Bahagianya dapat yang murah!



Pesawat. Sbr foto: disini
 
Bahagianya dapat yang murah!



Mendapatkan kebahagiaan itu, tak harus karena dikasih orang uang, barang, naik gaji atau jabatan, atau mendengar berita special dan surprise. Tapi,berhasil mendapatkan tiket pesawat murahpun, rasanya itu adalah suatu kebahagian bagi saya, untuk ukuran anak kos, yang sangat mengharapkan sesuatu yang murah meriah, hahahahha.....

Ya, hasil mantau website on line setiap hari, tuk melihat harga yang bercokol di listnya, apakah sudah turun, atau masih segitu aja, atau malah melonjak tinggi?? Ehm, sepertinya Sabar, telaten, gak bosenan dan jangan lupa buat buka internet setiap hari, ..itulah resepnya. Jika hal ini dilakukan, Insya Alloh, pada hari dan waktu yang tepat, kita akan bertemu dengan gelontoran harga tiket 'burung terbang' murah membahana, diluar perkiraan,. yuhu....

Alhamdullilah, ditengah melonjaknya harga BBM dan bahan pokok rumah tangga, teryata maskapai yang websitenya bernuansa warna merah ini, masih berbaik hati memberikan harga kejutan yang murah untuk pelangganaya, jelang dua minggu menyambut lebaran. Yup, hasil browsingan setiap hari,tak kenal lelah, capek dan putus asa, akhirnya hari ini saya beruntung mendapatkan harga tiket yang tak terlalu mahal, bagi saya, dibanding dengan maskapai sebelah yang masih mematok harga menohok.

Kemarin, saya masih pantau ini website, harga tiket keberangkatan dari Jakarta menuju Melbourne, tanah kelahiran saya, eh...entar dulu...waduh..saya insomnia..bukan Melbourne ding, Palembang, maksudnya hehehe..harganya masih bertengger 700-800 ribuan, untuk keberangkatan tanggal 8 Agustus 2013. Ups..mehongnya...

Sementara harga tiket kepulangan, dari kota 'wong kito galo' ke Ibukota Indonesia tercinta, untuk tanggal 19 Agustus 2013 nanti, bercokol dengan sombong di angka 900.00 ribuah, beuh...!!! Gimana saya gak pusing, Ditungguin sampai dua minggu Ramadhan, harganya masih segitu -gitu juga. Tiap hari saya harus bolak balik memantau pergerakan angkanya, dan berharap perubahan menjadi angka kepala 5 atau 4. Meski, kadang mustahil tuk menuju angka 4., perkiraan saya sih gitu, ya mustahil, hil..hil..hil...

Tapi,.... 
Posisi hrg tiket yang capai angka kepala 5
Ternyataaa...taraaaaa.....

Hari ini, sekitar jam 2 siang tadi, iseng saya membuka lagi maskapai yang sering wara wiri saya cek, ... dan...ah...harganya sudah menukik turun. Yaay!. Senang sekali saya melihatnya. Bahagia! Hahahaha...

Pergantian angka dengan digit menurun terjadi hari ini, hari ke 16 bulan Ramadhan. Ya, harga tiket keberangkatan dari Jkt ke Plg,untuk tgl 8 Agustus 2013, sesuai dengan hari mulai saya cuti, mencapai angka kepala 5 alias 500 ribuan, dari angka kisaran 6 hingga 8 ratus ribu, dihari hari sebelumnya... 


Yauw, dapet tiket yang harganya 400-an, di Lion Air
Ups.... yang bikin kaget lagi, harga tiket untuk kepulangan dari Plg ke Jkt, untuk 29 Agustus ntar, sesuai dengan berakhirnya jatah cuti saya, ada yang 400 ribu, tepatnya Rp. 401.000. Padahal sehari sebelumnya masih bertengger diangka 900 ribu, yang menurut pantauan saya angka itu tlah bercokol dengan mantapnya selama lebih dari dua minggu nonstop,  tak tergoyahkan, meski ditiup angin, hihihih...

So, Melihat kenyataan ini, saya hanya bisa bilang....Oh My God...#lebay..hahahaa

Bagai kesambar petir saya. Gak pake tedeng aling-aling, gak pake ditunda, saya langsung telpon maskapai yang punya ragam rute ini, dan langsung booking itu tiket. Selesai berbincang dengan customer servicenya dan mendapat kode bookingnya....beeuuh bukan main senangnya hati ini.... berbunga- bunga seperti orang yang sedang jatuh cinta...prikitiew...hahahahhaha.....

Penantian dapet tiket murah, tercapai hari ini, Insya Alloh.

Nah, "cerita duka" datang dari teman satu kantor saya, yang kebetulan juga lebaran nanti mudik ke kota empek-empek, sama seperti saya, justru dapetin harga yang mahal, hehehe..... #turutberduka-cita, hihihi.... 

Ia memesan tiket ketika mulai awal bulan puasa. So, saat itu harga tiket lagi mahal-mahalnya. Tiket keberangkatan ia dapatkan kisaran 800 ribuan lebih, begitu juga dengan tiket kepulangannya. klop, dah! "Habis, aku takut gak kebagian tiket, makanya pesennya buru-buru", begitu alasannya ketika temn-teman kantor yang lain meledeknya karena gak sabaran buat memesan tiket, hehehe.. "Waduh, makanya nanya dong sama yang berpengalaman", begitu celetuk dari teman lainnya, ketika mendengar obrolan kami...
Ya, berburu tiket murah jelang lebaran adalah rutinitas saya dibulan ramadhan. Bukan hanya Ramadhan kali ini saja, tapi dari 6 kali Ramadhan sebelumnya. Maklum, saya anak rantau, yang gigih berjuang mencari sesuap nasi dan segenggam berlian , emas, dan minyak di Jakarta ini, sejak 7 tahun lalu, hahaha....

Dalam penjelajahan saya di dunia maya demi mencari tiket murah, tak jarang, izin cuti pulkam sudah lama ditangan, tapi tiket pesawat..?? Ehm... masih belum pasti. hihihi. Kadang, menjelang akhir bulan Ramadhan, biasanya baru saya dapatkan. Bikin deg-degan? Ya, pastinya sih. Tapi, dari pengalaman saya yang sudah berkali-kali mencari tiket dengan berselancar di website maskapai tertentu secara online, memang justru ketika jelang lebaran, harga tiket melonjak jatuh, lo. Tapi, kalau awal- awal Ramadhan, ehm..jangan ditanya dah.... pasti semua maskapai jual mahal semua, dengan pasang harga selangit, yang tak mungkin saya gapai, hihihih.....

Nah, sedikit tips untuk anda yang ingin mencari tiket pulkam, jangan terlalu buru- buru memesan di awal bulan Ramadhan, karena dijamin harganya masih selangit. Bersabarlah menunggu, hingga dua minggu jelang hari H, biasanya tiket akan turun. Tapi, jelang satu minggu atau 5 hari menuju lebaran, harga akan naik lagi. Nah, kalau 1 atau  2 hari jelang lebaran akan nurun lagi. Ini sih berdasar pengamatan dan pengalaman saya yang hampir 6 kali lebih mudik lebaran dari Jakarta ke Palembang, yang biasanya menggunakan maskapai...ehm..saya sebutin aja yah...Lion Air, hehehe...

Tapi, lain halnya, kalau jadwal keberangkatan maskapai tujuan ketempat daerah Anda, terbatas. Misal hanya tersedia dua atau tiga kali slot penerbangan saja, nah kalau begitu mah, ya gak bisa santai juga, karena pasti akan 'berebutan' sama yang lain.

Nah, kalau kampung saya, Palembang, kebetulan, maskapai Lion Air yang sering saya pilih sebagai armada tuk menuju ke tanah kelahiran, Syukurlah.. banyak sekali pilihan jadwal terbangnya. Ada 11 jadwal, lo. Dari pukul 05.50 hingga terakhir jam 21.00. Jadi, saya gak terlalu deg-degan atau takut kehabisan tiket. Karena slotnya banyak sekali.

Nah, berbeda dengan Sriwijaya Air, misalnya, yang jadwal terbang tujuan ke Palembang, hanya ada 3 jadwal saja. Duh, pasti rempong dan gak leluasa milih jamnya. Lagian, harga maskapai ini, kalau menurut saya lebih mahal dibanding Lion Air. Dulu, ketika masih ada Batavia Air, malah cuma menyediakan satu kali jadwal penerbangan dari Jkt ke Plg, dududu... Sementara, untuk maskapai murah lainnya, seperti Air Asia dan Citylink, belum ada yang bersedia menyediakan jadwal keberangkatan dari kota yang dilintasi sungai ciliwung ke kota yang dialiri sungai Musi ..hikss...kenapa sih....???

Sebagai perbandingan.....
Harga tiket di Sriwijaya Air
 
Hari ini saya pantau, jadwal Jkt -Plg di Sriwijaya Air, sampai jam 17.30 WIB, untuk tanggal keberangkatan dan kepulangan saya yang sudah dijelaskan diatas tadi, masih bercokol diharga 670-800 ribuan. Padahal, Lion Air, sudah banting harga ke 500 an saja. Sementara, untuk kepulangan Plg Jkt, Sriwijaya Air masih ada di 800 ribuan. Duh, jelas saja, kalau saya lebih memilih bebas dan luas berlama-lama ngetem di website Lion Air, lah yauw,.... heheheh.....

Ah, senangnya hari ini, yang saya takutkan tak terjadi. Bayangan saya, tahun ini mungkin jatah saya untuk ongkos Pesawat akan mencapai 1, 5 juta, dengan perincian, 750-an untuk satu kali keberangkatan dan kepulangan, apalagi mengingat BBM yang sudah naik pula. Eh, ternyata, masih diberi kemurahan oleh Tuhan tuk bisa merebut tiket murah hari ini. PP hanya 900 ribuan saja. Oh, tengkyu God..

Mungkin, Tuhan juga mengerti kondisi keuangan saya yang sudah banyak "bangkrutnya' karena urusan beli oleh-oleh lebaran yang menyita dollar saya, hahaha, Jadi, Tuhan beri kemudahan menghibur saya dengan sesuatu yang bikin saya happy. Tiket Murah yes..!!!

Yoiihhh.....mudah-mudahan saya bisa berlebaran dengan lancar deh nanti.

Aw., senangnya,...Berburu tiket jelang lebaran setiap tahunnya, selalu bikin adrenalin berpacu, tapi seru..!!!




No comments :

Post a Comment

Hai teman-teman...

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap dihati. Okeh..?