KTP Jadoel


Pernah gak sih, anda membayangkan seperti apa KTP orang jaman dulu? Ya, sekitar tahun 50-an atau 60-an gitu, deh. 

Apakah bentuknya sama seperti yang sekarang kita miliki? 

Atau berbeda...?
Penampakan KTP jadoel

Karena dulu teknologi belum maju dan modern seperti saat ini, tentu KTP jadul, kemasannya belumlah seperti kartuATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang keras kalau dipegang dan bisa praktis disimpan di dalam dompet.
KTP jaman dulu, mirip sebuah kartu. Ya, kartu biasa. 
Seperti kartu kalau kita berobat di puskesmas. Terbuat dari kertas kartun. Ukurannya kecil dan berlipat dua. Di bagian dalamnya di sisi sebelah kiri kertas, ada foto diri si pemegang kartu, dan di sebelahnya ada biodata diri.

Masih diketik dengan mesin tik jadul juga, hehehe...

Dan namanyapun, bukan Kartu Tanda Penduduk (seperti kepanjangan dari KTP) tapi Kartu Penduduk.


Kartu ini saya dapatkan ketika pulkam lebaran kemarin, terselip di dalam seperangkat bungkusan yang berisi klise-klise foto jadul juga. Yang kebetulan, ritual bongkar-bongkar album yang satu wadah dengan kemasan klise, selalu saya lakukan setiap pulkam di rumah nenek. Nah, karena emang ingin mengobrak-abrik klise foto jadul, yang niatnya masih ingin saya cuci lagi, maka ketemulah sama si KTP jaman baheulak ini.

Karena ibu saya emang orangnya rapi dan terorganisir dalam menyimpan sesuatu, maka saya masih bisa melihat dan menikmati KTP jadul itu. Meski, warna, foto dan kertasnya sudah tak sempurna. Ya, namanya juga barang lama, hehehe.....

KTP jadoel yang tlah usang

No comments

Hai,

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap di hati. Okeh..