Keinginan Dalam Ramadhan


Sambut Ramadhan. Sbr foto; disini
  
Keinginan Dalam Ramadhan, 
yang Tlah Tiba lagi



Alhamdullilah,...

Tahun ini, InsyaAlloh, saya dan Anda yang membaca tulisan ini, masih bisa merasakan indahnya bulan Ramadhan. Menikmati ibadah puasa, terbangun dimalam hari, karena harus menunaikan sahur dan lanjut sholat shubuh.

Ehm....setiap kali menyambut bulan penuh berkah ini, saya kok, deg-degan ya....

Deg-degan......karena takut kalau gak bisa 'sempurna' puasanya, karena terlalu banyak godaan atau hal-hal yang bisa membuat puasa jadi tak hikmat.

Godaan yang saya maksud, tentu bukan godaan makanan atau minuman, ya. Karena, kalau godaan ini mah, saya yakin, Insya Alloh bisa menghalaunya. hehehe...

Tapi, kalau godaan tuk bergunjing, mengungkit kesalahan orang, marah, ngedumel, menumpahkan kekesalan, hingga malas sholat dan beraktifitas karena badan yang lemas, selalu datang mengerubungi.

Kalau sudah begitu...Alhasil....biarpun puasa, tapi tetap suka ngomongin orang. Pernah berbohong. Masih menyimpan rasa kesal sama teman, dan masalaah-masalah serupa lainnya.

Padahal, harusnya hal ini bisa kita hindari tak hanya dibulan Ramadhan saja, tapi juga setiap hari, lo. Tapi,.... gak tau, ya, pas bulan puasa aja nih, yang namanya manusia.... kebanyakan sih, baru mau menghindari hal-hal yang dilarang tadi. Tapi, diluar bulan Ramadhan..terkadang selonong boy aja, yak,...

Duh, manusia,manusiaa.....

Tapi...

Rasa deg-degan saya tadi, tak akan bisa dicegah. Waktu terus meluncur dengan sendirinya.

Kini...

Waktupun telah sampai pada malam ini....

Met Puasa ya..Sbr foto;disini
Malam yang merupakan tarawih pertama, bagi masyarakat muslim yang mengikuti peraturan atau ketentuan dari pemerintah, yang memulai berpuasa pada hari Rabu, 10 juli 2013. Besok, lo!  


Meski, ada juga saudara muslim kita yang lain, yang sudah menunaikan puasa pada hari ini. Artinya, dimalam hari ini, adalah tarawih malam kedua bagi mereka.

Nah, saya yang kebetulan mengikuti ketentuan pemerintah atau NU, tentu sejak siang tadi sudah mulai mempersiapkan dan memikirkan sesuatu yang akan saya saya jabani selama satu bulan kedepan. Salah satu hal yang masuk dalam list pikiran saya adalah: "Apa yang akan saya santap ketika sahur nanti??

Maklumlah, saya anak kost, yang terbiasa sering membeli masakan atau jajanan jadi di warteg atau resto yang murah meriah, sesuai ukuran kantong saya, hehehe.. Nah, kalau mau beli makanan untuk sahur pada jam 3 dini hari, misalnya, ya , bisa aja sih emang, karena banyak, kok warteg yang buka, tapi...takut ah, jam segitu mesti keluar rumah. Lagian juga , pasti bawaan tulang badan kita pada masih lemes semua tuk diajak ke warteg. Iya, kan? Yah, namanya juga baru bangun tidur, hehehe..

So, menyambut bulan bahagia, yang InsyaAlloh akan dijalani oleh semua umat muslim ini...maka satu kaleng sarden, lengkap dengan bumbu bawang merah, bawang putih dan kunyit, sudah siap dikamar saya, untuk menyambut puasa hari pertama besok. Woow, naruh bumbu dapur dikamar? Iya lah, dimana lagi, masak diletakkan dnegan manis didapur umum, bisa "hilang tak berjejak" tuh, secara kos saya juga ramai penghuninya, hihih. Maksud saya, bukan hilang tak berjejak karena dicolong oleh anak kos, tapi diembat oleh binatang liar yang tak bertanggung jawab yang sering bertamu dipondokan kami. Ya, si hewan pengerat bernama tikus, pasti sudah siap sedia tuk menyantap itu bawang dan teman-temannya, hehehhe.. (haduh, jadi buka kartu deh, kalau di kosan saya suka ada tikusnya)


Ehm..terkait dengan makanan atau lauk, maka salah satu resolusi saya untuk Ramadhan tahun ini adalah rajin untuk memasak sendiri dengan racikan sendiri juga tentu. Ya, selama ini (tepatnya bulan puasa tahun-tahun sebelumnya) kalau saya mempersiapkan makanan tuk sahur, dimalam harinya saya membeli lauk yang akan saya jadikan teman dan menu tuk santap sahur, diwarteg. Semisal, rendang atau pepes ikan. Nah, terus saya masukin dirice cooker, biar panas dan gak basi. Pas sahur, ya lauk itulah yang saya santap, hihih..

Oh, anak kost....anak kost...

Namun, di Ramadhan tahun ini, saya ingin lebih rajin masak masakan sendiri. Selain lebih sehat, lebih bersih, hemat dan halal, pastinya. Meski, untuk listriknya, jadi agak boros sih, karena saya menggunakan panci listrik untuk mengolah semuanya. Karena di tempat kos saya gak ada kompornya, euy. Jadi, ya mau gak mau harus memakai peralatan yang serba listrik. Mulai dari masak nasi memakai rice cooker, juga bumbu masak yang dihaluskan dengan cara diblender yang tentu menyedot watt untuk menghancurkannya.
Serba listrik, emang ! Maaf ya Ibu kos, kalau biaya listrik jadi membengkak...

Saya pengen dibulan indah ini...terbangun dini hari, lebih awal lagi. Misal, bangun jam 3.00, (selama ini saya sahur selalu jam 4 melek matanya), lalu sholat tahajud dulu. Usai itu, barulah sahur didalam kamar kos, sambil menikmati acara stasiun TV. Dan kemudian baru sholat shubuh..Lanjut membaca Alqur'an. Saya memang tak menargetkan berapa juz yang harus saya selesaikan. Namun, sebisa mungkin, saya perbanyak membacanya. Plus bacaan surah Yasin, yang InsyaAlloh juga akan lebih saya giatkan, diiringi dengan kicauan dzikir yang bertambah banyak, tuk lebih 'menghiasi' ibadahku. 


Selain itu, Insya Alloh, bisa menyempatkan diri untuk sholat Dhuha yang sering dilewatkan....



Tingkatkan membaca Al Qur'an. Sbr foto;disini



Dan ketika sedang bergaul dengan teman-teman kantor atau teman kos, sebisa mungkin untuk mengerem mulut saya. Gak ngomongin orang, gak ngedumel gak mudah kesal,/emosi, dan selalu berpikiran positif. Mudahan mudahan saya bisaaaaa.......

Ehm..karena saya pengen pulang kampung merayakan lebaran bersama keluarga, saya juga ingin menghemat uang , supaya bisa beli tiket Pesawat PP ( yang lumayan selangit harganya kalau jelang lebaran) dan oleh-oleh ala kadarnya. Makanya, saya akan mengurangi jalan apalagi belanja dimall, yang penuh godaan itu. Hiks..cantik-cantik sih pajangannya....hihhi.. Kalaupun saya harus membeli barang atau baju, lebih mengutamakan buat beli tuk saudara atau ponakan, bukan untuk pribadi. (Untuk pribadi, udah ada,, karena saya nyicil belanjanya, biar gak terlalau kaget ngeluarin uang banyak, hahaha)

Dan , terakhir, saya akan rajin beresin dan menata kamar kos, yang kalau hari biasa agak semrawut.hihihi....Yoi, bulan ramadhan akan lebih indah, jika tempat kita untuk beristirahat juga rapi, dan tertata. Supaya bisa lebih nyaman dan betah dipondokan, xixixix..


Sambut Ramadhan. Sbr foto;disini


Oh...sembari menulis guratan tinta ini...saya jadi terharu...mengingat kita masih dipertemukan kembali oleh Tuhan, untuk menikmati bulan penuh berkah dan ampunan ini....

Semoga ...semua yang diinginkan dan digapai selama bulan berkah ini berjalan lancar dan barokah buat kita semuanya. Amiiin..

Selamat menunaikan indahnya puasa, ya teman-teman.

Mohon maaf Lahir dan bathin..

Oh,,,Besok puasa...

Ramadhan, Tlah Tiba lagi .....Horeeehhh!! .


 
Wow, kurmaaa. Sbr foto;disini



No comments :

Post a Comment

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?