya sekarang pake rok terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihh, aku jug gak pede pake celana ketat model legging yg bahannya lemes, itu mah nyetak bingitss... kalau bahannya agak keras, masih mending, hihihi..

      Delete
  8. Replies
    1. Wah..emangnya pake baju apa mas, dan acara apa..?

      Delete
  9. beberapa waktu yang lalu saya baru saja bikin postingan ttg ada yang pakai rok mini di warung bakso. mungkin dia fine2 aja, tapi yang ga enak tu yang ngelihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe, wah pernah juga membahas hal yang sama ya mas..iya sih, bagi si pemakai busana, biasa saja kali ye, kita yg melihat rada-rada semriwing, hihihi

      Delete
  10. Emang gak dikasih bantal ya, buat nutupin?
    kayaknya ini terkhusus utk para wanita deh, cowok mah bebas.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada bantalnya mas. panitianya juga mungkin gak nger kali ye.Yg ngeh cuma audiencennya. mungkin saya yg paling jeli kali ye, hehehe..

      Kalo cowok emang gak mungkin pake rok mini. asal jgn pake celana pendek aja ya, hehehehe

      Delete
  11. kadang bukan saltum sih, aku pakai baju rapih eh ternayta yang lain santai. Giliran aku santai kok yang lain rapih. Gini nih kalau gak jelas dresscode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa mbak, selagi masih sopan mah, fine -fine saja kali ye, hehehe

      Delete
  12. Makanya yang memakai rok mini kadang suka menutupi dengan bantal kecil ketika duduk, ya. Tapi, sebaiknya ketika kita diminta jadi narsum, tau kondisi lapangan. Biar gak saltum. Atau cari yang aman pakainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho.oh.. jadi narsum emang kudu memperhatikan dan mempertimbangkan busana yg dipakai spy bs memberi kenyamanan tuk diri sendiri maupun audience..

      Delete
  13. biasanya saat duduk ditutup pake bantal ya Mbak, kalo aku lihat di tv... hehe...
    tapi ya tetep ndak nyaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya, gak ada bantal yg tersedia pd saata acara itu mak...hehehhe...yg gak nyaman yg melihatnya, tapi bagi yg mengenekan bajunya, bagi dia biasa aja kali, heheh

      Delete
  14. nah pada kasus Mbak Eka, kok justru yang gak nyaman adalah yang melihat. bukan yang mengenakan bajunya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihhi, iya... yg pake baju mininya biasa-biasa saja, kok saya yang jadi galau, hahaha

      Delete
  15. In Shaa Allah belom pernah, Mbak.. Selama ini pakek baju yang nyaman aja. Celana atau rok panjang.. Hihihi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Beby...Syukurlah kalau belum pernah ngerasain pake baju yg gak nyaman....hehehe..
      Kalau salah kostum atau kostum yg gak nyaman, bikin gak pede dan malu, lho... :)

      Tul, gak..?hehehe

      Delete
  16. Jadi penasaran semini apa baju nya #Dikeplak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi..saya sih ada fotonya mas, tapi emang sengaja gak di publish disini, kasihan orangnya. Lagian gak etis juga, hehheehe

      Delete
  17. Pernah sih Mbak, pake long dress yang ternyata kalo saya pake agak ketat.. Lupa aku pas kapan, pokoknya ga enak banget. kan risih Mbak, berhijab tapi pakaiannya ketat. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyadarnya telat ya, hehehe ..tapi untung nyadar, kalau gak nyadar, gimana tuh, hihihi

      Delete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?