Selamatkan Masa Depan Anak Anda Dengan Investasi Properti

Financial Workshop 2014...

Kebayang gak sih, berapa besar kebutuhan rupiah yang harus kita penuhi 10 hingga 16 tahun mendatang..?? Harga-harga barang membengkak, biaya pendidikan melambung, belum lagi kebutuhan sekunder lainnya yang tak sedikit menguras kocek. Sekarang saja nih, andai anak anda baru berumur 2 tahun, maka 16 tahun kemudian ia sudah memasuki bangku kuliah.

Tau gak, saat ini biaya kuliah di Universitas Negeri yang ada di Jakarta, berkisar 140-180 jutaan, lo. Apalagi 16 tahun nanti, yang kemungkinan naik sebesar 10 persen saja misalnya, kalau dikalkulasikan bisa mencapai 400 juta rupiah. Itu baru biaya kuliah di Universitas Negeri, ya, apa kabarnya budget yang harus kita keluarkan jika anak kita mengenyam kuliah di Universitas swasta..? Walah....

Nah, untuk menyelamatkan nasib anak kita di masa depan, dari sekarang, saatnya kita perlu merencanakan konsep keuangan dalam jangka panjang.

Aidi Akbar Madjid, Master Financial Advisor
Menurut Aidil Akbar Madjid, Master Financial Advisor dan Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga, konsep perencanaan keuangan,  adalah suatu proses mencapai tujuan hidup melalui pengelolaan keuangan yang tepat. 

Dengan perencanaan keuangan, maka biaya pendidikan anak atau biaya kuliah, akan bisa diselamatkan. 
 
Bahkan, saking dahsyatnya budget yang harus dipenuhi dimasa mendatang, banyak orang yang membatasi jumlah kelahiran anak, agar tidak kelimpungan memikirkan besarnya dana pendidikan dan kebutuhan laiinnya. “Jadi, Financial planning adalah cara berKB yang efektif”, ujar Aidil.

Betul juga ya. Kalau dari sekarang saja kita sudah “ngeri' membayangkan betapa banyak dana yang mesti dipersiapkan tuk menyekolahkan anak, orang pada takut punya anak banyak. Takut gak sanggup. Jadi, kalau mau mencegah kehamilan, ya dibayangin  saja 16 tahun kedepan, sanggupkah kita menyediakan dana hingga ratusan juta..?? *sambil ngelus perut*

Selain biaya pendidikan anak, kebutuhan kita dimasa pensiun, juga harus direncanakan sejak dini. Nah, fungsi perencanaan keuangan, bisa kita gunakan untuk hal hal seperti yang ada pada gambar dibawah ini...
 
Fungsi financial planning tuk jangka panjang


Manfaat perencanaan keuangan:
  • Mempersiapkan hal-hal yang tak diharapkan, seperti sakit, kecelakaan, dsb
  • AKumulasi kekayaan
  • Persiapan masa pensiun
  • Perlindungan atas aset'
  • Meminimalkan pajak
  • Berinvestasi secara tepat

Kemana harus alokasi aset..?
Nah, dalam kondisi inflasi tinggi, disertivikasi tuk jangka panjang didalam produk keuangan saja memiliki resiko, lo. Sementara, diversifikasi diluar produk keuangan akan berikan balance yang lebih baik dalam keseluruhan portfolio, seperti properti dan komoditas. Itulah perlunya mencari tempat yang cocock untuk meletakkan aset kita.

Financial planning seperti apa yang bisa menyelamatkan masa depan anak kita. Serta masa pensiun kita sebagai orang tua, selain dari tabungan dan deposito..?

Nah, INVESTASI properti, adalah salah satu cara "menyelamatkan" 2 hal tadi. Demikian penjelasan dari laki-laki jebolan Univsersitas ternama di Amerika ini, yang berbagi ilmu tentang Financial Planning, dengan tema “Investment in Property, di XXI Lounge Plaza Senayan, 23 Juni 2014.

Ya, Investasi pada properti adalah sebagai bagian dari alokasi aset. Berinvestasi properti, bisa berupa apartemen, rumah, ruko, atau gedung-gedung laiinnya yang bisa disewakan.

Kenapa harus properti..?
Dengan properti tidak akan merugi, karena sepanjang masa kapanpun kita membeli properti, nilai investasinya akan naik.

Kenapa harus berinvestasi properti :
1. Jumlah penduduk yang semakin banyak
2. Jumlah lahan yang dihuni semakin terbatas,

Apa yang dilihat ketika kita membeli properti :
  • Siapa pengembangnya..?
  • Trackrecord : Apakh si pengembang punya modal besar atau pas-pasan, ada IMB atau belum, apakah membangun hunian dijalan yang lebar atau tidak.?
  • Akses :
  • Fasilitas (Misal : Rumah Sakit, tempat ibadah, taman bermain, sekolah dsb )
  • Potensi kenaikan nilai property di suatu daerah
Kalau dulu, potensi kenaikan properti hanya dibawah 15 persen, tapi saat ini, kenaikannya pertahun, bisa melebihi angka tersebut. Menurut Aidil, berdasarkan dari riset di Inggris dan Amerika, alokasi aset di kedua negara itu, investasi properti ada pada urutan ke 3, setelah investasi minyak dan komoditas.

Tapi, bagi Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, sebagai pembicara kedua di Workshop financial Planning, investasi properti adalah nomor satu. “Walaupun, dengan kita berinvestasi harus ada yang dikorbankan, tetapi itu semua untuk mendapatkan sesuatu dikemudian hari.

Dalam Workshop yang dihadiri kalangan media, blogger dan tamu undangan dari berbagai profesi itu, Ishak menjelaskan, investasi adalah :
  • Membeli sesuatu asset tuk mendapatkan profit
  • Income yang bisa kita prediksi
  • Dalam waktu panjang nilainya akan naik.
Ishak Chandra_Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land
Kenapa harus berinvestasi :
  • Tuk Mempersiapkan masa depan atau karir
  • Saving for major Purchase
  • Emergency atau darurat , misal dalam keadaan sakit, dsb
  • Developing personal financial
  • Karena ada faktor inflasi atau penurunan nilai mata uang,


Kenapa investasi properti ideal..?
Karena Cuma investasi properti yang nilainya bisa naik & setiap bulan kita akan dapatkan pasive income/pemasukan rutin. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa, kenaikan harga properti bisa cepat naik, tapi biaya sewa rumah belum tentu cepat naik, karena harga jual rumah & harga sewa rumah ada gap.

Bagaimana dengan rumah yang kita tempati, apakah itu termasuk investasi..? Menurut Ishak, rumah yang kita tempati, tidak termasuk investasi, karena rumah tersebut tidak menghasilkan.

Oh ya, berinvestasi properti juga ada resikonya. Untuk itu, jika kita melihat resiko investasi properti disuatu tempat tinggi, maka returnnya juga harus tinggi. Bukan sebaliknya.

Sementara itu, Ignesjz Kemalawarta Direktur PT Bumi Sepong Damai Tbk, menambahkan, saat ini pihaknya akan membuat kajian legal atau ada beberapa kajian yang perlu diluruskan mengenai regulasi pemukiman di Indonesi, terkait Investasi property.

Ignesjz Kemalawarta Direktur PT Bumi Sepong Damai Tbk

Sayembara Arsitek.... 

Dalam acara itu, Sinar Mas Land juga meluncurkan sayembara Young Architect Competititon 2014. Siapa saja yang boleh ikut...? Nah, sayembara ini ditujukan tuk mahasiswa arsitektur, minimal sudah duduk di semester 7 sampai fresh graduate dengan setahun setelah kelulusan. Hal ini tentu sebagai wujud kepedulian terhadap para arsitek muda.

Hadiahnya.? Wow, total 525 juta lo. Selain itu, para pemenang juga dapat bekerja sebagai arsitek di Sinar Mas Land. Aih, ini tentu hadiah yang sangat menggiurkan. Rasanya saya ingin balik ke jaman kuliah dulu, biar bisa ikutan, hehehe..

Menurut Panji Himawan, Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, ada 3 kategori yang dilombakan, yaitu, Masterplan, Commersial Development, dan Residential development. Para peserta bebes memilih kategori yang disukai. Dan setiap kelompok boleh mengirimkan karya lebih dari satu alternatif, namun dalam pendaftaran yang berbeda.Tuk informasi selengkapnya, silahkan buka situsnya di sinarmasland.com/yac2014.

Nah, Pendaftaran sudah mulai dibuka tanggal 24 Juni 2014 dan berakhir pada 20 November 2014. Ingin tau siapa saja dewan jurinya..? Nih, coba lihat gambar dibawah ini ya. Semua kompeten dibidang masing-masing, lo.

Para Dewan juri Young Architect Competititon 2014

Sinar Mas Land adalah salah satu pengembang properti terkemuka di asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun.

Lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan memiliki lebih dari 10.000 ha land bank. Salah satu besutan Sinar mas land adalah BSD City Development, serta menjadi pelopr dalam pengembangan konsep perumahan klaster seperti Kota Wisata, Legenda Wisata, dan Grand Wisata.

Nah, apakah anda juga ingin mendapatkan penghargaan dari dunia, bergabunglah dengan sayembara Young Architect Competititon 2014, siapa tau anda pemenangnya dan bisa bekerja di Sinar Mas land. Selanjutnya, karya anda akan dilihat dan dinikmati banyak orang. Membanggakan, bukan..?

Dengan begitu, anda sudah mengurangi beban dan menyenangkan hati orang tua yang sudah menyekolahkan buah hati hingga ke perguruan tinggi, yang biayanya bikin nafas nyokap bokap megap megap itu. Ya, kita mungkin tidak tau ya, kalau selama ini, bisa saja orang tua kita menjual rumah atau aset-aset lainnya, demi anaknya bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Oh, ya, acara ini juga diselingi dengan rehat makan siang dan pembagian door prize. Tapi, saya, terpaksa harus merelakan makanan yang  lezat dan mahal itu, karena sedang berpuasa. Tepatnya bayar puasa tuk tahun kemarin. Selalu deh, bayar puasa, mepet-mepet  jelang ramadhan #curcol. Tapi, kalau tuk berinvestasi, tak usah mepet-mepet menunggu anak kita bertumbuh, kalau kita sudah siap dari sekarang, hajar saja. Karena, semakin dini berinvestasi, semakin banyak  hasil yang didapat tuk kedepannya nanti. 

Yuk,  dinikmati makan siangnya...

Pakar-pakar ini sedang berbincang saat rehat.
Terima kasih Sinar Mas Land, melalui BRID (Blogger Reporter Indonesia), yang sudah memberikan sharing tentang keuntungan berinvestasi properti dan pentingnya merencanakan alur keuangan. Semoga dengan investasi dan perencanaan yang matang dan baik, masa depan anak kita nanti akan merekah dan indah, seperti indahnya setangkai mawar merah yang ikut nimbrung di Workshop financial planning, menemani kami sepanjang acara.

Permalink gambar yang terpasang
Mawar indah nan cantik, mudah-mudahan seindah masa depan kita

10 comments :

  1. Bisnis properti, kayaknya sekarang lagi terbentur masalah modal, itu alasan belum bisa memulai. Nice shara mbak :)

    Salam kenal, kunjungan (dan followback)nya ditunggu di http://coretanrifqi.blogspot.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul,. itu juga salah satu kekurangan untuk berinvestasi properti. Tp, kita bisa m engakalinya dg meminjam uang di bank atau memutar uang dari hasil sewa rumah (kalau ada bisnis sewa rumah) supaya bs dibelikan lagi properti yg baru..Makasih kunjungannya Mas Rifqi..

      Delete
  2. Properti harganya udah gila-gilaan banget mak hikss
    sekarang mulainya yg kecil kecil dulu, sapa tau jadi bukit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi Mak, nabung dikit2 dikit dulu... yg penting sdh ada bayangan dan persiapan tuk masa yg akan datang, heheheh

      Delete
  3. Betul mbak saya setuju. sebenarnya invest jangka panjang yang aman dan menguntungkan adalah Property.

    Saya dulu waktu kuliah juga punya kerja sambilan, sebagai pengusaha properti alias Pedagang Rokok, Permen dan Roti. hehehehehe.

    keep posting mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, membeli properti itu gak rugi ya, asal bisa "mengelolanya", spy bisa jadi investasi jangka panjang. Wah, msh kuliah sdh bisa bekerja itu bagus, lo. Pengalamannya jadi banyak, tabunganpun mudahan2 ikutan banyak, ehhehe..Makasih Mas Rahmat..

      Delete
  4. Selain property emas juga relatif lebih stabil ya Mak?
    Ngeri memang kalau membayangkan kebutuhan puluhan tahun yang akan datang, bang bing bung yuuk kita nabung... #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, mari sekarang yuk kita menabung, hehehe.. Btw,kalo harga mas, setauku juga bisa mengalami penurunan yang cukup signifikan,lo. Belum lagi, kita harus memikirkan tempat yang aman tuk menyimpan emas. Apalagi kalau emasnya sudah sekarung, hahahaha....Tapi, kalau properti, harganya cenderung naik.

      Makasih Mak Ninik.

      Delete
  5. infonya bagus kak :)
    makasih banyak sudah sharing :)

    ReplyDelete

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?