Goodbye Hansip


Pak Hansip. (Sbr gbr :kaskus.co.id)
Seragam hijau, topipun hijau.

Sepatu booth hitam dan eits...pentunganpun hitam, biasanya nyantol dibagian tali pinggangnya. 
 

Itulah khasnya Hansip..!

Kalau sudah memakai seragam “kebangsaan” itu, sosok Pak Hansip pun akan terlihat gagah dan disegani. So, kalau ngomongin Pertahanan Sipil, sebagai kepanjangan dari Hansip, pasti langsung teringat dengan gambaran diatas.

Dikenal dengan sebutan Linmas (Perlindungan Masyarakat), Hansip adalah salah satu satuan pertahanan dan keamanan yang dibentuk oleh pemerintah di Indonesia. Berdasarkan Keppres No. 55 tahun 1972 bahwa Organisasi Pertahanan Sipil dalam sistim Hankamrata merupakan komponen Hankam dan komplemen ABRI

Biasanya, kita melihat Hansip di area kelurahan, atau di kampung kampung, karena emang itulah ranah pekerjaan mereka. Kalau ada keramaian atau acara kampung, yang dihadiri oleh pejabat kelurahan atau pejabat pemda, biasanya ia akan muncul, menjaga keamanan dan ketertiban.

Hansip identik pula dengan pos ronda. Ehm, kalau yang terakhir ini, sih saya terpengaruh oleh film atau sinetron di TV yang kalau menyuguhkan adegan Hansip, selalu ada background pos ronda, atau jalan-jalan kampung, hihihi.

Ehm, jujur, sampai sekarang, saya sih gak ada cerita khusus atau belum ada kenangan yang berkesan dengan Hansip. Karena saya jarang melihat Hansip “berkeliaran' di kampung kami. Tapi, meski begitu, saya kaget juga ketika mendengar organisasi ini akan dihapus. Karena Hansip itu dekat dengan warga, dan tidak sok gagah-gagahan, menurut saya. 

Ya, beberapa media elektronik, online ataupun cetak, belakangan ini ramai memberitakan kalau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencabut Keputusan Presiden Nomor 55/1972 tentang Penyempurnan Organisasi Hansip dan Organisasi Wankamra. Rencananya sih, per tanggal 23 Oktober, 2014 keputusan ini akan diberlakukan. Sebulan lagi, bro.. 
 
So, pencabutan Keppres tersebut menyebabkan keberadaan Hansip dihilangkan dari struktur organisasi pemerintahan, alias dibubarkan...

Memang sih, kalau Presiden membubarkan, pasti ada pertimbangan dan alasan yang matang tentu. Salahsatu alasannya yang baca di viva.co.id, peran Organisasi Pertahanan Sipil atau Hansip, tidak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Sedangkan di detik.com, alasan penghapusan Hansip, ya, karena sudah ada satpol PP yang bisa menggantikan peran Hansip, meski fungsi mereka berbeda. 
 
Hansip, dibutuhkan tuk menstabilitaskan keamanan dan ketertiban warga tingkat RT/RW. Bahkan, jika ada bencana alam, atau hajatan besar seperti Pemilu pada bulan April lalu, peran Hansip sangat membantu. 

Hansip di hajatan Pemilu 2014  Sbr gbr http://news.liputan6.com

Sedangkan Satpol PP, lebih condong kepada penegakan Perda (Peraturan Daerah). Seperti Perda tentang larangan berjualan di trotoar atau di kaki lima. Jadi, gak usah heran, kalau melihat Satpol PP bertindak “garang' ketika membenahi para PKL, karena mereka sedang bekerja tuk menegakkan Perda. Meski begitu, kalau tuk urusan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Satpol PP juga ikut berperan didalamnya, hanya penerapannya tidak sampai ke tingkat RT/RW.

So, kalau beneran Hansip akan dibubarkan, dan perannya akan digantikan Satpol PP, bearti Satpol PP yang tadinya hanya ditingkat Kotamadya atau Provinsi, nanti akan ada di tingkat kelurahan dan RT/RW  juga dong, tentunya.

Satpol PP, dan Hansip. Berdampingan. (Sbr gbr: humas-banyumas.blogspot.com)


Terkait hal ini, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso rencananya akan menampung para Hansip. 
 
Langkah yang pertama dilakukan adalah memberikan pendidikan bagi 300 Hansip yang berada di DKI Jakarta, terutama pemndidikan tentang Peraturan Daerah (Perda) yang menyangkut HAM dan sebagainya. Pendidikan tersebut, bertujuan agar para Hansip mengerti tugasnya nanti saat diberdayakan oleh Pemprov DKI, agar mereka dapat menjadi juru penerangan. Kalau sudah mendapatkan pendidikan, para Hansip dapat melaksakan perannya di tengah masyarakat meskipun tidak masuk menjadi satpol PP.

Ini baru sekedar rencana, sih. Tapi, yah..mudah-mudahan terlaksana, agar para bapak-bapak Hansip bisa dapat pekerjaan. Karena, kalau organisasi ini jadi dibubarkan, ya, bakal banyak yang jadi pengganguran toh.? Padahal, banyak dari mereka yang usianya tak muda lagi, rata-rata berumur kisaran 40 tahun keatas, dengan jumlah tanggungan keluarga yang tak sedikit. Pendidikanpun kebanyakan hanya tamat SMU sederajat. Sudah susah tuk cari pekerjaan baru. 
 
Ehmmm, ngomongin Hansip yang akan dibubarkan, saya jadi teringat candaan beberapa teman yang bilang "Jodoh itu bukan di tangan Tuhan, tapi di tangan Hansip!"  Maksudnya?

Ya, seringkali karena tugasnya mengontrol keamanan di suatu wilayah, bapak-bapak Hansip ini sering memergoki orang-orang yang ketahuan berbuat mesum atau berpacaran kelewat batas. Ups.... Trus, akhirnya pasangan tersebut dibawa ke kantor kelurahan atau RT/RW setempat dan disidang. Orang tua dari pasangan mesum itupun, biasanya dipanggil.

Nah setelah itu, ujung-ujungnya wanita dan pria yang kepergok tadi, diminta oleh masyarakat atau perangkat kampung/lurah untuk segera dinikahkan, agar tak meresahkan atau mencoreng nama baik kampung mereka. Trus...., ya dipaksa nikah, deh. Padahal, mungkin pasangan tadi belum siap tuk menikah kali ya. Tapi, karena sudah kepergok sama Hansip, mau gak mau satu kampung tau kalau mereka berbuat sesuatu yang belum boleh dilakukan, dan mesti harus nikah. Titik !!
 
Itu dia makanya, ada guyonan kalau jodoh itu ada ditangan Hansip, hihihi....

O ya, Anda juga pasti sering dong melihat akting-akting bintang film yang memerankan tokoh Pak Hansip. Ahay, tokoh ini, telah mewarnai perfilman Indonesia selama beberapa dekade. Di film Suzana ada Hansip. Di beberapa judul film Warkop DKI Dono Kasino Indro, apalagi :) Bahkan di sinetron-sinetron jaman sekarangpun, peran Hansip masih dibutuhkan tuk melengkapi sebuah cerita. Dan biasanya, kalau sudah muncul Hansip, ada-ada saja adegan lucunya, hehehe...

Tokoh Hansip, di sinetron
 
Namun, sepertinya guyonan yang saya katakan tadi akan perlahan pudar, berbarengan dengan hilangnya warna warni adegan tokoh Hansip di televisi. Bahkan, di dunia nyatapun, kita (mungkin) tak akan pernah lagi melihat sosok yang akrab dengan pakaian hijau rumput, yang sudah tujuh kali ganti Presiden, tapi warnanya tak pernah diganti itu. Kitapun, tak akan lagi menemukan cerita tentang Hansip di beberapa karya sinema terbaru, yang biasanya kalau ada adegan mengejar atau memarahi orang yang berbuat kerusuhan, maka pentungan hitampun akan ikut ia acungkan, hehehe....

Ya, di penghujung pemerintahannya, Pak SBY tercinta akan menghapus organisasi ini, setelah 42 tahun Hansip "merakyat". Banyak yang menyayangkan keputusan ini tentu. Mengingat tak sedikit orang yang sudah merasakan jasa Hansip, atau sekedar berempati terhadap “masa depan” para Hansip jika mereka tak menjadi penertib dan pengaman rakyat lagi.

Dibawah ini, saya pajangkan beberapa tweet yang mengomentari rencana pembubaran Hansip, yang saya dapat dari menelusuri tagar #Hansip di twittter.

@SiKucingKepo Selamat pagi pak #Hansip semoga pemerintah tak jadi menghapus kalian di muka bumi

@luciuskarus Jadi #HANSIP dibubarkan oleh Pak BeYe nih? Wah siapa yg akn jalan keliling di gang2 utk ingatin pergantian wakti selepas tgh mlm?

@hasan_sujak Yang bisa membuat kerumitan baru jika Hansip mau dibubarkan asalkan ada uang pensiun dini #hansip

@indrabutuhhibur Wahai #pejabat jgn kau bubarkan #Hansip,, lingkungan ku aman karena #Hansip yg senangtiasa menjaga'y..

Ah, andaikan, keputusan ini benar-benar ketok palu bulan oktober nanti, terkait dicabutnya keputusan soal Organisasi Hansip ini, mudah-mudahan Pak SBY dan pihak instansi terkait,  memberi solusi lapangan pekerjaan baru tuk bapak-bapak Hansip yang akan kehilangan tugas dan mata pencaharian itu. Karena, ada orang-orang yang disayangi oleh para Hansip, ikut terkena dampak dengan hilangnya Hansip dari struktur organisasi kepemerintahan

Goodbye HANSIP
 
Terimakasih atas jasanya selama ini. Semoga bapak-bapak Hansip segera mendapat pekerjaan baru :) Amin...

Hey, tuk anda yang punya kenangan atau kesan terhadap Hansip, boleh dong bagi-bagi ceritanya, ya... Supaya kita lebih banyak lagi menemukan warna-warni Hansip, yang nasibnya akan ditentukan bulan depan.

Hansip. ( sbr gbr : http://www.merdeka.com )



Sumber refrensi : 
 
-http://news.detik.com/read/2014/09/17/152229/2692982/10/hansip-dibubarkan-tni-mungkin-satpol-pp-akan-sampai-kelurahan

-http://www.tribunnews.com/metropolitan/2014/09/19/dibubarkan-pemprov-dki-akan-undang-300-hansip
-http://nasional.news.viva.co.id/news/read/539338-kewenangan-hansip-dicabut--ini-penjelasan-pemerintah

16 comments :

  1. sedih ih... kasihan, mereka berjasa banget buat warga2 di kampung seperti saya ini... setidaknya pas ada keramaian ya merekalah yang bertugas menertibkan lingkungan di sekitar acara, hansip juga yang pukul tiang listrik dengan pentungannya setiap jam 12 sambil keliling kampung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya, yang pukul tiang listrik tiap jam 12 malam itu peran pak hansip juga ya... Hemm... ntar siapa yang bakal mentung-mentung lg pas jam 12 .malam..? Ah, kasihan pak hansip...Semangat ya, Pak...

      Delete
  2. Iya juga ya kalau ngelihat hansip, inget guyonan kalau Jodoh itu ditangan hansip...sedih hansip dibubarin...hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi... trus akankah berubah guyonannya, kalau jodoh ada ditangan Satpol PP..? hehehe...

      Delete
  3. wah baru tau saya mbak ternyata mau bubar yah waahh padahal kan keren kalo ada film men in hansip wah yang mesum" itu yg perlu di kawal...nah trs siapa donk bsk yg ngawal hadeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew....Film Men In hansip..? Wah, oke tuh... tapi belum sempet dibikin filmnya, dah keburu dibabarin...oh..

      Delete
  4. Mak, di daerahku hansip itu menjaga tatatertib saat ada acara hajatan...saat ada acara di kelurahan...dan saat ada acara2 di RT/RW...ntar siapa ya yg jagain kalo dibubarkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, jadi kangen ntar ya sm sosok hansip kalau beneran jd dibubarin... Siapa yg gantiin? Apa satpoll PP...?

      Delete
  5. tugasnya tidak sesederhana penampilanny...salm knal...izin follow y :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas...Pak Hansip akan selalu dikangeni nantinya.... Tugasanya yg sampe larut malam itu, sanaet membantu warga. Salam kenal kembali mas Zaairul.....

      Delete
  6. kalau dihapus trus mereka akan dikemanakan ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tau juga mas, tapi semoga saja mereka diambil atau diberdayakan oleh Pemprov , agar mereka dapat menjadi juru penerangan, atau bergabung dengan satpol PP, atau mendapt tugas-tugas baru laiinnya.

      Semoga saja. Makasih Mas Joe sdh mampir..

      Delete
  7. Foto paling atas mirip hansip di daerah saya. Kok bisa sama, ya? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahha....mirip ya Hansipnya dg di daerah asalmu...? Atau hansip di Yaman..eh, ada gak Hansip di Yaman ya..?hhaahahaha....

      Delete
    2. Di sini gak ada hansip, Mbak. Adanya polisi dan tentara. Tapi jujur saja, lebih keren TNI :)

      Delete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?