Nikmatnya Masak di Tepi Kolam


Serunya masak ditepi kolam, ya Chef...

Pernah masak diruang terbuka..? Ditepi kolam? Dilakukan bersama-sama, dilihat banyak orang/pengunjung, menggunakan celemek dan peralatan masak yang mahal dan okeh, serta ditemani oleh seorang Chef Ganteng yang menjadi pencuci mata di siang bolong. Pernah kah?

Ah, pasti banyak yang belum pernah merasakannya, hehehe....


Pose dulu sebelum mulai masak
Tapi, saya baru saja menikmati hal itu, di minggu 15 Des 2103 lalu, ketika menghadiri undangan dari Majalah Kartini, tuk meramaikan acara yang bertajuk “Cooking With Love bersama Oxone dan Sahabat Kartini".

Masak ditepi kolam itu, bener-benar penuh cinta, ya. Walau cuaca panas mendera. Tapi, karena seru, jadi lancar-lancar aja. Apalagi chefnya masih muda dan ganteng pula, hihihi....

Oh, ya, saya dan 20 peserta terpilih, memasak resep yang bernama Chicken Parmigiana. Ini masakan dari Italia.

Ada sepuluh meja lengkap dengan peralatan masak, yang disediakan dipinggiran kolam renang waterbom Pantai Indah Kapuk, siang itu. Satu meja terdiri dari 2 orang. Saya, mengajak teman bernama Dyta, tuk menjadi patner duet maut kami tuk mengolah resep ciamik itu. 

Penasaran....??? 

Apa saja bahan bahan yang kami olah? Nah, silahkan lihat dibawah ini...

Suasana memasak bersama Oxone dan majalah kartini


Chicken Parmigiana Ala Chef Aditya Joshua

 

Ayam yang siap dimasukkan ke Oven
Bahan:
-1 buah dada ayam, ambil dagingnya saja
-tepung roti
-tepung terigu
-2 btr telur ayam
-1 siung bawang putih di keprak
-Minyak sayur3 buah tomat potong dadu/ kecil-kecil
-1 btr bawang bombay potong kecil2
-1 siung bawang putih cincang halus
-daun Tyme kering
-50 gr keju mozarella
-garam
-lada hitam

-kaldu blok

Pelengkap:
Sayur rebus, kentang atau pasta.

Directions:
 
Ayam
-Dada ayam, ambil dagingnya saja dibagi dua lalu bentangkan, seperti bentuk daun, tanpa terputus.
-Taburi daging ayam dengan garam dan lada dan bawang putih halus, diamkan 10 menit
-Celup potongan daging pada telur yang sudah dikocok, lalu di taburi dengan tepung terigu.
-Setelah dilaburi tepung terigu, dimasukkan kedalam adonan telur lagi.
-Diangkat lagi, trus dilaburi dengan tepung roti, lantas... gorenglah...

Saus tomat
- tumis bawang putih dan bawang bombay'
-masukkan potongan tomat, masak kurang lebih 5 menitan,
- Tambahkan air kaldu. Lalu masak lagi sampai layu hingga tomat mengental.

Pasta
- Masak air hingga mendidih, tambahkan garam
- Masukkan pasta/mie, masak hingga matang
- angkat , tiriskan, lalu taburkan lada hitam

Penyajian:
-   Tuang saus tomat ke atas dada ayam yang sudah digoreng
- Tambahkan keju parut dan taburi mengegeliling seluruh tubuh ayam, lalu panggang dalam oven
- Setelah keju meleleh dan berwarna kecoklatan, dan menyatu dengan saus, sekitar 16 hingga 25 menit dalam oven.
- Setelah itu...hayo dihajar bareng-bareng dan sajikan bersama pasta...

Asoooy nikmatnya.....

Peserta yang sibuk memasak. Udah tahap akhir, nih...


Dyta mengiris bawang. hati-hati, neng...
Nah, langkah pertama yang kami lakukan dalam tahap memasak ini berdasarkan arahan Chef Aditya, adalah merebus air kurang lebih 1 gelas dan masukkan satu kaldu ayam blok, hingga bercampur dengan air. 

Setelah itu diangkat, gak harus mendidih, sih. Karena, air kaldu ini nantinya akan dimasak dengan cincangan tomat dan bawang putih.

Usai itu, barulah kami mengiris bawang bombay dan bawang putih. Selanjutnya memotong 3 tomat sekaligus menjadi potongan dadu /petak kecil-kecil, untuk bahan sausnya. Lantas ditumis hingga mengental.

Baru deh, mengolah daging ayamnya, sesuai dengan langkah-langkah diatas tadi, dan dimasukkan kedalam oven.

Ngintip Chicken parmigiana dalam oven
Nah, hasil dari durasi kematangan setiap oven ternyata berbeda-beda, saudara-saudarah. Menurut Chef Adit, normalnya, resep ayam yang dipanggang dalam oven  adalah 16 menit. Eh, giliran oven di meja saya, justru sampai 25 menit lebih kagak mateng-mateng juga, hahaha. Setelah matangpun, kayaknya cuma mateng sebelah, terlihat dari lapisan kejunya yang berubah warna coklat, tapi, cuma sebelah doang, hihihi.

Tapi, ya daripada kelamaan nunggunya, bisa dianggap matang ajalah, ya, masakan kami, hehehe... #maksa

Nah, sebelumnya, sembari menunggu hasil panggangan tadi, kami bersiap memasak pasta. Kira-kira dua gelas air yang direbus hingga mendidih, dan diberi  2 sendok garam, supaya mi-nya berasa. Eh, sebelum memasukkan pasta kedalam air, si chef mewanti-wanti kami untuk memastikan airnya mendidih beneran, (emang ada mendidih bo'ongan?hihihi), karena, kalau airnya tak mendidih (beneran), pastanya bisa lengket di wadah, gitu wejangannya. Oh, oke chef. Nah, setelah si pasta (mi) dimasak sampai lembut, dan sudah mejeng didalam piring, barulah hasil ayam yang dipanggang tadi, diletakkan diatasnya. 

So, semua pesertapun makan siangnya, hasil dari masakan sendiri. Ya, hasil racikan dari resep Chicken Parmigiana Ala Chef Aditya.

Karya kami, meski mateng sebelah, hihi
Amboy sedapnya. Saya mpe kenyang, walau gak pake nasi. Dan pastanya, enaaaak banget.. Sumpah deh, saya sampe ketagihan mencari-cari sisa sisa pasta peserta lain, hahahha #ketauan, deh. 
 
Eh, ayam hasil racikan saya dan Dyta, patner memasak satu meja saya, juga enaaakk, lo. Maknyus, dah. Yaay, dapet resep baru saya di hari itu....

Oh ya..ditengah acara sambil menunggu ayam yang sedang di matangkan dalam oven, sang MC pun menghadirkan kuis yang pertanyaannya berkaitan dengan resep yang kami masak.

Seperti, dari negara mana resep masakan yang kami olah siang itu, trus, siapa nama lengkap Chef Aditya, bagaimana cara mengolah tomat yang benar, sampai.... dimana saja letak showroommya Oxone...? Hadiahnya lumayan.. Ada seperangkat toples, water tank keren,  sampe blender merk Oxone, pastinya. Sayang, saya belum beruntung.. tung- tung...
 
Peserta yang mendapat hadiah kuis. Water tank..senangnyaa..

Ah, yang penting dapet pengalaman baru, bisa masuk ke waterboom PIK, dapet kenalan baru juga, dan bisa merasakan sensasi masak dipinggir kolam renang. Benar-benar minggu yang cerah,..
 
Ehm, pengen lagi saya menghadiri acara yang beginian, hihihi...
 
Wajib foto sama chef Aditya bersama hasil masakan. Oyeachh...

Tengkyu ya Majalah Kartini dan Oxone yang sudah mengajak kami berweeekend ria bersama kalian. Tak hanya sensasi meracik bumbu dan bermain tungku api di tepi kolam saja yang saya nikmati minggu lalu, tapi ada sensasi lainnya yang bikin adrenalin saya memuncak. Apakah itu.. Monggo diintip disini.

Saya tunggu lagi undangan selanjutnya, diacara-acara yang tak kalah serunya dengan cerita ini, tentu...
The Next duo chef..aih mak...
Dyta, dah cocok jadi chef...
 


No comments :

Post a Comment

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?