Sudah Saya Duga

Sudah saya duga,

Kalau ramadhan tahun ini akan terjadi kedatangan tamu dua kali dalam satu putaran perhelatan bulan suci yang penuh anugrah ini. Ya, karena tamu pertama datangnya dihari ketiga bulan ramadhan, maka saya menebak, tamu selanjutnya akan datang diakhir ramadhan.

Ternyata benaaaar....

Pengunjung bulanan itu datang hari ini, 6 Agustus 2013, dua atau tiga hari sebelum lebaran. Jadi, dalam satu gelombang bulan puasa ini, saya kedatangan tamu 2x.

Ehm, kok bisa saya dapetnya 2x dalam sebulan?
Karena siklus tamu bulanan saya adalah 22 hari. Bukan 30 hari, seperti yang seharusnya. Bahkan, dulu pernah 18 hari saja jaraknya, eh udah muncul lagi tuh tamu. Dan ritme ini sudah berlangsung sejak lama.

Karena itu, kejadian saya mendapatkan tamu diawal dan diakhir ramadhan, kalau tidak salah, ini adalah kali kedua atau ketiga, deh. Sudah pernah saya alami sebelumnya. Namun, menurut informasi yang saya dapat, siklus yang saya lalui ini masih tergolong normal. Karena memang setiap wanita berbeda-beda masa jeda atau jarak antara haid yang sekarang dengan yang selanjutnya.

So, puasa tahun ini saya hanya menjalankan kurang dari 20 hari saja. 7 hari telah dipotong untuk tamu di sesi pertama, 2 hari karena sakit, dan 2 atau 3 otomatis telah terpotong mulai hari ini, untuk tamu sesi ke 2, sebelum berakhirnya ramadhan.

Ups..sepertinya banyak nih hutang tuk tahun depan ya, hehehe.. #bayarnyicil

Tapi, hal ini.....ah sudah saya duga dari awal.

Kan yang paling tau diri kita sendirilah, apa yang akan terjadi pada siklus bulanan. Makanya saya tak kaget. Saya justru kaget kalau tak dapat tamu di hari-hari ini, heheh. Dan, sudah saya duga pula, bahwa saya tak akan merasakan sholat Ied (lagi) tahun ini.

Selamat Sambut hari Kemenangan.  (Foto: Koleksi Pribadi)

Satu lagi dugaan saya yang saya harap benar- benar terjadi...

Saya menduga lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 9 Agustus 2013, bukan tanggal 8, seperti yang dikira orang, dan juga berdasarkan tanggal merah lebaran pada kalender.

Kenapa saya menduga tanggal tersebut jatuhnya hari raya 1434 H.

Perhitungan saya gini..


Kita memulai puasa hari pertama itu adalah tanggal 10 Juli. Dan jumlah hari kita berpuasa biasanya 30 hari, toh? 

Nah, kalau 30 hari, otomatis, di tanggal 8 Agustus itu, jatuhnya 30 hari kita berpuasa. Jadi, lebaran ya dihari setelahnya, yaitu tanggal 9 Agustus 2013.

Ah, semoga dugaan saya untuk hal ini benar!
Apalagi, saya sudah memesan tiket pesawat pulkam untuk keberangkatan 8 Agustus, siang. Karena, ya prediksi saya kan tanggal 9, Jadi, emang sengaja saya pulkamnya ya tanggal segitu.

Semoga tepat!

Dan, hal ini pernah terjadi ketika lebaran dua tahun yang lalu? Masih ingatkah saudara-saudara?? Saya lupa tepatnya tanggal berapa. Pokoknya, kala itu, orang-orang sudah menduga kalau besok adalah hari H nya, eh, gak taunya, dimalam hari pemerintah mengumumkan bahwa hari raya, jatuh satu hari setelah hari H yang diduga banyak orang itu. Diundur sehari. 

Opor ayam dan ketupat lebaran sudah siap dihidangkan. Kue-kue sudah standby tuk sambut hari kemenangan. Pasar-pasar tradisional sudah pada tutup semua,..eh..teryata belum jadi lebarannya, hehehe...

Memang, waktu itu, kita memulai menjalankan puasa juga mundur sehari, makanya lebaran juga diundur. Nah, belajar dari hal itu, maka prediksi yang sama, juga saya lakukan untuk Idul Fitri tahun ini.

Oh, Tuhan..semoga prediksiku ini benar...

Amiiiiin.....
Namun, andaikan dugaanku salah..??? Ya, apa boleh baut..terpaksa saya harus melalui lebaran pertama di Jakarta deh. Disaat orang-orang dan keluarga saya sudah saling bersafari ria berlebaran, alias mengunjungi keluarga dari satu rumah ke rumah lain..eh..saya malah masih dalam burung terbang karena sedang on the Way ke kampung..hihiihi..

Ya, kita tunggu saja, pengumuman pemerintah pada tanggal 7 Agustus 2013 besok. Apakah yang terjadi?

Ah,.sudah saya duga,

Saya deg-degan menunggu pengumuman itu...


Buat yang ngebaca tulisan ini.....

Selamat lebaran ya, ....bagi yang menjalankannya.

Mohon maaaf lahir dan bathin...


Ketupat lebaran. Sbr foto; disini

No comments :

Post a Comment

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?