Berlarilah Ke Musik





Musik, bisa menemani orang yang lagi sendirian dirumah. Yang lagi dalam mobil terjebak kemacetan di jalan. Yang lagi beraktifitas, sedang galau/sedih, atau yang sedang berkumpul bersama teman-temannya, agar mereka lebih bersemangat lagi tentu.

Ya, musik sangat mengibur setiap mahluk Tuhan. Menghibur kita yang masih menghirup nafas segar pemberianNya....
 
Dengan alunan suara merdu khas sebuah musik yang didendangkan, permainan dan perpaduan alat musik yang dilemparkan hingga  lagu tersebut menjadi hits dan keren, sampai dengan lirik lagunya yang bikin orang mewek-mewek karena bisa mengungkap kenangan lama. Itulah dahsyatnya kekuatan musik. Wajar bila semua orang menyukai musik, 'berlari' ke musik. Dari anak kecil hingga dewasa, tua muda, miskin kaya. Pokoknya semua kalangan, tak ada batasan tuk menikmati dan menyukai musik.

Musik, sahabat kita!

Tak kenal maka tak sayang
 
Dulu, saya menyukai irama musik yang beat atau tempo cepat. Ya, asyik aja, bisa bikin badan bergoyang, dan saya terhibur pastinya. Namun, seiring dengan perkembangan musik dan bertambahnya usia, hihihi,..bertambah pula refrensi jenis musik yang saya sukai.  Kini, ada beberapa genre dan tempo lagu yang saya sukai. Tak harus berirama riang lagi. 

Misalnya, dulu kala.....ada musik yang kurang familiar ditelinga saya, namun kini, karena sering mendengarnya, kini genre musik itu justru akrab ditelinga saya. Seperti musik jazz yang selama ini tak begitu saya sukai, namun ketika semakin sering mendengarkannya, saya merasa..kok ya enak juga ya musik ini...
Nah, karena kadung familiar ditelinga, maka sayapun jadi tau berbagai jenis aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat itu. Dari aliran Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz, sudah pernah saya nikmati semua. 
 
Frank Sinatra, kala muda. Sbr foto;disini
Wah, saya baru sadar, rupanya asyik juga musik yang berciri khas dengan alat musik trompet dan saxophone ini. Padahal dulu, saya menggangap musik ini adalah musik "tua" dan membosankan. Namun, semakin rajin saya mendengarnya... Ah,..semakin terasa ada goresan seni dan khas tersendiri yang dimiliki oleh musik aliran ini. 

Ungkapan "Tak Kenal maka tak sayang", sepertinya berlaku untuk hal ini ya, hehehe..


Apalagi ketika mendengar lagu legendaris "New York-New York" dan "My Way" yang dibawakan oleh suara emas Frank Sinatra, waaww....benar-benar hanyut saya mendengarnya. Pas banget nih lagu kalau diputar disiang hari saat sedang menyetir kendaraan pribadi, wuiihh..serasa jalan diatas angin, hehehe...
So, jazz yang bisa menghanyutkan itu, bisa menghipnotis pendengarnya, seolah  membawa penikmatnya kesuatu tempat yang berbeda. Gak heran, kalau setiap ada konser atau pertunjukan Java Jazz di Jakarta yang dihadiri oleh musisi Internasional atau lokal, tiketnya ludes. Begitulah antusias penggemar musik jazz ditanah air ini. 

Padahal, dulu musik ini hanya populer atau disukai oleh kalangan tertentu saja. Namun, kini banyak yang mulai meliriknya, bahkan menjadi refrensi musik yang asyik, yang bisa dijadikan hiburan dikala bersantai dirumah atau tuk membunuh kesendirian

Musik India, gak bisa bikin badan diam
 
Nah, ngomongin soal musik yang selalau bikin badan bergoyang, Ehmm, lagu-lagu India, yang kebanyakan ikut dihadirkan juga dalam film-filmnya, adalah  salah satu musik yang bikin kita gak bisa diam, lo. Anda suka gak nonton film India? Saya sih suka..tepatnya..suka sama tariannya, hehehe. Kata orang sih, kalau film India gak ada joget-jogetnya, ibarat masakan gak pake garam, hambar!..Begitulah kira-kira perumpamaannya, hihihi. Ya, antara film, nyanyi plus tarian yang mengiringi lagunya, sangat identik sekali dengan film India. Disitulah khasnya justru...Ditunjang pula dengan wajah-wajah artisnya yang cantik dan tampan, menjadi daya pikat luarbiasa bagi penonton dan penikmat film atau lagu India. Termasuk saya.

Sahrukh Khan&Kareena Kapoor, artis fav saya. Sbr foto;disini


Ya, saya suka, lo sama musik India, dari saya kecil. Dari sebelum menjamurnya film-film India. Atau dari sebelum terkenalnya Briptu Norman dengan Video Lipsinc Chaiya-chaiya-nya itu,loh, hehehhe.. Ah, kalau mendengar musik dari negaranya Sahrukh Khan ini...bikin tubuh saya gak bisa diem deh. Bawaannya pengen joget aja. Apalagi, kalau melihat video klipnya, yuhuuu penyanyinya semua pada pinter nari dan goyang, ya. Saya juga serasa hadir di dalam video klip tersebut, hihihih.. Apalagi body artisnya apda lentur-lentru semua,ya. Seolah mereka ditakdirkan memang untuk menjadi penyanyi merangkap penari dan aktor. 


 
Aw,Hrithik Roshan, gak ada matinyaa.Sbr foto;disini
Hrithik Roshan, misalnya..duh cowok yang satu ini..udah ganteng.... badannya lentur banget deh, saya suka sekali kalau melihat dia menari. Ehm..sedaaap deh menikmatinya, hihihi... Walau ketika dia menyanyi untuk film, itu bukan suara aslinya, menurut informasi yang saya dapat sih begitu, ya. Tapi, saya agak peduli, mau itu suara asli doi atau bukan, yang penting lagu yang ia bawakan di film tersebut, sudah menghibur saya. 

Kalau ceweknya, saya suka Kareena Kapoor. Cantik dan bodynya..yuhuuu...sempurna sekali. Pokoknya kalau melihat penampilan aktris dan aktor India dengan bakat alami mereka itu, ..wow....Benar-bener menghibur....
Ditambah pula dengan Iramanya yang asyik dan ceria sesuai khasnya, gak mungkin bikin orang diam, walau lagu itu bercerita tentang kesedihan sekalipun. Apalagi mendengarnya  ketika sedang sendirian dalam rumah, atau sedang sibuk ngerjain pekerjaan rumah/ kantor...gak kerasa capeknya, hehehe..

R&B , Musik favorit saya
Selain menyukai musik India, saya juga pencinta musik aliran R&B, lo.! Apalagi kalau mendengar jenis musik ini dipagi hari yang segar itu, wuaha...berkobar sekali jiwa ini menyambut hari yang baru...

Ehmm, ...kenapa saya dan Anda juga tentunya, butuh musik dipagi hari? 

Ya, selain penyemangat dikala baru bangun tidur, saya juga emeng butuh hiburan dengan berlari ke musik. Ya, Ketika pagi hari, disaat orang sudah pada sibuk dengan urusannya masing-masing. Saya justru santai dirumah. Ups..kenapa santai? Apa saya gak kerja? Bukaaann....!!!

Tapi, saya bekerjanya justru dapat jatah dimalam hari. Ya, saya kebetulan bekerja di media.. Jadi , saya sering kebagian tugas dapat shift malam.  

So, dipagi hari itu....kadang, saya sendirian didalam rumah kos, disaat temen-temen saya sudah pergi tuk melakukan aktivitasnya. Ada yang pergi ngantor, ada yang masuk kuliah atau yang sibuk dengan bisnisnya.  


Beyonce, Artis R&B favourite saya. Sbr foto;disini
Nah, untuk mengobati kesendirian itu pula, maka saya memanfaatkan waktu kosong itu untuk mendengarkan musik-musik R&B kesukaan saya yang dinyanyikan oleh Beyonce dengan Irreplaceable dan Run The World-nya, Jennifer Lopez dengan aksi goyangnnya ketika mengeluarkan suara merdunya untuk lagu Dance Again, Let's Get Loud dan I'm Into You atau Diamond, Umbrella dan We Found Love yang dimainkan oleh sihitam seksi, Rihanna. Banyak lagu-lagu mereka yang saya suka, selain suara mereka yang juga sexi habeess. 
  
Seperti biasa...setiap mendengar musik R&B yang bagi saya sangat asyik dan bikin lupa dengan segala masalah, tubuh saya bergerak-gerak menikmati alunan suara dan musik mereka. Walau saya tak harus bejingkrak-jingkrak, tapi paling tidak musik itu menemani saya ketika nyuci baju, sarapan atau memasak, misalnya..
 
Ya, diantara jenis musik lain, saya paling suka jenis musik R&B yang identik dengan penyanyi kulit hitam atau Amerika latin ini. Riang sih iramanya. Itu yang bikin saya cintaaaa banget dengan jenis musik ini. Meski begitu, bukan berati saya tak melirik jenis musik lainnya. Saya juga jenis lagu yang dinyanyikan oleh Pink yang sekarang sedang hit sekarang dengan Try dan Just Give Me A Reason-nya, atau lagu pop asyik seperti lagu-lagu kerennya Britney Spears dan Katty Pery. Teman sekantor saya bahkan, kalau dengerin lagunya Pink atau Katty,suka teriak-teriak nyanyinya ,serasa dia lagi konser solo,hehehe, emang asyik sih. Penghalau kantuk disiang hari, hihihi. Saya juga suka, penambah semangat beraktivitas. 

Meski saya menyukai beat lagu yang cepat, tuk membakar gairah semangat saya,  bukan bearti saya harus mendengarkn musik itu-itu saja, ya. Tentu tidak..Ya.. harus selaras dengan suasana hati dan selera juga lah,ya.. Ketika saya ingin mendengar musik yang adem karena ingin konsentrasi belajar, misalnya, tentu gak mungkin saya mau puter lagu jedak-jeduk seperti rock. Nah, kalau ingin selaras dengan kegiatan yang saya lakukan, yaitu belajar tadi, pilihannya, pasti saya akan memutar lagu asyik seperti type musiknya Gleen Fredly, Rio Febrian atau Michael Learn to Rock. Gak harus berirama riang, toh?  


Browsing, sambil mendengarkan musik!
 
Musik Pengaruhi Psikologis Seseorang

Ada yang bilang kalau ada masalah, ya dengarlah musik yang sesuai selara, atau ketika bangun pagi, pasanglah musik asyik yang berirama riang, agar semangat tuk memulai beraktifitas.Dan itu terbukti, lo. 
 
Tau gak, sebelum saya berangkat kekantor, biasanya saya melakukan aktifitas rumahan dulu. Ya, nyuci baju, setrika, masak, cuci piring, beresin kamar dan sebagainya. Dan semua aktivitas itu, saya lakukan ditemani dengan musik melalui gelombang radio atau mendengarkan musik melalui lagu Handphone. Dan saya jadi bergelora mengerjakan pekerjaan rumahan itu, hehehe.. Asyik gak tuh.?? 
 
So..kegiatan apa sih yang bisa kita hindari dari musik?
Bahkan, ada orang yang ketika tidurpun harus dihantar dulu dengan alunan musik. Waw, kurang gimana lagi dahsyatnya musik pengaruhi jiwa seseorang ya. Tapi, tentu ini adalah pengaruh positif dong ya, karena membuat seseorang menjadi damai dan terhipnotis hingga ke pulau kapuk, hehehe.

Apalagi sekarang menjamur sekali yang namanya earphone, yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana, terutama oleh anak muda. Seringkan kita melihat orang-orang memakai earphone yang dicantolkan ditelinga untuk mendengarkan musik asyik pilihan mereka tuk menemani selama dalam perjalanan atau kegiatan tertentu.
Mendengarkan  Musik, pikiran jadi rileks
Beneren deh, pengaruh musik itu dahsyat banget untuk menggairahkan jiwa yang sedang lunglai atau sedih...

Misalnya saja saya, yang terkadang memulai aktifitas siaran/ bekerja, dikala teman-temen yang lain udah pada siap mau pulang kerumah, atau sudah menyelesaikan pekerjaannya..lah, saya malah baru memulai aktifitas. Karena, jadwal kerja saya yang sering dapat jadwal shift malam.
Nikmatnya mendengarkan musik
Tau sendiri kan, kalau udah kerja larut malam itu, kadang bawaannya bete dan capek, apalagi sendiri. Tapi, jiwa saya yang 'layu" itu, akan semangat tuk bekerja hingga larut malam, kalau ada musik asyik seperti lagu-lagu R&B itu, yang menemani hingga selesai bertugas, sekaligus menghilangkan rasa takut, hihihih..
Ya, disaat orang lain tengah beristirahat dirumahnya masing-masing.....saya masih berkecamuk dengan rentetan tugas.
Tapi, saya bahagia....dan tetap bersyukur kok. paling tidak, di pagi harinya..saya bisa memanfaatkan dengan kegiatan lain. Ngegym, atau menulis misalnya, ini juga salah satu hal positif yang saya lakukan untuk menambal waktu, sambil ditemani  oleh musik. Yuhuuu..
Bahkan, untuk membunuh waktu dan kejenuhan, saya selalu memanfaatkan kesempatan menyenangkan yang bisa kita lakukan sambil dengerin musik. Misalnya, ketika menunggu pesanan makanan yang belum datang juga, atau ketika lagi bete nungguin teman yang jam karet.



Manfaatkan waktu santai dengan musik
Yach, kata orang, kan,... mau lagi ngapain, mau sesibuk apapun, apalagi yang sedang galau..berlarilah ke musik. So, buat anda yang punya gadget yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan lagu atau musik kesayangan.. ya, manfaatkanlah. 

Jadi, ketika anda perlu pelarian.... berlarilah kemusik..gak jauh-jauh, kan? Gratis lagi, hehehe..
Sayapun begitu...

Karena kecintaan saya pada lagu-lagunya Beyonce, Rihanna dan Jennifer Lopez, maka, lagu-lagu merekapun sudah nempel digadget saya. Supaya lebih cepat menemukan dan memutarnya. Karena, setiap detik berlalu......pengennya sih... saya bisa berlari sambil menikmati musik mereka setiap saat.

Eh, ternyata, disalah satu situs musik, ada yang menghadirkan  lirik lagu, yang  ikut nongol ketika kita mendengarkan lagu. Wah... serasa jadi kayak di karokean, ya. Jadi, dua keuntungan sekaligus yang saya dapat. Ya terhibur dengan lagunya, eh bisa menghapal liriknya pula. Siipkan? 

So, apapun kegiatan anda....menurut saya..berlarilah ke musik..Karena musik adalah obat gratis mujarab yang bisa meredakan kestresan dan ketegangan dalam menjalani rutinitas sehari-sehari.

Musik bisa didengar dimanapun
Sumber :
-http://www.websejarah.com/2011/01/sejarah-dan-perkembangan-musik-jazz.html

No comments

Hai,

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap di hati. Okeh..